Walkthrough Pokemon Black2 and White2 bahasa Indonesia (Part 3)


Chapter 9 - Team Plasma's Ultimate Plan

9.1 Route 22
Susuri jembatan kayu di utara Kota Humilau hingga kamu mencapai Rute 22 di sebelah barat. Naiki tangga dan mari mulai penjelajahanmu di tempat yang (agak) rumit ini. Pergi ke utara dan turuni sekelompok anak tangga. Ikuti terus jalan ke kiri hingga kamu melihat Terrakion. Namun, sebelum kamu bisa mendekatinya, terdengar suara seseorang. Itu adalah Colress! Ia akan memberikanmu Colress Machine, alat untuk 'membangkitkan' Pokemon. Jika kamu ingat dengan apa yang ia lakukan pada sekelompok Crustle di Rute 4, tentu kamu tahu apa yang bisa diperbuat alat itu. Ia juga memberimu petunjuk tentang sesuatu di Rute 21. Jika kamu tertarik, kamu bisa pergi ke sana sekarang, atau jika tidak, kita bisa lanjut menjelajahi area ini.



Dari tempat Terrakion berada, lurus terus ke selatan dan kamu akan menemukan Poison Barb. Sekarang ikuti jalan ke kanan, ke sebuah titian kayu. Seberangi titian kayu itu untuk mencapai bukit kecil di sebelah kanan bawah. Dorong batu untuk membuat jalan pintas menuju awal Rute 22. Kembali ke titian kayu dan menyeberanglah ke bukit di kiri atas. Jatuhkan dirimu dari titian kayu untuk mendapatkan Rare Candy di bawahnya, dan lompati undakan di selatan. Belok kiri dan kamu akan kembali ke tempat tadinya Poison Barb berada.

Kali ini, ikuti jalan ke kiri, menuruni dua anak tangga. Di pojok kiri bawah, kamu akan menemukan anak tangga lain. Naiki anak tangga itu dan seberangilah titian kayu dengan perlahan. Kamu akan menemukan percabangan yang mengarah ke kiri atau ke utara. Ambil jalan yang kiri. Ingat! Berjalanlah dan jangan berlari, atau kamu bisa terjatuh jika tidak hati-hati! Sesudah sampai di ujung titian kayu tersebut, lanjut ke kiri menyeberangi sebuah titian lagi. Di ujung jalan tersebut, ada sebuah Hidden Grotto. Kembali ke titian kayu panjang yang sebelumnya dan lompat ke bawah. Pintu gua di sebelah kiri akan mengantarmu menuju Giant Chasm. Tapi sebelum bisa menjelajahi tempat itu lebih lanjut, kita harus mengecek ada apa di Rute 21.

9.2 Route 21 - Seaside Cave
Di selatan Kota Humilau, terdapat sebuah rute laut yang dipenuhi batu karang. Itulah Rute 21, tujuan kita selanjutnya. Bebatuan karang tersebut akan membentuk semacam jalan labirin. Surf perlahan-lahan sambil terus menuju ke selatan, hingga kamu mencapai daratan lagi. Masuki pintu gua di mana ada seorang Dokter berdiri di sampingnya. Selamat datang di Seaside Cave!
Berjalanlah menempel di dinding kiri dan lompati tiga undakan di arah selatan. Terus ke selatan dan kamu akan menemukan seorang Trainer dengan empat Roggenrola. Dialah yang memblokir akses masuk menuju Seaside Cave dari Undella Bay. Ia akan pergi setelah kalian mengalahkannya, jadi kalian bisa mengambil jalan pintas untuk kembali ke Undella. Tapi, penelusuran gua ini belum berakhir! Mundur sedikit dan kamu akan menemukan jembatan. Seberangi jembatan itu menuju pintu masuk gua, lompati undakan pertama dan berikutnya belok ke kanan. Kamu akan menemukan tangga turun yang membawamu ke tepi kolam bawah tanah.

Surf di kolam itu dan ikuti jalannya ke arah utara. Kamu akan menemukan dua tangga; ambil tangga yang mengarah ke basement. Di lantai bawah sini, kamu akan menemukan bukit-bukit kecil dengan batu besar yang bisa kamu dorong ke lubang-lubang di dekat mereka. Mulailah dengan bukit kecil di sebelah selatan dan dorong batu di atasnya ke tempat yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke kanan.

Bukit kedua terletak tepat di sebelah yang pertama. Dorong batu pertama di bukit itu ke arah kiri. Dorong batu kedua di sebelah utaranya ke arah utara. Dorong batu ketiga di sebelah utaranya juga, ke utara sekali dan ke kanan dua kali. Dorong batu keempat ke selatan dua kali. Dorong batu kelima di sebelahnya sebanyak satu kali ke kanan dan dua kali ke utara. Ambil Rare Candy. Kemudian, dorong batu terakhir dua kali ke utara dan sekali ke kanan.

Ikuti jalannya hingga kamu menemukan sebuah tangga naik. Tangga itu akan membawamu kembali ke lantai atas. Naiki tangga tepat di seberangnya dan dapatkan TM06, Toxic. Lompati undakan di bawah dan naiki tangga di sebelah kanan. Gunakan Colress Machine dan Crustle yang menghalangi jalan akan terbangun. Begitu kamu mengalahkannya, ia akan pergi dan Colress Machine rusak, tidak bisa dipakai lagi. Tapi tidak apa-apa, kamu tidak akan membutuhkannya lagi, kok. Saatnya melangkah ke luar gua!

9.3 Plasma Frigate: Route 21
Kamu akan sampai di sisi lain Rute 21. Di tepi pantai, telah tertambat kapal layar Tim Plasma alias Plasma Frigate, seperti yang sebelumnya kamu lihat di Driftveil. Hugh datang, dan ketika kalian sedang berpikir bagaimana caranya masuk, Marlon tiba-tiba saja muncul dan menurunkan tangga untuk naik ke dalam kapal. Ia pun pergi setelah memberikan sedikit ceramah. Tidak mau membuang waktu, Hugh pun segera masuk ke atas kapal. Ikuti dia!

Di kapal, dua anggota Tim Plasma telah bersiap menghadang kalian. Mereka segera pergi begitu dikalahkan. Sekarang kamu bisa menjelajahi kapal ini. Pertama-tama, pergilah ke selatan. Kamu akan melihat segerombolan anggota Tim Plasma, tapi abaikan saja mereka. Susuri bagian kanan kapal hingga ke ujung selatan dan kamu akan mendapatkan TM67, Retaliate. Kembali ke utara dan ikuti Hugh masuk ke bagian dalam kapal.

Bersiaplah untuk pertarungan ganda bersama Hugh melawan anggota Tim Plasma! Seperti biasa, mereka kabur lagi begitu kalian berhasil mengalahkannya. Tapi di depan ada serangkaian pagar listrik yang menghalangi kalian memasuki ruangan di hadapan kalian. Hmm... Bagaimana kira-kira cara membukanya, ya? Ingat tangga dan pintu masuk yang sebelumnya dijaga segerombolan anggota Tim Plasma? Ayo kita cek tempat itu! Mulai dari sini, tata letak isi kapal akan berbeda tergantung dengan versi mana yang kamu mainkan.

9.3.1 Plasma Frigate: Route 21 (Black 2)

Pintu di selatan masih dijaga, namun kini kamu bebas menuruni tangga di hadapannya. Di bawah, kalian akan bertemu dengan mantan anggota Tim Plasma yang menyamar. Hugh kembali bertanya soal Purrloin adiknya, namun karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, ia segera pergi. Sekarang, saatnya mencari cara untuk mematikan pagar listrik tersebut!

Ada enam ruangan di bawah sini, dan di dalam ruangan-ruangan tersebut terdapat panel teleportasi berwarna hijau, yang dapat membawamu ke ruangan yang berbeda. Beberapa di antaranya akan membawamu ke salah satu dari empat ruangan kecil berisi tombol yang bisa kamu tekan untuk mematikan pagar listrik. 

Pertama-tama, masuki ruangan di pojok kiri bawah. Berdiri di panel di pojok kiri atas ruangan dan kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan tombol. Satu pagar listrik sudah dimatikan, tinggal 3 lagi! Kembali ke ruangan utama dan masuki pintu kiri-tengah. Bicara pada seorang wanita di sini untuk mendapatkan entri Pokedex Reshiram dan Zekrom. Keluar dan masuki pintu tepat di sebelah utaranya. Masuki panel teleportasi di kiri-atas untuk mematikan pagar listrik kedua.

Kembali di ruangan utama, masuki pintu kanan-atas. Di pojok ruangan terdapat sebuah Magmarizer. Keluar dan masuki pintu di selatannya. Masuki panel di kiri-atas ruangan untuk mematikan pagar listrik ketiga. Kembali ke ruangan utama, masuki pintu terakhir. Masuki panel di sudut kanan bawah dan akhirnya semua pagar listrik telah dimatikan! Saatnya keluar dari sini dan kembali ke ruangan berpagar listrik tersebut.

9.3.2 Plasma Frigate: Route 21 (White 2)

Pintu di selatan masih dijaga, namun kini kamu bebas menuruni tangga di hadapannya. Di bawah, kalian akan bertemu dengan mantan anggota Tim Plasma yang menyamar. Hugh kembali bertanya soal Purrloin adiknya, namun karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, ia segera pergi. Sekarang, temukan passwordnya! Menurut si mantan anggota, kamu bisa mendapatkannya dari para anggota Tim Plasma. Jadi sebaiknya kita mulai mencari satu persatu.

Ada enam ruangan di bawah sini, dan di dalam ruangan-ruangan tersebut terdapat anggota Tim Plasma yang siap melawanmu. Terkadang ada beberapa anggota yang memberikan petunjuk passwordnya padamu! Catat baik-baik apa yang mereka katakan, karena tidak semua pemain mendapatkan password yang sama. Password yang muncul di White 2 selalu berupa kombinasi empat angka.

Di ruangan kiri tengah, kamu akan menemukan Electirizer. Di ruangan itu pula, ada anggota yang akan memberikanmu Plasma Card, alat yang dibutuhkan untuk memasukkan password. Jangan lupa untuk bicara pada anggota di kiri atas ruangan untuk mendapatkan entri Pokedex Reshiram dan Zekrom. Di ruangan kanan tengah, kamu bisa mengecek tempat tidur yang ada dan mengistirahatkan Pokemonmu. Sisa petunjuk tentang password bisa kamu dapatkan dari dua anggota di ruangan terakhir. Sekarang kembali ke ruangan berpagar listrik dan masukkan password sesuai dengan petunjuk yang kamu dapatkan.

***END OF VERSION DIFFERENCE GUIDE***

Berdiri di atas panel teleportasi dan kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan Zinzolin di tengahnya. Dengan bangga ia menunjukkan padamu bagaimana mereka telah menangkap Pokemon Naga Legendaris Kyurem, dan menjadikannya senjata untuk membekukan Unova. Hugh datang di saat yang tepat dan segera membantumu menghadapi Zinzolin dan anteknya. Namun, begitu mereka berhasil dikalahkan, Zinzolin menyuruh Shadow Triad membawa kalian keluar. Setelah itu, akan terlihat adegan bagaimana Plasma Frigate terbang dan menghilang. Kira-kira ke mana mereka pergi?

Pertanyaanmu akan terjawab ketika Cheren muncul dan mengatakan mereka pergi ke Giant Chasm. Tanpa membuang waktu, Hugh segera pergi ke sana. Kamu pun sebaiknya bergegas! Kembali ke Rute 22 dan masuki Giant Chasm.

9.4 Giant Chasm
Kamu akan bertemu lagi dengan Hugh dan beberapa anggota Tim Plasma, namun Tim Plasma langsung pergi begitu kalian sampai di sana. Mulailah berjalan ke selatan dan dorong batu yang kalian temui di tengah perjalanan. Surf ke kolam di utara batu tersebut dan temukan TM13, Ice Beam, di seberang utaranya. Lanjutkan perjalanan memutari gua ini searah jarum jam. Lewati dulu tangga-tangga menuju ke bawah.

Di bagian selatan, kamu akan menemukan pintu yang menghubungkan Giant Chasm dengan Rute 13. Keluar lewat pintu itu dan temukan papan kayu di sebelah utaranya. Cari Moon Stone tersembunyi di atas papan kayu tersebut. Sekarang pergi ke selatan hingga kamu mencapai Rute 13. Tepat sebelum tangga turun, ada sebuah Hidden Grotto. Kamu juga bisa mendorong batu di sebelah kiri tangga untuk memudahkanmu mencapai tempat ini nantinya.

Kembali ke dalam gua dan turuni tangga yang ada di hadapanmu. Di bagian tengah Giant Chasm ini, sudah ada Hugh dan beberapa anggota maupun mantan anggota Tim Plasma. Rood mencoba menyadarkan pada anggota Tim Plasma bahwa rencana Ghetsis tidak semulia yang mereka kira. Namun para anggota Tim Plasma tetap menolak untuk percaya dan kemudian menantangmu serta Hugh dalam pertarungan. Namun, lebih banyak lagi Tim Plasma yang muncul sehingga Rood dan kawan-kawannya harus menahan mereka. Ia juga memberikan petunjuk bahwa Purrloin yang dicari Hugh kemungkinan berada di tangan Shadow Triad. Ikuti ke mana Hugh pergi: Plasma Frigate, di tengah areal kawah ini!

Sebelum itu, tentu kamu ingin menjelajahi tempat ini sedikit, bukan? Ambil item yang terlihat di pojok kiri untuk mendapatkan Razor Claw. Sedikit ke utara dari sana, di balik pepohonan, ada sebuah Moon Stone. Berbalik sedikit ke selatan dan belok kanan di antara pohon-pohon yang membeku. Kamu akan sampai di area yang tanahnya tertutup es yang licin. Berdiri di ujung kiri tangga, lalu meluncur ke utara, ke kanan dua kali, ke utara selangkah, ke kiri, barulah ke meluncur ke selatan. Naiklah lagi ke Plasma Frigate.

9.5 Plasma Frigate: Giant Chasm
Terlihat Hugh sedang menahan para anggota Tim Plasma. Jadi, kamulah yang harus menjelajahi kapal dan mencari cara untuk menghentikan rencana jahat mereka. Masuki pintu di selatan yang sebelumnya dijaga oleh seorang anggota Tim Plasma. Berhati-hatilah, karena begitu masuk, kamu akan langsung dilawan oleh dua anggota Tim Plasma. Masuki panel teleportasi dan kamu akan dibawa ke area basemen 2.

Perlu dicatat, area ini juga memiliki sedikit perbedaan antara versi Black 2 dan White 2. Di Black 2, untuk bisa membuka pagar listrik di sebelah utara ruangan ini, kamu harus mengumpulkan password dan Plasma Card dari para anggota. Sementara di White 2, kamu harus menekan tombol untuk mematikan aliran listrik tersebut, di mana tombol-tombol tersebut berada di empat ruangan kecil terpisah yang hanya bisa dimasuki dengan menginjak panel teleportasi berwarna kuning di lantai. Tepat kebalikan dengan apa yang kamu lakukan sebelumnya di Rute 21! Tetapi selebihnya, tata letak area ini tetap sama, di mana kamu harus berjalan di atas pipa-pipa yang bisa ditarik keluar atau masuk dengan berdiri di atas tombol merah.

9.5.1 Plasma Frigate: Giant Chasm (Black 2)
Dari panel teleportasi awal, pergi ke kanan-bawah dan lurus ke atas pipa. Tekan tombol merah yang ada di dekat sana dan pipa-pipa di utara dan selatan akan ditarik masuk, sementar pipa-pipa di kanan dan kirimu akan memanjang keluar membentuk jalan baru. Pergi ke kiri dan lurus ke selatan hingga kamu sampai di platform selatan. Ada seorang Dokter di sebelah kirimu yang bisa kamu lawan agar dia menyembuhkan Pokemonmu nantinya. Sekarang turun ke lantai bawah via tangga sebelah kiri di utaramu.

Pergi ke utara lalu belok kanan untuk menemukan Power Band. Kembali ke tempat si Dokter dan pergi ke ujung kanan platform. Turuni tangga terdekat dan terus lurus ke utara. Kalahkan anggota Tim Plasma di sini dan ia akan memberikanmu Plasma Card. Sekarang, kamu sudah bisa mencoba membuka gerbang listrik. Berjalanlah di atas pipa-pipa untuk kembali ke platform utara dan gunakan Plasma Card. Di Black 2, password hanya ada tiga macam, yaitu "Zekrom", "Reshiram", atau "Kyurem". Masukkan salah satunya dan voila, pagar listrik pun mati!

9.5.2 Plasma Frigate: Giant Chasm (White 2)
Dari panel teleportasi awal, pergi ke kanan-bawah dan lurus ke atas pipa. Tekan tombol merah yang ada di dekat sana dan pipa-pipa di utara dan selatan akan ditarik masuk, sementar pipa-pipa di kanan dan kirimu akan memanjang keluar membentuk jalan baru. Pergi ke kiri dan lurus ke selatan hingga kamu sampai di pplatform selatan. Ada seorang Dokter di sebelah kirimu yang bisa kamu lawan agar dia menyembuhkan Pokemonmu nantinya. Sekarang turun ke lantai bawah via tangga sebelah kiri di utaramu.

Lewati panel pertama dan masuki panel di sebelah utara. Tekan tombol merah dan kamu sudah mematikan pagar listrik pertama! Teleport balik dan masuki panel ketiga. Dari sini, pergi ke utara untuk menemukan Power Belt. Masuki panel di utara item tersebut dan tekan tombol untuk mematikan pagar kedua. Teleport balik lagi dan berjalan kembali hingga kamu sampai di platform selatan tempat si Dokter berada. Kali ini, turuni tangga di sebelah kanan.

Masuki panel pertama yang kamu temui dan juga panel di sebelah kanannya, lalu matikan pagar listrik ketiga. Kembali ke panel awal, dan masuki panel di sebelah utaranya untuk mematikan pagar listrik terakhir. Kembalilah ke tempat si Dokter berada dan naik ke pipa tepat di sebelah utaranya. Tekan tombol merah, kemudian ikuti jalannya hingga kamu sampai di tombol merah pertama yang kamu temui di ruangan ini. Tombol itu kini bisa ditekan lagi, jadi lakukanlah dan kamu akan sampai di platform utara. Sekarang, kamu bisa memasuki area yang sebelumnya terhalang pagar listrik.

***END OF VERSION DIFFERENCES***

Rupanya, di balik pagar listrik itu ada sosok Kyurem. Zinzolin menghadangmu dan menantangmu bertarung. Setelah itu, masuki panel teleportasi di sebelah kanan. Persiapkan dirimu karena kamu akan menghadapi Trainer terkuat di kapal ini: Colress! Begitu kamu berhasil mengalahkannya, ia akan menyuruhmu memasuki panel teleportasi di sebelah kiri ruangan tempat Kyurem berada. Lakukan sesuai petunjuknya.

Kamu akan tiba di ruangan Ghetsis. Ia mulai membicarakan tentang rencananya untuk menguasai Unova. Setelah itu, Shadow Triad muncul dan mengatakan bahwa Kyurem sudah dipindahkan. Ghetsis pergi, lalu Hugh muncul dan menanyakan soal Purrloin adiknya. Shadow Triad menunjukkan bahwa Purrloin itu kini sudah berubah menjadi Liepard dan tidak lagi mengenali Hugh. Kemudian, ia akan menantangmu bertarung. Dua Shadow Triad lainnya pun muncul, berusaha menghalangimu. Namun, mereka akan segera menghilang begitu kamu mengalahkannya. Turuni tangga dan kamu akan kembali ke area luar Giant Chasm.

9.5 Giant Chasm - Kyurem's Chamber
Turuni tangga dan meluncurlah ke kanan, lalu ke utara, ke kanan lagi, lalu ke utara lagi hingga kamu berada di samping pilar es. Kemudian meluncur ke kanan, selatan, kiri, selatan, kanan, barulah ke utara. Turuni tangga dan ikuti jalannya hingga kamu sampai lagi ke area yang tidak membeku. Susuri jalan ke utara dan kamu akan menemukan tangga. Masuki pintu di puncak tangga itu dan kamu akan sampai di gua tempat Kyurem dulunya tinggal. Tempat ini kosong, namun sekarang ada sebuah pintu lain di bagian belakang, jadi masuklah ke dalamnya.

Rupanya Ghetsis sudah menunggumu! Ia pun memanggil Kyurem dan memerintahkannya untuk membekukanmu. Namun, tepat sebelum tombak-tombak es tersebut menusukmu, muncullah seseorang yang memerintahkan Zekrom (Black 2) / Reshiram (White 2) untuk menggunakan Fusion Bolt (Black 2) / Fusion Flare (White 2) dan menghancurkan es-es tersebut. Siapakah itu? Rupanya ia adalah Natural Harmonia Gropius alias N! Ia datang dengan Pokemon yang dulu dibawanya pergi, yaitu Zekrom (Black 2) / Reshiram (White 2).

Setelah Ghetsis dan N berbincang-bincang sejenak, Ghetsis pun mengeluarkan DNA Splicer yang dicurinya dari Drayden. Begitu alat itu diaktifkan, Kyurem mulai menyerang Zekrom (Black 2) / Reshiram (White 2), kemudian mengikat mereka dengan sinar ungu yang keluar dari 'sayap'-nya. Naga itu pun berubah menjadi wujud batu mereka. Ghetsis lalu memerintahkan Kyurem untuk 'menyerap'-nya. Apa yang terjadi? Terbentuklah wujud baru Kyurem yang kita kenal dengan nama Black Kyurem (Black 2) atau White Kyurem (White 2). Akan tetapi, di game, wujud baru ini tetap disebut dengan nama Kyurem, dan tetap memiliki tipe Dragon dan Ice.

Ghetsis pun menantangmu untuk mengalahkan Pokemon itu. Perlu diingat, kali ini kamu belum bisa menangkap Kyurem. Begitu kamu mengalahkannya, Kyurem dan Zekrom (Black 2) / Reshiram (White 2) akan terpisah lagi dan naga es itu pun pergi. Ghetsis yang marah pun menantangmu untuk bertarung! Bersiaplah!

Begitu sang pendiri Tim Plasma berhasil kamu kalahkan, Shadow Triad akan membawanya pergi. N pun berterima kasih padamu karena telah menggagalkan rencana jahat Tim Plasma lalu pergi. Hugh pun datang dan mengatakan bahwa ia sudah berhasil mendapatkan kembali Pokemon adiknya. Sekarang, apa lagi yang bisa kita lakukan? Karena 8 lencana sudah ada di tangan, maka tentu saja saatnya kita menantang Liga Pokemon! Sebelum itu, ayo jelajahi sisa area Giant Chasm.

Di luar, Plasma Frigate telah lenyap, merusakkan pohon-pohon di sekitar tempatnya tadi berada, dan mungkin juga sedikit menyulitkan penelusuranmu di sini. Turuni tangga, belok kanan, dan ke selatan. Belok kiri begitu memungkinkan dan ikuti jalan ke arah kiri-bawah. Kamu akan sampai di area tanah yang tidak ditutupi rumput dengan dua lubang besar di tengah. Ada Rood dan mantan anggota Tim Plasma di dekat sana. Pergi ke rumput gelap di belakang mereka dan dapatkan TM03, Psyshock.

Sekarang pergi ke utara mereka dan belok kiri ke arah rerumputan tinggi. Ikuti jalan ke kiri di antara pepohonan dan lompati undakan di utara. Berjalan terus ke utara, lalu belok kanan. Di antara pepohonan yang sudah mati, kamu akan menemukan Sun Stone. Mundur sedikit ke kiri, lalu temukan undakan di sebelah utara yang mengarah ke kanan. Lompati dan ikuti jalannya hingga kamu kembali ke tempat Rood berada. Masuk kembali ke gua sebelah luar Giant Chasm dan telusuri searah jarum jam. Kamu akan menemukan pintu yang mengarah ke Rute 23. Perjalananmu menuju Liga Pokemon dimulai di sini!

Chapter 10 - Aim to be the Pokemon Master!

10.1 Route 23
Begitu kamu sampai, kamu akan menemukan rumah peristirahatan tepat di utara pintu masuk. Saatnya menjelajah! Susuri jalan di pinggir sungai menuju utara, hingga kamu menemukan sebuah tangga. Surf ke seberang sungai dan masuki rumah di sana. Kakek di rumah itu akan memberikanmu TM35, Flamethrower. Sekarang Surf lagi ke seberang dan naiki tangga, lalu ikuti jembatan yang mengarah ke selatan. Seberangi jembatan kedua dan ambil TM05, Roar. Kembali ke tanah di antara jembatan pertama dan kedua, dan ikuti jalannya ke selatan. Seberangi jembatan ketiga sambil terus berjalan ke selatan. Kamu akan menemukan sebuah Hidden Grotto di sini.
Kembali ke tangga naik yang pertama kamu temui, lalu belok kiri. Potong pohon kecil yang menghalangi jalan. Pergi terus ke kiri dan dorong batu di sebelah selatanmu. Kemudian, berjalanlah ke utara sedikit, lalu belok kiri di balik sebaris pepohonan. Potong pohon yang menghalangi jalan. Dorong batu di sebelah selatanmu sejauh yang kamu bisa, lalu kembali ke tempat batu pertama yang kamu dorong masuk ke dalam lubang. Di dekat sana ada sebuah pohon kecil, bukan? Potong pohon itu dan belok ke kiri. Ikuti terus jalannya hingga ke tempat seorang Black Belt. Lurus ke kiri dan ke selatan, lalu potong pohon kecil yang kamu temui.
Pergi ke selatan dan lompati undakan di sebelah kananmu. Surf ke seberang kolam, abaikan tangga naik dan dorong batu di sebelah selatannya. Naik ke tangga tadi, dan dorong batu di sebelah kirimu selangkah ke kiri. Lalu, naiki tangga satu lagi di kiri dan dorong batu tadi ke utara. Kembali ke kolam dan seberangi, kemudian berjalanlah ke arah kanan, ke tempat batu tadi. Dorong batu itu hingga masuk ke lubangnya. Kemudian, pergi ke sebelah kanan, memasuki rerumputan tinggi, dan ikuti jalannya terus ke kanan-atas hingga kamu menemukan sebuah undakan, lalu lompati undakan itu.

Kamu akan sampai ke jalan awal labirin. Terus ke kiri hingga kamu menemukan seorang Hiker. Di selatan Hiker itu, ada satu batu yang bisa kamu dorong, jadi doronglah ia dua langkah ke selatan. Kembali ke tepi kolam sebelumnya. Dorong batu yang tadi ke lubang di kanan. Sekarang, dorong batu di selatan lubang tersebut sekali ke kanan, lalu lurus ke lubang di sebelah selatannya. Terakhir, dorong batu di samping lubang tersebut lurus ke lubang di kanan. Naiki tangga, lurus ke kanan lalu seberangi dua jembatan berikutnya. Di ujung jalan, kamu akan menemukan TM12, Taunt. Sekarang kembali ke awal labirin dan naiki tangga di sebelah kanannya untuk mencapai gerbang pengecekan lencana.

10.2 Victory Road
N rupanya sudah menunggumu di situ. Ia akan menceramahimu dan memberikanmu HM05, Waterfall. Yay! Setelah itu, belok kiri dan kedelapan lencanamu akan dikonfirmasi sehingga gerbang di ujung jalan akan terbuka. Lurus lalu belok kanan. Gedung bertanda Pokeball itu adalah sebuah Pokemon Center yang dimodifikasi bentuknya. Di sebelah kanan PC, temukan jalan di antara tebing dan pepohonan, ikuti hingga kamu mendapatkan TM01, Hone Claws.

Sekarang, saatnya memasuki tangga di sebelah kiri PC, untuk mengakses area Victory Road yang sesungguhnya. Area ini juga memiliki perbedaan antara versi Black 2 dan White 2, yaitu jalan masuknya. Di Black 2, pintu masuknya terletak di sebelah timur, sementara di White 2, pintu masuknya ada di sebelah barat. Otomatis, urutan area yang kamu jelajahi juga akan berbeda. Selebihnya, keseluruhan area ini hampir sama persis.

10.2.1 Victory Road (Black 2)
Lurus ke utara dan dorong batu yang ada masuk ke lubangnya. Seberangi jembatan dan keluar ke utara. Berjalanlah di area dengan rumput gelap dan turun menuju tepi sungai. Surf ke seberang dan naik tangga. Lawan Dokter yang ada di dekat sana dan ia akan menyembuhkan Pokemonmu setelahnya. Masuki gua di samping si Dokter dan terus ke kiri hingga kamu mencapai sebuah perempatan. Pertama-tama, ikuti jalan ke selatan. Kamu akan sampai di puncak sebuah air terjun. Turuni air terjun tersebut dan Surf ke kanan, lalu masuki pintu gua di ujung sungai.

Kamu akan sampai di sebuah sungai, yang merupakan bagian lain dari gua awal masuk Victory Road. Surf mengikuti alur sungai tersebut menuju selatan dan kamu akan sampai di sebuah daratan di ujung selatan gua tersebut. Temukan TM93, Wild Charge, di dekat situ. Kamu juga bisa kembali ke pintu masuk dengan melompati undakan di sebelah kanan. Sekarang, kembali ke perempatan jalan di dalam gua yang sebelumnya dan ambil jalan ke kiri. Kamu akan sampai di luar lagi.
Pergi ke kanan dan turuni tangga ke tepi sungai. Surf ke selatan, naiki tangga, lalu ke kiri dan kamu akan tiba di sebuah hutan kecil. Ada beberapa Trainer yang bisa kamu tantang di sini, tapi selebihnya tidak ada hal yang terlalu menarik. Di ujung selatan hutan ini terdapat jalan menuju gua awal Victory Road.

10.2.2 Victory Road (White 2)

Lurus ke utara lalu belok kiri hingga kamu menemukan sebuah batu. Seberangi jembatan berikutnya dan naiki tangga menuju bagian luar yang menyerupai hutan. Pergi ke utara untuk keluar dari hutan tersebut. Kamu akan sampai di area terluar. Lurus ke utara menuju gua. Belok kanan hingga kamu sampai di tengah perempatan. Ambil jalan ke selatan dan kamu akan sampai di puncak sebuah air terjun. Turuni air terjun tersebut dan Surf ke kanan, lalu masuki pintu gua di ujung sungai.

Kamu akan sampai di sebuah sungai, yang merupakan bagian lain dari gua awal masuk Victory Road. Surf mengikuti alur sungai tersebut menuju selatan dan kamu akan sampai di sebuah daratan di ujung selatan gua tersebut. Temukan TM93, Wild Charge, di dekat situ. Kamu juga bisa kembali ke pintu masuk dengan melompati undakan di sebelah kanan. Sekarang, kembali ke perempatan jalan di dalam gua yang sebelumnya dan ambil jalan ke kanan. Kamu akan sampai di luar lagi.

Ada dua tangga di sini; turuni tangga di selatan dan kamu akan sampai di tepi sungai. Seberangi sungai itu lalu naik lagi ke daratan di ujung. Ikuti jalannya dan kamu akan menemukan jalan masuk lain menuju gua awal Victory Road. Seberangi jembatan dan kamu akan melihat sebuah batu yang bisa didorong. Dorong batu itu ke utara dua kali, ke kanan dua kali, ke selatan sekali, ke kanan sekali lagi, lalu ke selatan, kiri, dan masuk ke lubang. Ada seorang Trainer yang menunggumu di balik batu tersebut.

***END OF VERSION DIFFERENCE***

Kembali lagi hingga ke perempatan sebelumnya, dan kali ini ambil jalan ke utara. Dorong batu di sebelah kiri masuk ke lubangnya, lalu ikuti jalan di tengah. Gunakan Flash. Belok kiri menaiki tangga, lalu ikuti tangga ke utara dan jalan hingga kamu sampai di luar. Naik tangga pertama lalu turun lewat tangga di sebelah kanannya, juga jangan lupa untuk mengambil Dragon Fang di dekat sana. Jalan terus ke kiri hingga kamu akan sampai di dalam gua lagi. Turun tangga pertama, lalu ke selatan dan turuni tangga kedua untuk mendapatkan Dragon Scale. Lompati undakan dan keluar lewat pintu di bawah. Di luar ada seekor Zoroark sedang menjaga sebuah pintu, dan dia tidak akan membiarkanmu lewat. Hm, sepertinya kita harus kembali ke sini kapan-kapan!

Kembali ke tempat dua buah tangga yang bersebelahan di dekat Dragon Fang tadi. Kali ini ikuti seluruh anak tangga menuju ke atas. Kamu hampir sampai di puncak, dan selangkah di depanmu adalah Pokemon League. Jalan yang kamu lewati adalah rute terpendek, selain itu kamu juga bisa mencapai tempat ini lewat pintu kanan atau kiri di pertigaan sebelumnya.

Naiki tangga terakhir dan masuk ke gua. Ya, tempat ini adalah lantai puncak dari Victory Road lama yang terkubur akibat runtuhnya kastil milik N. Hugh tiba-tiba datang dan menantangmu bertarung! Ia akan memberikanmu TM24, Thunderbolt, seusai pertarungan. Keluar dari gua tersebut dan kamu akan sampai di Pokemon League.

10.3 Pokemon League
Sebelum pergi menantang Elite Four, kamu bisa menyembuhkan Pokemonmu atau berbelanja di PC di sebelah kiri. Jika sudah siap, bicara pada penjaga di depan aula berbentuk bundar. Bicara padanya untuk bisa masuk. Perlu diingat, sekali kamu masuk, kamu tidak akan bisa keluar sampai kamu kalah atau mengalahkan mereka semua. Jadi persiapkan dirimu baik-baik!
Di aula ini terdapat empat lorong yang masing-masing akan membawamu ke ruangan tempat para Elite Four berada. Dari kiri ke kanan adalah ruangan Shauntal si pengguna tipe Hantu; Grimsley si pengguna tipe Dark; Caitlin si pengguna tipe Psychic; dan Marshal si pengguna tipe Petarung. Mereka semua menggunakan tim yang terdiri dari empat Pokemon dan level berkisar antara 56-58 dalam gameplay normal.
Begitu kamu mengalahkan keempatnya, kembali ke aula dan berdiri di depan patung yang ada di tengah. Sama seperti di BW, patung tersebut akan membawamu menuju tempat sang Champion berada. Kali ini, yang kamu hadapi bukan lagi Alder, melainkan... Iris! Timnya penuh berisi 6 Pokemon, yaitu Hydreigon, Druddigon, Aggron, Archeops, Lapras, dan Haxorus, dengan level berkisar antara 57-59 dalam normal gameplay. Kalahkan tantangan terakhir ini dan buktikan bahwa dirimu memang Trainer terkuat di Unova!

Selamat, kamu telah menyelesaikan B2W2 !



Comments