Chapter 9 - Team Plasma's Ultimate Plan
9.1 Route 22
Susuri jembatan kayu di utara Kota
Humilau hingga kamu mencapai Rute 22 di sebelah barat. Naiki tangga dan mari
mulai penjelajahanmu di tempat yang (agak) rumit ini. Pergi ke utara dan turuni
sekelompok anak tangga. Ikuti terus jalan ke kiri hingga kamu melihat
Terrakion. Namun, sebelum kamu bisa mendekatinya, terdengar suara seseorang.
Itu adalah Colress! Ia akan memberikanmu Colress Machine, alat untuk
'membangkitkan' Pokemon. Jika kamu ingat dengan apa yang ia lakukan pada
sekelompok Crustle di Rute 4, tentu kamu tahu apa yang bisa diperbuat alat itu.
Ia juga memberimu petunjuk tentang sesuatu di Rute 21. Jika kamu tertarik, kamu
bisa pergi ke sana sekarang, atau jika tidak, kita bisa lanjut menjelajahi area
ini.
Dari tempat Terrakion berada, lurus
terus ke selatan dan kamu akan menemukan Poison Barb. Sekarang ikuti jalan ke
kanan, ke sebuah titian kayu. Seberangi titian kayu itu untuk mencapai bukit
kecil di sebelah kanan bawah. Dorong batu untuk membuat jalan pintas menuju
awal Rute 22. Kembali ke titian kayu dan menyeberanglah ke bukit di kiri atas.
Jatuhkan dirimu dari titian kayu untuk mendapatkan Rare Candy di bawahnya, dan
lompati undakan di selatan. Belok kiri dan kamu akan kembali ke tempat tadinya
Poison Barb berada.
Kali ini, ikuti jalan ke kiri, menuruni
dua anak tangga. Di pojok kiri bawah, kamu akan menemukan anak tangga lain.
Naiki anak tangga itu dan seberangilah titian kayu dengan perlahan. Kamu akan
menemukan percabangan yang mengarah ke kiri atau ke utara. Ambil jalan yang
kiri. Ingat! Berjalanlah dan jangan berlari, atau kamu bisa terjatuh jika tidak
hati-hati! Sesudah sampai di ujung titian kayu tersebut, lanjut ke kiri
menyeberangi sebuah titian lagi. Di ujung jalan tersebut, ada sebuah Hidden
Grotto. Kembali ke titian kayu panjang yang sebelumnya dan lompat ke bawah.
Pintu gua di sebelah kiri akan mengantarmu menuju Giant Chasm. Tapi sebelum
bisa menjelajahi tempat itu lebih lanjut, kita harus mengecek ada apa di Rute
21.
9.2 Route 21 - Seaside Cave
Di selatan Kota Humilau, terdapat
sebuah rute laut yang dipenuhi batu karang. Itulah Rute 21, tujuan kita
selanjutnya. Bebatuan karang tersebut akan membentuk semacam jalan labirin.
Surf perlahan-lahan sambil terus menuju ke selatan, hingga kamu mencapai
daratan lagi. Masuki pintu gua di mana ada seorang Dokter berdiri di
sampingnya. Selamat datang di Seaside Cave!
Berjalanlah menempel di dinding kiri
dan lompati tiga undakan di arah selatan. Terus ke selatan dan kamu akan
menemukan seorang Trainer dengan empat Roggenrola. Dialah yang memblokir akses
masuk menuju Seaside Cave dari Undella Bay. Ia akan pergi setelah kalian
mengalahkannya, jadi kalian bisa mengambil jalan pintas untuk kembali ke
Undella. Tapi, penelusuran gua ini belum berakhir! Mundur sedikit dan kamu akan
menemukan jembatan. Seberangi jembatan itu menuju pintu masuk gua, lompati
undakan pertama dan berikutnya belok ke kanan. Kamu akan menemukan tangga turun
yang membawamu ke tepi kolam bawah tanah.
Surf di kolam itu dan ikuti jalannya ke
arah utara. Kamu akan menemukan dua tangga; ambil tangga yang mengarah ke
basement. Di lantai bawah sini, kamu akan menemukan bukit-bukit kecil dengan
batu besar yang bisa kamu dorong ke lubang-lubang di dekat mereka. Mulailah
dengan bukit kecil di sebelah selatan dan dorong batu di atasnya ke tempat yang
tepat. Dengan begitu, kamu bisa melanjutkan perjalananmu ke kanan.
Bukit kedua terletak tepat di sebelah
yang pertama. Dorong batu pertama di bukit itu ke arah kiri. Dorong batu kedua
di sebelah utaranya ke arah utara. Dorong batu ketiga di sebelah utaranya juga,
ke utara sekali dan ke kanan dua kali. Dorong batu keempat ke selatan dua kali.
Dorong batu kelima di sebelahnya sebanyak satu kali ke kanan dan dua kali ke
utara. Ambil Rare Candy. Kemudian, dorong batu terakhir dua kali ke utara dan
sekali ke kanan.
Ikuti jalannya hingga kamu menemukan
sebuah tangga naik. Tangga itu akan membawamu kembali ke lantai atas. Naiki
tangga tepat di seberangnya dan dapatkan TM06, Toxic. Lompati undakan di bawah
dan naiki tangga di sebelah kanan. Gunakan Colress Machine dan Crustle yang
menghalangi jalan akan terbangun. Begitu kamu mengalahkannya, ia akan pergi dan
Colress Machine rusak, tidak bisa dipakai lagi. Tapi tidak apa-apa, kamu tidak
akan membutuhkannya lagi, kok. Saatnya melangkah ke luar gua!
9.3 Plasma Frigate: Route 21
Kamu akan sampai di sisi lain Rute 21.
Di tepi pantai, telah tertambat kapal layar Tim Plasma alias Plasma Frigate,
seperti yang sebelumnya kamu lihat di Driftveil. Hugh datang, dan ketika kalian
sedang berpikir bagaimana caranya masuk, Marlon tiba-tiba saja muncul dan
menurunkan tangga untuk naik ke dalam kapal. Ia pun pergi setelah memberikan
sedikit ceramah. Tidak mau membuang waktu, Hugh pun segera masuk ke atas kapal.
Ikuti dia!
Di kapal, dua anggota Tim Plasma telah
bersiap menghadang kalian. Mereka segera pergi begitu dikalahkan. Sekarang kamu
bisa menjelajahi kapal ini. Pertama-tama, pergilah ke selatan. Kamu akan
melihat segerombolan anggota Tim Plasma, tapi abaikan saja mereka. Susuri
bagian kanan kapal hingga ke ujung selatan dan kamu akan mendapatkan TM67,
Retaliate. Kembali ke utara dan ikuti Hugh masuk ke bagian dalam kapal.
Bersiaplah untuk pertarungan ganda
bersama Hugh melawan anggota Tim Plasma! Seperti biasa, mereka kabur lagi
begitu kalian berhasil mengalahkannya. Tapi di depan ada serangkaian pagar
listrik yang menghalangi kalian memasuki ruangan di hadapan kalian. Hmm...
Bagaimana kira-kira cara membukanya, ya? Ingat tangga dan pintu masuk yang
sebelumnya dijaga segerombolan anggota Tim Plasma? Ayo kita cek tempat itu! Mulai dari sini, tata letak isi kapal
akan berbeda tergantung dengan versi mana yang kamu mainkan.
9.3.1 Plasma Frigate: Route 21 (Black 2)
Pintu di selatan masih dijaga, namun
kini kamu bebas menuruni tangga di hadapannya. Di bawah, kalian akan bertemu
dengan mantan anggota Tim Plasma yang menyamar. Hugh kembali bertanya soal
Purrloin adiknya, namun karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, ia
segera pergi. Sekarang, saatnya mencari cara untuk mematikan pagar listrik
tersebut!
Ada enam ruangan di bawah sini, dan di
dalam ruangan-ruangan tersebut terdapat panel teleportasi berwarna hijau, yang
dapat membawamu ke ruangan yang berbeda. Beberapa di antaranya akan membawamu
ke salah satu dari empat ruangan kecil berisi tombol yang bisa kamu tekan untuk
mematikan pagar listrik.
Pertama-tama, masuki ruangan di pojok
kiri bawah. Berdiri di panel di pojok kiri atas ruangan dan kamu akan sampai di
sebuah ruangan dengan tombol. Satu pagar listrik sudah dimatikan, tinggal 3
lagi! Kembali ke ruangan utama dan masuki pintu kiri-tengah. Bicara pada
seorang wanita di sini untuk mendapatkan entri Pokedex Reshiram dan Zekrom.
Keluar dan masuki pintu tepat di sebelah utaranya. Masuki panel teleportasi di
kiri-atas untuk mematikan pagar listrik kedua.
Kembali di ruangan utama, masuki pintu
kanan-atas. Di pojok ruangan terdapat sebuah Magmarizer. Keluar dan masuki
pintu di selatannya. Masuki panel di kiri-atas ruangan untuk mematikan pagar
listrik ketiga. Kembali ke ruangan utama, masuki pintu terakhir. Masuki panel
di sudut kanan bawah dan akhirnya semua pagar listrik telah dimatikan! Saatnya
keluar dari sini dan kembali ke ruangan berpagar listrik tersebut.
9.3.2 Plasma Frigate: Route 21 (White 2)
Pintu di selatan masih dijaga, namun
kini kamu bebas menuruni tangga di hadapannya. Di bawah, kalian akan bertemu
dengan mantan anggota Tim Plasma yang menyamar. Hugh kembali bertanya soal
Purrloin adiknya, namun karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan, ia
segera pergi. Sekarang, temukan passwordnya! Menurut si mantan anggota, kamu
bisa mendapatkannya dari para anggota Tim Plasma. Jadi sebaiknya kita mulai
mencari satu persatu.
Ada enam ruangan di bawah sini, dan di
dalam ruangan-ruangan tersebut terdapat anggota Tim Plasma yang siap melawanmu.
Terkadang ada beberapa anggota yang memberikan petunjuk passwordnya padamu!
Catat baik-baik apa yang mereka katakan, karena tidak semua pemain mendapatkan
password yang sama. Password yang muncul di White 2 selalu berupa kombinasi
empat angka.
Di ruangan kiri tengah, kamu akan
menemukan Electirizer. Di ruangan itu pula, ada anggota yang akan memberikanmu
Plasma Card, alat yang dibutuhkan untuk memasukkan password. Jangan lupa untuk
bicara pada anggota di kiri atas ruangan untuk mendapatkan entri Pokedex
Reshiram dan Zekrom. Di ruangan kanan tengah, kamu bisa mengecek tempat tidur
yang ada dan mengistirahatkan Pokemonmu. Sisa petunjuk tentang password bisa
kamu dapatkan dari dua anggota di ruangan terakhir. Sekarang kembali ke ruangan
berpagar listrik dan masukkan password sesuai dengan petunjuk yang kamu
dapatkan.
***END OF VERSION DIFFERENCE GUIDE***
Berdiri di atas panel teleportasi dan
kamu akan sampai di sebuah ruangan dengan Zinzolin di tengahnya. Dengan bangga
ia menunjukkan padamu bagaimana mereka telah menangkap Pokemon Naga Legendaris
Kyurem, dan menjadikannya senjata untuk membekukan Unova. Hugh datang di saat
yang tepat dan segera membantumu menghadapi Zinzolin dan anteknya. Namun,
begitu mereka berhasil dikalahkan, Zinzolin menyuruh Shadow Triad membawa
kalian keluar. Setelah itu, akan terlihat adegan bagaimana Plasma Frigate
terbang dan menghilang. Kira-kira ke mana mereka pergi?
Pertanyaanmu akan terjawab ketika
Cheren muncul dan mengatakan mereka pergi ke Giant Chasm. Tanpa membuang waktu,
Hugh segera pergi ke sana. Kamu pun sebaiknya bergegas! Kembali ke Rute 22 dan
masuki Giant Chasm.
9.4 Giant Chasm
Kamu akan bertemu lagi dengan Hugh dan
beberapa anggota Tim Plasma, namun Tim Plasma langsung pergi begitu kalian
sampai di sana. Mulailah berjalan ke selatan dan dorong batu yang kalian temui
di tengah perjalanan. Surf ke kolam di utara batu tersebut dan temukan TM13,
Ice Beam, di seberang utaranya. Lanjutkan perjalanan memutari gua ini searah
jarum jam. Lewati dulu tangga-tangga menuju ke bawah.
Di bagian selatan, kamu akan menemukan
pintu yang menghubungkan Giant Chasm dengan Rute 13. Keluar lewat pintu itu dan
temukan papan kayu di sebelah utaranya. Cari Moon Stone tersembunyi di atas
papan kayu tersebut. Sekarang pergi ke selatan hingga kamu mencapai Rute 13.
Tepat sebelum tangga turun, ada sebuah Hidden Grotto. Kamu juga bisa mendorong
batu di sebelah kiri tangga untuk memudahkanmu mencapai tempat ini nantinya.
Kembali ke dalam gua dan turuni tangga
yang ada di hadapanmu. Di bagian tengah Giant Chasm ini, sudah ada Hugh dan
beberapa anggota maupun mantan anggota Tim Plasma. Rood mencoba menyadarkan
pada anggota Tim Plasma bahwa rencana Ghetsis tidak semulia yang mereka kira.
Namun para anggota Tim Plasma tetap menolak untuk percaya dan kemudian
menantangmu serta Hugh dalam pertarungan. Namun, lebih banyak lagi Tim Plasma
yang muncul sehingga Rood dan kawan-kawannya harus menahan mereka. Ia juga
memberikan petunjuk bahwa Purrloin yang dicari Hugh kemungkinan berada di
tangan Shadow Triad. Ikuti ke mana Hugh pergi: Plasma Frigate, di tengah areal
kawah ini!
Sebelum itu, tentu kamu ingin menjelajahi
tempat ini sedikit, bukan? Ambil item yang terlihat di pojok kiri untuk
mendapatkan Razor Claw. Sedikit ke utara dari sana, di balik pepohonan, ada
sebuah Moon Stone. Berbalik sedikit ke selatan dan belok kanan di antara
pohon-pohon yang membeku. Kamu akan sampai di area yang tanahnya tertutup es
yang licin. Berdiri di ujung kiri tangga, lalu meluncur ke utara, ke kanan dua
kali, ke utara selangkah, ke kiri, barulah ke meluncur ke selatan. Naiklah lagi
ke Plasma Frigate.
9.5 Plasma Frigate: Giant Chasm
Terlihat Hugh sedang menahan para
anggota Tim Plasma. Jadi, kamulah yang harus menjelajahi kapal dan mencari cara
untuk menghentikan rencana jahat mereka. Masuki pintu di selatan yang
sebelumnya dijaga oleh seorang anggota Tim Plasma. Berhati-hatilah, karena
begitu masuk, kamu akan langsung dilawan oleh dua anggota Tim Plasma. Masuki
panel teleportasi dan kamu akan dibawa ke area basemen 2.
Perlu dicatat, area ini juga memiliki
sedikit perbedaan antara versi Black 2 dan White 2. Di Black 2, untuk bisa membuka
pagar listrik di sebelah utara ruangan ini, kamu harus mengumpulkan password
dan Plasma Card dari para anggota. Sementara di White 2, kamu harus menekan
tombol untuk mematikan aliran listrik tersebut, di mana tombol-tombol tersebut
berada di empat ruangan kecil terpisah yang hanya bisa dimasuki dengan
menginjak panel teleportasi berwarna kuning di lantai. Tepat kebalikan dengan
apa yang kamu lakukan sebelumnya di Rute 21! Tetapi selebihnya, tata letak area
ini tetap sama, di mana kamu harus berjalan di atas pipa-pipa yang bisa ditarik
keluar atau masuk dengan berdiri di atas tombol merah.
9.5.1 Plasma Frigate: Giant Chasm (Black 2)
Dari panel teleportasi awal, pergi ke
kanan-bawah dan lurus ke atas pipa. Tekan tombol merah yang ada di dekat sana
dan pipa-pipa di utara dan selatan akan ditarik masuk, sementar pipa-pipa di
kanan dan kirimu akan memanjang keluar membentuk jalan baru. Pergi ke kiri dan
lurus ke selatan hingga kamu sampai di platform selatan. Ada seorang Dokter di
sebelah kirimu yang bisa kamu lawan agar dia menyembuhkan Pokemonmu nantinya.
Sekarang turun ke lantai bawah via tangga sebelah kiri di utaramu.
Pergi ke utara lalu belok kanan untuk
menemukan Power Band. Kembali ke tempat si Dokter dan pergi ke ujung kanan
platform. Turuni tangga terdekat dan terus lurus ke utara. Kalahkan anggota Tim
Plasma di sini dan ia akan memberikanmu Plasma Card. Sekarang, kamu sudah bisa
mencoba membuka gerbang listrik. Berjalanlah di atas pipa-pipa untuk kembali ke
platform utara dan gunakan Plasma Card. Di Black 2, password hanya ada tiga
macam, yaitu "Zekrom", "Reshiram", atau "Kyurem".
Masukkan salah satunya dan voila, pagar listrik pun mati!
9.5.2 Plasma Frigate: Giant Chasm (White 2)
Dari panel teleportasi awal, pergi ke
kanan-bawah dan lurus ke atas pipa. Tekan tombol merah yang ada di dekat sana
dan pipa-pipa di utara dan selatan akan ditarik masuk, sementar pipa-pipa di
kanan dan kirimu akan memanjang keluar membentuk jalan baru. Pergi ke kiri dan
lurus ke selatan hingga kamu sampai di pplatform selatan. Ada seorang Dokter di
sebelah kirimu yang bisa kamu lawan agar dia menyembuhkan Pokemonmu nantinya.
Sekarang turun ke lantai bawah via tangga sebelah kiri di utaramu.
Lewati panel pertama dan masuki panel
di sebelah utara. Tekan tombol merah dan kamu sudah mematikan pagar listrik
pertama! Teleport balik dan masuki panel ketiga. Dari sini, pergi ke utara
untuk menemukan Power Belt. Masuki panel di utara item tersebut dan tekan
tombol untuk mematikan pagar kedua. Teleport balik lagi dan berjalan kembali
hingga kamu sampai di platform selatan tempat si Dokter berada. Kali ini,
turuni tangga di sebelah kanan.
Masuki panel pertama yang kamu temui
dan juga panel di sebelah kanannya, lalu matikan pagar listrik ketiga. Kembali
ke panel awal, dan masuki panel di sebelah utaranya untuk mematikan pagar
listrik terakhir. Kembalilah ke tempat si Dokter berada dan naik ke pipa tepat
di sebelah utaranya. Tekan tombol merah, kemudian ikuti jalannya hingga kamu
sampai di tombol merah pertama yang kamu temui di ruangan ini. Tombol itu kini
bisa ditekan lagi, jadi lakukanlah dan kamu akan sampai di platform utara.
Sekarang, kamu bisa memasuki area yang sebelumnya terhalang pagar listrik.
***END OF VERSION DIFFERENCES***
Rupanya, di balik pagar listrik itu ada
sosok Kyurem. Zinzolin menghadangmu dan menantangmu bertarung. Setelah itu,
masuki panel teleportasi di sebelah kanan. Persiapkan dirimu karena kamu akan
menghadapi Trainer terkuat di kapal ini: Colress! Begitu kamu berhasil
mengalahkannya, ia akan menyuruhmu memasuki panel teleportasi di sebelah kiri
ruangan tempat Kyurem berada. Lakukan sesuai petunjuknya.
Kamu akan tiba di ruangan Ghetsis. Ia
mulai membicarakan tentang rencananya untuk menguasai Unova. Setelah itu,
Shadow Triad muncul dan mengatakan bahwa Kyurem sudah dipindahkan. Ghetsis
pergi, lalu Hugh muncul dan menanyakan soal Purrloin adiknya. Shadow Triad
menunjukkan bahwa Purrloin itu kini sudah berubah menjadi Liepard dan tidak
lagi mengenali Hugh. Kemudian, ia akan menantangmu bertarung. Dua Shadow Triad
lainnya pun muncul, berusaha menghalangimu. Namun, mereka akan segera
menghilang begitu kamu mengalahkannya. Turuni tangga dan kamu akan kembali ke
area luar Giant Chasm.
9.5 Giant Chasm - Kyurem's Chamber
Turuni tangga dan meluncurlah ke kanan,
lalu ke utara, ke kanan lagi, lalu ke utara lagi hingga kamu berada di samping
pilar es. Kemudian meluncur ke kanan, selatan, kiri, selatan, kanan, barulah ke
utara. Turuni tangga dan ikuti jalannya hingga kamu sampai lagi ke area yang
tidak membeku. Susuri jalan ke utara dan kamu akan menemukan tangga. Masuki
pintu di puncak tangga itu dan kamu akan sampai di gua tempat Kyurem dulunya
tinggal. Tempat ini kosong, namun sekarang ada sebuah pintu lain di bagian
belakang, jadi masuklah ke dalamnya.
Rupanya Ghetsis sudah menunggumu! Ia
pun memanggil Kyurem dan memerintahkannya untuk membekukanmu. Namun, tepat
sebelum tombak-tombak es tersebut menusukmu, muncullah seseorang yang
memerintahkan Zekrom (Black 2) / Reshiram (White 2) untuk menggunakan Fusion
Bolt (Black 2) / Fusion Flare (White 2) dan menghancurkan es-es tersebut.
Siapakah itu? Rupanya ia adalah Natural
Harmonia Gropius alias N! Ia
datang dengan Pokemon yang dulu dibawanya pergi, yaitu Zekrom (Black 2) /
Reshiram (White 2).
Setelah Ghetsis dan N berbincang-bincang
sejenak, Ghetsis pun mengeluarkan DNA Splicer yang dicurinya dari Drayden.
Begitu alat itu diaktifkan, Kyurem mulai menyerang Zekrom (Black 2) / Reshiram
(White 2), kemudian mengikat mereka dengan sinar ungu yang keluar dari
'sayap'-nya. Naga itu pun berubah menjadi wujud batu mereka. Ghetsis lalu
memerintahkan Kyurem untuk 'menyerap'-nya. Apa yang terjadi? Terbentuklah wujud
baru Kyurem yang kita kenal dengan nama Black Kyurem (Black 2) atau White
Kyurem (White 2). Akan tetapi, di game, wujud baru ini tetap disebut dengan
nama Kyurem, dan tetap memiliki tipe Dragon dan Ice.
Ghetsis pun menantangmu untuk
mengalahkan Pokemon itu. Perlu diingat, kali ini kamu belum bisa menangkap
Kyurem. Begitu kamu mengalahkannya, Kyurem dan Zekrom (Black 2) / Reshiram
(White 2) akan terpisah lagi dan naga es itu pun pergi. Ghetsis yang marah pun
menantangmu untuk bertarung! Bersiaplah!
Begitu sang pendiri Tim Plasma berhasil
kamu kalahkan, Shadow Triad akan membawanya pergi. N pun berterima kasih padamu
karena telah menggagalkan rencana jahat Tim Plasma lalu pergi. Hugh pun datang
dan mengatakan bahwa ia sudah berhasil mendapatkan kembali Pokemon adiknya.
Sekarang, apa lagi yang bisa kita lakukan? Karena 8 lencana sudah ada di
tangan, maka tentu saja saatnya kita menantang Liga Pokemon! Sebelum itu, ayo
jelajahi sisa area Giant Chasm.
Di luar, Plasma Frigate telah lenyap,
merusakkan pohon-pohon di sekitar tempatnya tadi berada, dan mungkin juga
sedikit menyulitkan penelusuranmu di sini. Turuni tangga, belok kanan, dan ke
selatan. Belok kiri begitu memungkinkan dan ikuti jalan ke arah kiri-bawah.
Kamu akan sampai di area tanah yang tidak ditutupi rumput dengan dua lubang
besar di tengah. Ada Rood dan mantan anggota Tim Plasma di dekat sana. Pergi ke
rumput gelap di belakang mereka dan dapatkan TM03, Psyshock.
Sekarang pergi ke utara mereka dan
belok kiri ke arah rerumputan tinggi. Ikuti jalan ke kiri di antara pepohonan
dan lompati undakan di utara. Berjalan terus ke utara, lalu belok kanan. Di
antara pepohonan yang sudah mati, kamu akan menemukan Sun Stone. Mundur sedikit
ke kiri, lalu temukan undakan di sebelah utara yang mengarah ke kanan. Lompati
dan ikuti jalannya hingga kamu kembali ke tempat Rood berada. Masuk kembali ke
gua sebelah luar Giant Chasm dan telusuri searah jarum jam. Kamu akan menemukan
pintu yang mengarah ke Rute 23. Perjalananmu menuju Liga Pokemon dimulai di
sini!
Chapter 10 - Aim to be the Pokemon Master!
10.1 Route 23
Begitu kamu sampai, kamu akan menemukan
rumah peristirahatan tepat di utara pintu masuk. Saatnya menjelajah! Susuri
jalan di pinggir sungai menuju utara, hingga kamu menemukan sebuah tangga. Surf
ke seberang sungai dan masuki rumah di sana. Kakek di rumah itu akan
memberikanmu TM35, Flamethrower. Sekarang Surf lagi ke seberang dan naiki
tangga, lalu ikuti jembatan yang mengarah ke selatan. Seberangi jembatan kedua
dan ambil TM05, Roar. Kembali ke tanah di antara jembatan pertama dan kedua,
dan ikuti jalannya ke selatan. Seberangi jembatan ketiga sambil terus berjalan
ke selatan. Kamu akan menemukan sebuah Hidden Grotto di sini.
Kembali ke tangga naik yang pertama
kamu temui, lalu belok kiri. Potong pohon kecil yang menghalangi jalan. Pergi
terus ke kiri dan dorong batu di sebelah selatanmu. Kemudian, berjalanlah ke utara
sedikit, lalu belok kiri di balik sebaris pepohonan. Potong pohon yang
menghalangi jalan. Dorong batu di sebelah selatanmu sejauh yang kamu bisa, lalu
kembali ke tempat batu pertama yang kamu dorong masuk ke dalam lubang. Di dekat
sana ada sebuah pohon kecil, bukan? Potong pohon itu dan belok ke kiri. Ikuti
terus jalannya hingga ke tempat seorang Black Belt. Lurus ke kiri dan ke
selatan, lalu potong pohon kecil yang kamu temui.
Pergi ke selatan dan lompati undakan di
sebelah kananmu. Surf ke seberang kolam, abaikan tangga naik dan dorong batu di
sebelah selatannya. Naik ke tangga tadi, dan dorong batu di sebelah kirimu
selangkah ke kiri. Lalu, naiki tangga satu lagi di kiri dan dorong batu tadi ke
utara. Kembali ke kolam dan seberangi, kemudian berjalanlah ke arah kanan, ke
tempat batu tadi. Dorong batu itu hingga masuk ke lubangnya. Kemudian, pergi ke
sebelah kanan, memasuki rerumputan tinggi, dan ikuti jalannya terus ke
kanan-atas hingga kamu menemukan sebuah undakan, lalu lompati undakan itu.
Kamu akan sampai ke jalan awal labirin.
Terus ke kiri hingga kamu menemukan seorang Hiker. Di selatan Hiker itu, ada
satu batu yang bisa kamu dorong, jadi doronglah ia dua langkah ke selatan.
Kembali ke tepi kolam sebelumnya. Dorong batu yang tadi ke lubang di kanan.
Sekarang, dorong batu di selatan lubang tersebut sekali ke kanan, lalu lurus ke
lubang di sebelah selatannya. Terakhir, dorong batu di samping lubang tersebut
lurus ke lubang di kanan. Naiki tangga, lurus ke kanan lalu seberangi dua
jembatan berikutnya. Di ujung jalan, kamu akan menemukan TM12, Taunt. Sekarang
kembali ke awal labirin dan naiki tangga di sebelah kanannya untuk mencapai
gerbang pengecekan lencana.
10.2 Victory Road
N rupanya sudah menunggumu di situ. Ia
akan menceramahimu dan memberikanmu HM05, Waterfall. Yay! Setelah itu, belok
kiri dan kedelapan lencanamu akan dikonfirmasi sehingga gerbang di ujung jalan
akan terbuka. Lurus lalu belok kanan. Gedung bertanda Pokeball itu adalah
sebuah Pokemon Center yang dimodifikasi bentuknya. Di sebelah kanan PC, temukan
jalan di antara tebing dan pepohonan, ikuti hingga kamu mendapatkan TM01, Hone
Claws.
Sekarang, saatnya memasuki tangga di
sebelah kiri PC, untuk mengakses area Victory Road yang sesungguhnya. Area ini
juga memiliki perbedaan antara versi Black 2 dan White 2, yaitu jalan masuknya.
Di Black 2, pintu masuknya terletak di sebelah timur, sementara di White 2,
pintu masuknya ada di sebelah barat. Otomatis, urutan area yang kamu jelajahi
juga akan berbeda. Selebihnya, keseluruhan area ini hampir sama persis.
10.2.1 Victory Road (Black 2)
Lurus ke utara dan dorong batu yang ada
masuk ke lubangnya. Seberangi jembatan dan keluar ke utara. Berjalanlah di area
dengan rumput gelap dan turun menuju tepi sungai. Surf ke seberang dan naik tangga.
Lawan Dokter yang ada di dekat sana dan ia akan menyembuhkan Pokemonmu
setelahnya. Masuki gua di samping si Dokter dan terus ke kiri hingga kamu
mencapai sebuah perempatan. Pertama-tama, ikuti jalan ke selatan. Kamu akan
sampai di puncak sebuah air terjun. Turuni air terjun tersebut dan Surf ke
kanan, lalu masuki pintu gua di ujung sungai.
Kamu akan sampai di sebuah sungai, yang
merupakan bagian lain dari gua awal masuk Victory Road. Surf mengikuti alur
sungai tersebut menuju selatan dan kamu akan sampai di sebuah daratan di ujung
selatan gua tersebut. Temukan TM93, Wild Charge, di dekat situ. Kamu juga bisa
kembali ke pintu masuk dengan melompati undakan di sebelah kanan. Sekarang,
kembali ke perempatan jalan di dalam gua yang sebelumnya dan ambil jalan ke
kiri. Kamu akan sampai di luar lagi.
Pergi ke kanan dan turuni tangga ke
tepi sungai. Surf ke selatan, naiki tangga, lalu ke kiri dan kamu akan tiba di
sebuah hutan kecil. Ada beberapa Trainer yang bisa kamu tantang di sini, tapi
selebihnya tidak ada hal yang terlalu menarik. Di ujung selatan hutan ini
terdapat jalan menuju gua awal Victory Road.
10.2.2 Victory Road (White 2)
Lurus ke utara lalu belok kiri hingga
kamu menemukan sebuah batu. Seberangi jembatan berikutnya dan naiki tangga
menuju bagian luar yang menyerupai hutan. Pergi ke utara untuk keluar dari
hutan tersebut. Kamu akan sampai di area terluar. Lurus ke utara menuju gua.
Belok kanan hingga kamu sampai di tengah perempatan. Ambil jalan ke selatan dan
kamu akan sampai di puncak sebuah air terjun. Turuni air terjun tersebut dan
Surf ke kanan, lalu masuki pintu gua di ujung sungai.
Kamu akan sampai di sebuah sungai, yang
merupakan bagian lain dari gua awal masuk Victory Road. Surf mengikuti alur
sungai tersebut menuju selatan dan kamu akan sampai di sebuah daratan di ujung
selatan gua tersebut. Temukan TM93, Wild Charge, di dekat situ. Kamu juga bisa
kembali ke pintu masuk dengan melompati undakan di sebelah kanan. Sekarang,
kembali ke perempatan jalan di dalam gua yang sebelumnya dan ambil jalan ke
kanan. Kamu akan sampai di luar lagi.
Ada dua tangga di sini; turuni tangga
di selatan dan kamu akan sampai di tepi sungai. Seberangi sungai itu lalu naik
lagi ke daratan di ujung. Ikuti jalannya dan kamu akan menemukan jalan masuk
lain menuju gua awal Victory Road. Seberangi jembatan dan kamu akan melihat
sebuah batu yang bisa didorong. Dorong batu itu ke utara dua kali, ke kanan dua
kali, ke selatan sekali, ke kanan sekali lagi, lalu ke selatan, kiri, dan masuk
ke lubang. Ada seorang Trainer yang menunggumu di balik batu tersebut.
***END OF VERSION DIFFERENCE***
Kembali lagi hingga ke perempatan
sebelumnya, dan kali ini ambil jalan ke utara. Dorong batu di sebelah kiri
masuk ke lubangnya, lalu ikuti jalan di tengah. Gunakan Flash. Belok kiri
menaiki tangga, lalu ikuti tangga ke utara dan jalan hingga kamu sampai di
luar. Naik tangga pertama lalu turun lewat tangga di sebelah kanannya, juga
jangan lupa untuk mengambil Dragon Fang di dekat sana. Jalan terus ke kiri
hingga kamu akan sampai di dalam gua lagi. Turun tangga pertama, lalu ke
selatan dan turuni tangga kedua untuk mendapatkan Dragon Scale. Lompati undakan
dan keluar lewat pintu di bawah. Di luar ada seekor Zoroark sedang menjaga
sebuah pintu, dan dia tidak akan membiarkanmu lewat. Hm, sepertinya kita harus
kembali ke sini kapan-kapan!
Kembali ke tempat dua buah tangga yang
bersebelahan di dekat Dragon Fang tadi. Kali ini ikuti seluruh anak tangga
menuju ke atas. Kamu hampir sampai di puncak, dan selangkah di depanmu adalah
Pokemon League. Jalan yang kamu lewati adalah rute terpendek, selain itu kamu
juga bisa mencapai tempat ini lewat pintu kanan atau kiri di pertigaan
sebelumnya.
Naiki tangga terakhir dan masuk ke gua.
Ya, tempat ini adalah lantai puncak dari Victory Road lama yang terkubur akibat
runtuhnya kastil milik N. Hugh tiba-tiba datang dan menantangmu bertarung! Ia
akan memberikanmu TM24, Thunderbolt, seusai pertarungan. Keluar dari gua
tersebut dan kamu akan sampai di Pokemon League.
10.3 Pokemon League
Sebelum pergi menantang Elite Four,
kamu bisa menyembuhkan Pokemonmu atau berbelanja di PC di sebelah kiri. Jika
sudah siap, bicara pada penjaga di depan aula berbentuk bundar. Bicara padanya
untuk bisa masuk. Perlu diingat, sekali kamu masuk, kamu tidak akan bisa keluar
sampai kamu kalah atau mengalahkan mereka semua. Jadi persiapkan dirimu
baik-baik!
Di aula ini terdapat empat lorong yang
masing-masing akan membawamu ke ruangan tempat para Elite Four berada. Dari
kiri ke kanan adalah ruangan Shauntal si pengguna tipe Hantu; Grimsley si
pengguna tipe Dark; Caitlin si pengguna tipe Psychic; dan Marshal si pengguna
tipe Petarung. Mereka semua menggunakan tim yang terdiri dari empat Pokemon dan
level berkisar antara 56-58 dalam gameplay normal.
Begitu kamu mengalahkan keempatnya,
kembali ke aula dan berdiri di depan patung yang ada di tengah. Sama seperti di
BW, patung tersebut akan membawamu menuju tempat sang Champion berada. Kali
ini, yang kamu hadapi bukan lagi Alder, melainkan... Iris! Timnya penuh berisi
6 Pokemon, yaitu Hydreigon, Druddigon, Aggron, Archeops, Lapras, dan Haxorus,
dengan level berkisar antara 57-59 dalam normal gameplay. Kalahkan tantangan
terakhir ini dan buktikan bahwa dirimu memang Trainer terkuat di Unova!
Selamat, kamu telah menyelesaikan B2W2 !
Comments
Post a Comment