Walkthrough Arc Rise Fantasia (wii) versi indonesia



GAME NINTENDO WII ARC RISE FANTASIA | Shopee Indonesia
Arc Rise Fantasia merupakan salah satu RPG yang wajib dimainkan. Sang tokoh utama, L’Arc, adalah seorang tentara bayaran yang bekerja untuk Meridian Empire. Takdirnya berubah setelah bertemu dengan Ryfia dimana ia harus menemukan Rogress untuk menyelamatkan dunia. Semoga walkthrough berikut membantu dan selamat bermain!


NOTES

Kamu bisa memilih untuk menggunakan Nunchuk, Classic, atau GameCube Controller.
Perhatikan icon giliran saat pertarungan. Kalau tidak ada apa-apa berarti hanya menyerang biasa, lingkaran biru berarti menggunakan Magic, pedang X berarti Excel Act, kuning berarti Arm Force, hijau Defend, biru Item, dan kaki Wait/Move. Biasanya untuk musuh hanya menggunakan Attack, Magic, dan Excel Act. Jadi pikirkan baik-baik aksimu terutama saat melawan boss. Urutan giliran adalah dari kiri ke kanan.
Peti tidak akan selalu saya bahas, jadi kalau melihat peti maupun kilauan di lantai langsung ambil saja. Rajin-rajinlah bicara dengan penduduk dan periksa berbagai tempat untuk item karena saya hanya akan membahas lokasi item yang penting saja.
Selalu stock item penyembuh saat akan menjelajahi dungeon karena lebih dibutuhkan dari Magic.
Terdapat glitch pada Heal Magic di menu Magic. Harus ada 1 karakter yang memiliki Magic Lvl 2+ dan atur supaya karakter tersebut dan yang memiliki Heal bersebelahan (MP harus 0 dulu). Lalu pindah ke karakter tersebut dan ke bagian Magic Lvl 2+, dan pindah kembali ke karakter yang memiliki Heal. Heal bisa kamu gunakan kembali. Tapi jangan coba-coba masuk ke menu Magic saat battle apabila angka MP lebih besar dari maksimum karena terkadang bisa menyebabkan hang! Untuk mengembalikan ke semula, tidurlah di Inn atau gunakan Save Point hijau.
Ada 1 glitch lagi, yaitu kamu bisa memakai 3 Armor sekaligus! Lebih mudah dilakukan dengan Classic/GameCube Controller dibanding Nunchuk. Caranya pergi ke menu Armor lalu arahkan kursor ke karakter. Tekan A dan tepat saat layar equipment muncul, segera tekan Bawah+A (ke bagian Lower Body/sepatu) atau Atas+A (ke bagian Other/aksesori). Kalau timing kamu tepat, maka yang muncul adalah daftar Armor, bukan sepatu/aksesori! 


WALKTHROUGH

Kamu akan langsung berhadapan dengan Wyvern, serang biasa saja sampai event dan bertemu dengan Ryfia.


Retea Forest
Ke selatan dan pelajari tutorial mengenai battle. Lanjutkan ke selatan, periksa kilauan yang ada untuk Map: Retea Forest. Kalau ada tombol 2 (Wiimote) atau L (GameCube) yang muncul, itu adalah skit (maaf, saya tidak tahu kalau yang Classic). Untuk cek peta, tekan 1 atau X. Ikuti jalan saja dan keluarlah ke World Map.

Topazion
Ingatlah untuk selalu bicara dengan Nomad Son yang ada di dekat pintu masuk untuk mendapatkan peta di tiap kota karena saya tidak akan membahasnya lagi. Masuki Inn untuk event lalu ke utara untuk bertemu dengan Village Elder. Kembali ke Inn dan Alf akan bergabung.

Alf akan mengajari tentang Arm Force, semacam ability yang ada pada senjata. Kamu bisa memindahkan Arm Force dari 1 senjata ke senjata lain kecuali yang warna hitam, namun kamu perlu menaikkan level senjata dulu dengan bertarung yang memberimu WP.

Rajin-rajinlah membeli senjata baru karena banyak Arm Force yang berguna. Apabila kamu memasang sampai penuh (tidak ada celah lagi dan level maks), Arm Force tersembunyi bisa kamu gunakan. Keluar dari sini dan jalan terus ke selatan.

Jada
Pelajari tentang Orb dan saat di Workshop, beli Slot expansion dan MP Lvl 1 untuk L’Arc agar dia bisa menggunakan Magic. Jangan lupa pasang Fire Gem padanya, 1 MP artinya hanya bisa memakai Magic 1x. Bicara dengan pria dekat Armory untuk Water Shard. Beli equipment baru lalu teruskan ke utara.

Periksa kotak di kiri bawah untuk Wind Shard. Masuki Military HQ untuk event dan saat kota diserang, keluarlah untuk pertarungan dan pelajari tentang Move. Sebelum ke area selatan, bicara dengan orang di kanan untuk Full Liquid dan dia akan memulihkanmu. Teruskan ke area selatan dan kamu akan bertarung bersama Rastan.

Setelah itu Niko akan bergabung sebagai Guest, sebelumnya beli dulu beberapa Heal Liquid dan naikkan level untuk persiapan melawan boss. Kalau sudah, save dulu lalu kembali ke utara dan gunakan Sealed Gate di utara untuk ke Dragon Prison.


Dragon Prison
Kamu akan langsung memasuki pertarungan dengan boss pertama.

Boss: Deathchanter
L’Arc gunakan Fire Shell pada dirinya sendiri, Ryfia fokuskan untuk memulihkan, dan biarkan anak buahnya dikalahkan oleh Niko. L’Arc dan Alf fokuskan ke Deathchanter dan gunakan Excel Act kalau SP sudah mencukupi.

Save Point hijau berfungsi memulihkan karaktermu. Tekan tombol di ujung untuk mengaktifkan lift di depan, jalan yang satunya lagi akan membawamu ke peti. Gunakan lift untuk ke B1. Dua jalan ke utara akan membawamu ke peti dan peta. Kalau sudah siap, teruskan ke timur untuk melawan Deathchanter lagi.

Boss: Deathchanter
Kamu hanya perlu mengurangi setengah HP-nya. Gunakan strategi yang sama seperti sebelumnya, hanya saja kali ini Fire Shell tidak dibutuhkan.

Gunakan Rogress hanya pada pertarungan boss karena pengisiannya yang lambat. Temui Clyde kembali lalu keluarlah ke World Map. Ke tenggara menyeberangi jembatan untuk ke Diamant Royal City.




 Diamant Royal City
Setelah event di kastil, turun dan gunakan pintu utara untuk ke kantor Weiss. Keluarlah dari kastil, ada Nomad Son di luar yang akan memberimu Map: Castle Diamant. Teruskan ke barat, turuni tangga, event, dan gunakan lift. Setelah event dengan Adele, ambil senjata Wooden Sword di kamarmu. Bicara dengan Elena dan keluarlah.

Ke Martial School 2F dan periksa laci sebelah tempat tidur untuk Wind Shard. Keluar dan masuki Guild di timur, tempat kamu mengambil quest. Kembali ke rumah dan beristirahatlah di kamarmu.

Sekarang temui Zamuel di Martial School 2F. Keluar dan gunakan lift di selatan untuk ke tempat awal. Ke area barat dan kamu akan tiba di Industrial Zone, ke bagian barat dan bicara dengan prajurit di kanan untuk Fire Shard.

Selanjutnya ke pelabuhan, naiki tangga dulu dan periksa meriam untuk Fire Shard. Turun dan teruskan ke utara untuk event. Sekarang kembalilah ke kastil dan bicara dengan Alf di Guards’ Room.

Kembali ke pelabuhan dan Niko akan bergabung kembali. Kali ini tujuanmu adalah kembali ke Martial School untuk event. Kalau pernah main Luminous Arc, sang Kopin bukan mahkluk yang asing lagi. Sekarang persiapkan item penyembuh dan Revive Bottle lalu keluar ke World Map dan Cecille akan bergabung sebagai Guest. Mandelro Coast ada di selatan.


Mandelro Coast
Di percabangan, ada peti di sebelah kiri. Teruskan ke atas, ada peti di sudut kanan atas. Di area selanjutnya, ke atas dulu untuk mengambil peti di belakang air terjun. Teruskan ke kiri untuk event dan Cecille akan meninggalkanmu.

Untuk battle, kamu hanya bisa menggunakan 3 orang saja, sedangkan slot keempat selalu untuk Guest. Ke bawah dulu untuk mengambil peti dan masuklah ke gua. Terdapat 2 peti di sini, di ujung ada Save Point dan bersiaplah melawan boss.

Boss: Paula & Luna
Gunakan Rogress, pencarkan karaktermu, dan fokuskan seranganmu pada 1 orang dulu. Ryfia tetap fokuskan memulihkan dan pastikan jaga HP tetap tinggi. Pertarungan ini hanya lama, tidak sulit.

Naiklah untuk bertemu dengan Serge. Setelah itu bicara dengan Kopin untuk mendapatkan Blue Swimsuit, White One-piece, Cocoa Swimsuit, Polka-dot, Retro Swimsuit, dan menu Outfit bisa diakses dimana kamu bisa mengganti kostum para karakter dan juga bisa melihat skit khusus. Sayangnya, kostum hanya akan mengubah foto karakter di menu saja, tidak pada battle dan event. Terdapat juga kostum para karakter Luminous Arc untukmu.

Bicara dengan semua orang lalu naiklah dan Serge akan bergabung, sedangkan Adele bergabung sebagai Guest. Masuk kembali ke kapal untuk mengambil Matching Dress, dan bicara dengan Kopin untuk Mystery Armor.

Di World Map, ke arah timur dulu sampai kamu menemukan Mystery Nurse. (Gambar 2) Cobalah kembali ke kapal untuk melihat skit khusus kalau tertarik. Kembali ke tujuan utama, pergilah ke ujung barat-daya dan kamu akan tiba di Kopin Village.

Kopin Village
Ke kanan atas dulu dan pelajar tentang Gem Resonance dan Gem Repulsion. Apabila kamu memasang Orb dengan elemen yang pas secara berdampingan, kamu bisa menggunakan elemen baru. Contohnya: Fire + Wind = Light, Fire + Earth = Dark, Water + Earth = Ice, Water + Wind = Thunder. Namun kamu tidak boleh memasang elemen yang berlawanan karena akan menyebabkan level turun 1.

Kalau ingin menggunakan Magic Lvl 2, kamu bisa memasang 2 Orb Lvl 1 yang sama, atau bisa tunggu nantinya di pertengahan akan ada Orb Lvl 2-4.

Bicara dengan Kopin merah untuk School Leader, dan Kopin ungu untuk Class Leader. Sekarang ke area kiri dan untuk event. Beli equipment baru dan seperti biasa, sediakan item yang cukup, juga Cure Silence dan Cure Binding. Keluar dari sini dan pergilah ke Nabra Jungle yang ada di timur.


Nabra Jungle
Saat memasuki pertarungan, kamu akan diajari tentang chained magic: 2-4 karakter menggunakan Magic yang sama ke 1 musuh. Untuk yang 4 karakter hanya hoki-hokian saja.

Musuh Nabra Treant akan menjatuhkan Bitter Fig yang bisa digunakan pada tanaman merah untuk meneruskan perjalanan. Sedangkan untuk yang biru membutuhkan Smelly Fungi yang didapatkan dari musuh Nabra Funger.

Gunakan pada tanaman di kanan tadi untuk mengambil peti. Di Save Point, ambil jalan kiri dulu untuk peti. Kembali dan ambil jalan yang kanan. Ikuti jalan kanan lalu atas untuk mengambil peti, dari sini jalan ke kanan bawah sampai berganti layar. Ke bawah lalu kiri atas dulu untuk mengambil senjata Lumberblade di ujung, pakaikan pada L’Arc untuk pertarungan boss nantinya. Kembali dan ambil jalan kanan atas dari musuh yang ada di tengah untuk ke area selanjutnya.

Jalan ke atas dan kamu akan tiba di area yang cukup luas, hiraukan jalan ke kanan atas dan ambil jalan sebelah kirinya untuk mengambil peti. Tujuanmu adalah jalan di sebelah kiri dengan melewati 2 tanaman biru. Di area selanjutnya, ambil jalan kiri dulu untuk menemukan peti. Sekarang ke kanan dan dari Save Point, ke atas dulu untuk mengambil peta. Teruskan ke kiri untuk melawan boss.

Boss: Vifrons
Sekarang kamu akan diajari tentang chained attack. Pertarungan ini akan sedikit merepotkan. Dia lemah terhadap api, jadi gunakan chained magic padanya. Setelah cukup melukainya, dia akan ganti ke tipe Time of Sleep dimana dia menyerang dengan Magic. Saat inilah serang dengan fisik, dan ketika Time of Awakening, dia akan menggunakan serangan fisik lagi, jadi serang dengan Magic.

Di World Map, kunjungi Full Moon Inn yang ada di timur dan beristirahatlah. Antrax ada di sebelah utara.


Antrax Parish
Menginaplah di Inn untuk mendapatkan Tank Top, Iris Nightgown, Cotton Pajamas, dan Dark Nightgown. Beli kostum Pilgrim’s Robes untuk semua karakter di toko Tailor.

Beli equipment baru dan stok item kamu. Dekat pintu masuk ke Pier, bicara dengan pria di kanan untuk Earth Shard. Teruskan ke area Pier untuk event. Ke kiri atas dulu dan periksa tong untuk Revive Full, lalu ke dermaga kiri dan periksa kotak di sana untuk Speed Leaf, dan pria di kiri akan memberimu Wind Shard.

Kembali ke area Residentials dan pergilah ke area utara untuk event. Beristirahatlah di Inn dan kembalilah ke Olquina Shrine. Di Dragon Altar, ada peti di ujung atas dan di sebelah kanannya. Kembali dan ambil jalan kiri di antara patung, ke bagian atas dulu untuk mengambil 2 peti. Setelah itu dekati altar di tengah, lalu ke arah yang ditunjuk oleh Serge.


Qlquina Sub-Shrine
Di percabangan, ada peti di sebelah kiri, ke atas dan ikuti jalan sampai ke B3. Tekan tombol yang ada di atas lalu ke kiri dan kiri lagi, hiraukan yang kanan, dan kamu akan tiba di area Machinery.

Kamu perlu menekan 3 tombol yang ada untuk menghilangkan laser. Setelah itu kamu akan memasuki pertarungan dan diajarkan tentang Raystone. Menggunakan elemen yang sama dengan Raystone akan meningkatkan efeknya dan sebaliknya. Raystone juga bisa digunakan oleh musuh. Menghancurkan Raystone bisa memberimu Gem Shard, hanya saja sangat langka.

Tekan tombol yang ada untuk mengaktifkan lift dan gunakanlah untuk ke B4. Ikuti jalan untuk event lalu keluarlah dari sini. Di perjalanan, kamu akan dihentikan Dynos dan memasuki pertarungan biasa. Setelah itu keluarlah dari sini dengan lift.

Di kota, pergilah ke pelabuhan untuk event dan bertarung. Sekarang stok item lagi bila perlu terutama Mid Liquid yang banyak. Kembalilah ke Oquilna Shrine dan bicara dengan Serge, Leslie akan bergabung sebagai Guest. Ke bagian kanan dan kamu akan tiba di Oceansong Road.


Oceansong Road
Ada peti di atas, lalu ke kiri di percabangan untuk peti lagi. Teruskan ke kanan ke area selanjutnya. Ke kanan di percabangan, ambil peti dan periksa dinding di kiri untuk peti lagi.

Sekarang persiapkan karaktermu dan pakaikan Fire Orb untuk semua karaktermu, Serge adalah karakter yang direkomendasikan. Untuk Serge pakaikan senjata Sharkslayer dan aktifkan secret-nya, aksesori Water Amulet juga akan membantu.

Boss: Afanc
Kamu akan bertarung dengannya 2x, jadi simpanlah Rogress untuk pertarungan kedua. Selalu hancurkan kedua Raystone agar apimu efektif. Gunakan Flaming Throw Serge dan sebaiknya sisakan MP untuk pertarungan kedua.
Pertarungan kedua sama seperti sebelumnya, hanya saja HP-nya bertambah banyak. Kali ini mulailah menggunakan Blaze dan pencarkan karaktermu. Selalu jaga HP agar tetap penuh.

Ke kiri dulu untuk mengambil peti lalu teruskan ke atas dan ambil peta di kanan. Keluarlah dari jalan kiri. Save dulu lalu teruskan ke atas, berjalanlah ke kiri untuk ke area selanjutnya. Masuki pintu pertama untuk mengambil peta, kembali dan teruskan ke kiri untuk event.

Kembali ke kota, periksa dinding di seberang Workshop, di bawah pria berbaju putih untuk Stone Shard. Kembali ke Fire Librarium di Olquina Shrine, tempat kamu menemukan peta untuk event. Keluarlah dari sini dan kamu akan kembali ke Diamant.


Diamant Royal City
Temui Zamuel di Martial School untuk event, lalu kembali lagi ke Martial School untuk event lagi. Sekarang kamu bisa beli kostum baru di Tailor. Setelah siap, kembali gunakan Lightship untuk ke Carbunculus.


Carbunculus City
Setelah bertemu dengan Luze dan Saura, ke Recreation Zone dulu dan bicara dengan pria berbaju merah untuk Flame Shard. Kamu bisa bermain di Casino dan menukar Token dengan kostum dan senjata baru. Kopin Race merupakan mini game yang paling mudah untuk mengumpulkan Token. Kamu juga bisa mengikuti turnamen di Arena untuk mendapatkan senjata baru.

Di Industrial Area, cek peta, ke jalan di kanan bawah dan bicara dengan pria di ujung untuk Stone Shard. Sekarang ke area Artists’ Zone yang ada di selatan. Beli equipment baru lalu sekarang ke pelabuhan di area barat. Di dermaga atas, periksa sudut kiri atas untuk River Shard. Sekarang istirahatlah di Inn.

Kembali ke Industrial Area dan sekarang ke Republic Senate yang ada di utara. Naiklah dan masuki Conference Hall untuk event. Bicara dengan Niko dan Kopin. Setelah event, ke kiri dulu dan ambil peti di dalam penjara. Ke bawah lalu masing-masing di kiri dan kanan terdapat 1 peti. Teruskan ke bawah, ambil jalan kiri dan hiraukan tangga dulu untuk bertemu Rastan kembali dan dia akan bergabung.

Naik melalui tangga yang ada di kanan dulu untuk event, kembali dan sekarang turun melalui tangga di kiri yang tadi dihiraukan. Di percabangan, ke atas lalu kiri dulu untuk mengambil peta di penjara. Cek peta, ada peti yang bisa kamu ambil, dan penjara di sudut kanan atas adalah jalan keluar.

Sebelum keluar dari kota, beli kostum baru di Tailor dan menginaplah di Inn untuk mendapatkan kostum Aqua Nightgown dan Nightwear. Di World Map, ke ujung tenggara dulu untuk menemukan Kopin Costume (Gambar 3). Benetnasch ada di barat-laut.


Benetnasch City
Temui Hosea dulu untuk event dan keluar dari sini. Di bagian kiri ada Tailor, belilah kostum baru lalu teruskan ke area bawah. Masuki rumah di kanan untuk mendapatkan Storm Shard. Sekarang ke area pertama dan kamu bisa meminta peta dari Nomad Son. Periksa kotak di atasnya untuk Vitality Leaf. Sekarang istirahatlah di Inn untuk event.

Temui Hosea kembali, keluar dan kamu akan bertemu dengan Walter. Rastan ada di depan Inn. Kalau sanggup, beli semua Amulet yang harganya 30.000 Rico. Keluar ke World Map dan teruskan ke timur-laut.

Sebelum ke Gauss Tunnel kamu akan menemukan Half Moon Inn di tengah. Bicara dengan pria di atas Nomad Son untuk mendapatkan Earth Shard. Ada baiknya kalau kamu menaikkan level di sekitar sini dulu sambil mengumpulkan Gem Shard, berhubung bisa istirahat dengan gratis.


Gauss Tunnel
Ada peti di kanan, ikuti jalan ke kiri sampai di percabangan lagi, belok kanan untuk peti lagi. Selanjutnya, ambil jalan kanan yang rendah untuk mengambil peti di area selanjutnya. Kembali dan sekarang ke jalan kiri yang tinggi.

Di Save Point, ada peti di kiri. Persiapkan Fire dan Wind Magic, lalu senjata yang efektif melawan tipe Dragon, Balmung milik L’Arc.

Boss: Fafnir
Pencarkan karaktermu, gunakan Fire dan Wind padanya, jaga HP tetap tinggi. Pertarungan ini tidak sulit. Di akhir, kamu akan diajari tentang Trinity Act dimana semua karakter memakai Excel Act pada musuh yang sama.

Setelah selesai, mundur sedikit lalu ke kiri untuk mengambil peti. Di area selanjutnya, jalan lurus ke atas dan hancurkan dinding untuk mengambil peta. Pohon yang kamu temui di perjalanan adalah optional bosss yang memberikan pistol Tathlum.

Di World Map, jalan saja ke barat, ada Crescent Moon Inn. Periksa pohon kanan atas untuk Terra Shard. Teruskan perjalanan ke barat dan kamu akan tiba di Batrachites.


Batrachites
Ke area Residentials di kanan dulu, periksa tong di sebelah Armory untuk Defense Leaf. Pria di depan Workshop akan memberikan Exalot. Ke kiri, bicara dengan cewek dekat kucing untuk Rain Shard.

Kembali ke area pertama dan sekarang ke kiri untuk event. Setelah selesai, tujuanmu selanjutnya adalah Ebur yang ada di barat.


Ebur
Beli kostum baru di Tailor untuk koleksimu. Di area selanjutnya, Kopin dekat perapian memberikan All Quick. Sekarang persiapkan Cure Petrify dan Cure Poison, lalu Mid Liquid yang banyak. Keluar dan Ebur Ruins ada di barat-laut.


Ebur Ruins
Satu-satunya Save Point yang ada hanya di area pertama saja. Ikuti jalan ke kiri untuk event dan sebelum bicara dengan Alf lagi, ada peti di jalan atas. Bicara dengan Alf dan sekarang kamu akan mengendalikan 3 tim: L’Arc, Rastan, dan Alf. Pilih tim kamu, yang penting masukkan Ryfia ke tim L’Arc.

Dimulai dengan L’Arc dulu, ikuti jalan saja sampai di ujung jalan dengan 3 patung dan peti di kiri. Putar patung kiri menghadap kiri, dan patung kanan menghadap kanan. Sekarang ganti ke tim Alf, turuni tangga kedua dan injak tombol. Teruskan perjalanan dan ganti ke tim Rastan.

Ikuti jalan saja ke kiri lalu ke kanan dulu dan dorong kedua patung menghadap belakang. Kembali ke L’Arc, dorong kedua patung yang di kiri menghadap ke kanan. Kembali ke Rastan lagi, langsung ke kanan dan di ujung, dorong patung terdekat menghadap depan.

Balik ke L’Arc, ikuti jalan saja. Lalu ke Alf, juga sama. Saat kembali lagi ke Alf, persiapkan dirimu dengan memakai Amulet yang menambah daya tahan elemen Earth. Topaz dan Terra Cuirass yang kamu dapatkan tadi sangat direkomendasikan. Untuk Magic, gunakan Wind.

Boss: Gula
Hancurkan kedua Raystone dan pencarkan karaktermu. Segera sembuhkan karakermu kalau menjadi batu. Gunakan Floral Coat Ryfia. Di pertarungan ini kamu akan sering menghabiskan giliran untuk menyembuhkan karakter. Saran saya kalau Serge mati, hiraukan saja. Bersabarlah, kamu pasti bisa menang!

Setelah selesai, ke area kanan bawah dulu dan ambil 2 peti dan peta di ujung. Sekarang, kembalilah ke Ebur dan dekati rumah Maria. Keluarlah dan sekarang jalan ke barat menyeberangi jembatan, ada Waning Crescent Inn. Bicara dengan pria terdekat untuk Flame Shard. Keluar dan teruskan ke barat.


Galois Ravine
Bunga matahari yang kecil imut nan lucu itu adalah optional bosss yang bisa kamu lawan. Kalau menang, kamu akan mendapatkan aksesori Dried Sunflower yang meningkatkan item drop rate. Di area selanjutnya, tekan tombol agar bisa menyeberang. Di tombol kedua, turunlah dulu lalu ke kanan menyeberangi jembatan lalu tekan injak tombol di atasnya.

Teruskan ke kanan, lalu ke kanan lagi untuk menemukan pedang Damascus. Teruskan ke kiri lalu turun lagi dan sekarang kamu bisa ke kiri, turun 2x, tekan tombol dan ke kanan dulu untuk peti. Kembali dan turun untuk ke area selanjutnya.

Save dulu, ambil peti di kiri, dan sebelum lompat ke kiri, persiapkan karaktermu dengan Magic tipe Wind dan Water. Lalu Amulet dengan Fire dan Earth.

Boss: Chimera
Seperti biasa, hancurkan Raystone dan pencarkan karaktermu. Aqua Spiral Ryfia akan sangat berguna di pertarungan ini. Yang perlu diingat, sebelum si boss mati, penuhkan HP semua karaktermu karena begitu boss mati, dia akan menyerang dengan damage yang tinggi ke 1 karakter. Dan kalau karaktermu terlalu dekat satu sama lain, bisa terkena damage juga.

Ke atas dulu untuk mengambil peti. Lalu ke kiri naik lift, ke kiri lagi untuk mengambil peti. Keluarlah dari kanan dan Topazion ada di sebelah barat.

Musuh juga bertambah kuat, ada baiknya naikkan level karakter dulu ke sekitar 30+ karena pertarungan boss berikutnya akan merepotkan, sekalian mengisi RP. Lalu untuk senjata, kamu butuh yang menambah Max HP. Aksesori yang dibutuhkan adalah Amethyst dan Amulet tipe Fire dan Wind.

Topazion
Masuki Topazion dan bicaralah dengan Luze dan Saura. Keluarlah dan sekarang kamu harus ke ujung timur ke arah pantai. Untuk pertarungan ini, kamu boleh kalah. Namun kamu tidak akan mendapatkan Rufunga. Kalau mau cobalah sengaja kalah dan lihat event­-nya, sekalian mempelajari gerak-gerik mereka di pertarungan. Setelah itu load kembali, kita tidak mau kalah dari mereka bukan?

Boss: Blonde, Real Diva, Sexy Woman
Pertarungan 3 vs 3. Periksa dulu kedua Raystone, kalau keduanya adalah Water, lanjut dan jangan hancurkan. Tapi kalau ada yang Wind, load kembali. Yang harus kamu kalahkan pertama kali adalah si Blonde karena di giliran kelima dia akan memanggil Girtab, dan jangan lupa kalau mereka bisa Trinity Act juga.
Untuk giliran pertama, ntah kenapa mereka selalu menyerang Ryfia dengan Trinity Act, jadi Ryfia cukup Defend di giliran ini. Lalu atur L’Arc/Rastan menyerang Blonde dan pulihkan Ryfia setelahnya.
Giliran kedua dan ketiga, saya memanggil Gula lalu Trinity Act yang langsung mengalahkan si Blonde. Sisa 2 orang lagi, sebaiknya mengincar Real Diva dulu.

Selamat, Rufunga telah kamu dapatkan! Kembalilah ke Topazion dan beristirahatlah di Inn. Keluar dan sekarang ke Jada yang ada di selatan lalu masuki Dragon Prison.


Dragon Prison
Di B1 ada optional bosss yang bisa kamu lawan. Dapatkan senjata Murakumo setelah mengalahkannya dan gunakan untuk pertarungan boss nantinya. Sekarang ke lantai teratas lalu ambil jalan bawah dulu yang terdapat 2 peti. Persiapkan Wind Magic Lvl 2 kalau ada untuk pertarungan boss di kanan.

Boss: Weiss
Persiapkan Revive Bottle yang banyak karena kemungkinan karaktermu akan sering mati. Pertarungan ini tidak sulit. Kalau karaktermu sekarat, panggil Rufunga bila perlu.

Bicara dengan semua temanmu untuk event. Setelah itu masuki Ebur yang ada di tenggara dan kunjungi area utara untuk event, lalu kembali lagi ke Lightship. Gula Church Ruins ada di barat-daya.


Gula Church Ruins
Ambil peti di kanan dulu lalu ke pintu atas yang akan membawamu ke B1. Periksa kilauan untuk event. Ikuti jalan sampai di percabangan, ke kiri dan kanan dulu lalu kembali ke pintu tengah dan kamu akan tiba di B2.

Ikuti jalan dan hiraukan saja tombol abu di lantai. Di B1, jalan pertama ke kiri terdapat peti dan Yellow Bracelet. Gunakan pada pintu yang kamu lewatin tadi untuk peti.

Pintu selanjutnya berisi musuh, jadi ambil jalan di ujung dan sebelum membuka pintu terakhir, persiapkan karaktermu dulu. Gunakan senjata Balmung dan Amulet tipe Fire dan Wind.

Boss: Kanher
Pertarungan yang mudah, serang saja dengan Trinity Act.

Di luar, kamu akan memasuki pertarungan yang tidak bisa dimenangkan. Tapi kamu bisa mencuri 2 Gem Shards darinya. Setelah event, bicara kembali dengan Grantz dan kembalilah ke Lightship.


Exploring the World
Kini kamu bebas menjelajahi World Map, mari kumpulkan kostum dulu. Terbanglah ke Carbunculus dan menginaplah di Inn untuk mendapatkan Silk Pajamas. Dari Kopin Village, ke arah timur dan berhenti di dataran tinggi, Mystery Warrior (Gambar 4) ada di bagian timur.

Dari sini, terbanglah ke utara dan kamu akan melihat air terjun (tepatnya ada di barat-daya Antrax Parish). Berhentilah di sisi barat dan cari di sekitar sana untuk menemukan Mystery Gown (Gambar 5). Terbanglah sedikit ke timur-laut dari Diamant Royal City dan lihatlah ada area dalam lingkaran. Mystery Gunner (Gambar 6) ada di sana.

Kunjungi kota baru sebentar untuk membeli equipment dan kostum baru. Opalus ada di pulau bersalju di barat-laut, lokasinya ada di tenggara pulau tersebut. Masuki rumah di kiri atas untuk mendapatkan River Shard. Vendor sekarang telah menjual High Liquid, belilah yang banyak untuk pertarungan boss. Di area selanjutnya, periksa boneka salju di bagian kanan untuk Gale Shard.

Di barat Opalus sedikit ke utara ada Waxing Crescent Inn. Periksa tong di kanan untuk Flood Shard. Nomad Son ada di dalam. Tempat selanjutnya ada Ferris yang ada di pulau gurun di barat-daya. Lokasinya ada di barat-laut dari pulau itu. Beli juga equipment baru di sana.

Di tenggara pulau tersebut ada Old Moon Inn. Kembali ke Gauss Tunnel dan masuk dari selatan. Ke area kedua di kiri dan hancurkan dinding bagian kiri untuk menemukan senjata Interrupter. Di selatan Jada ada pulau yang dikelilingi gunung, mendaratlah dan ambil Gem Shard di bagian barat. Sering-seringlah cek kembali tempat ini untuk mendapatkan Gem Shard lagi!

Dari Jada, terbanglah ke pulau di barat-laut untuk menemukan New Moon Inn. Nomad Son ada di gubuk. Sekarang, sebaiknya leveling senjata yang baru dibeli tadi dan sekalian mengumpulkan Gem Shards dulu. Selesaiin juga quests, atau bermainlah di Arena dan Casino di Carbunculus.

Kembali ke tujuan utama, sekarang kamu harus memilih 1 dari 4 Rogress yang ada. Berikut ini daftar Rogress.
Papirusagu (+SPD, +Wind RES, -Earth RES, Wind damage to all enemies) - Zeifellt Holy Tower
Banchu (+DEF, -ATK, Physical Immunity effect on all allies) - Ruins of Hilbert
Urgula (+ATK, -Fire RES, -Water RES, Fire damage to all enemies) - Ellgode Volcano
Squill (+RES, Water RES, -Fire RES, Water damage to all enemies) - Soliton Caves

Kalau sudah menemukan mana yang kamu inginkan, silakan ikuti walkthrough di bawah sesuai dengan tempat yang kamu kunjungi. Jangan khawatir karena di akhir nanti, semua Rogress yang tersisa akan menjadi milikmu. Setelah mendapatkan Rogress pilihanmu, kembali ke Lightship untuk event dan terbanglah ke Opalus.


Papirusagu: Zeifellt Holy Tower
Persiapkan senjata dengan efek Earth dan Amulet tipe Wind. Zeifellt ada di daerah gurun di barat-daya, terdapat di sebelah timur-laut Old Moon Inn.

Naik tangga sampai di paling atas, ke kiri dulu untuk peti. Teruskan mengambil tangga ke bawah, di sebelah kanan pintu ada optional bosss yang cukup kuat. Dapatkan senjata Anti-Coder setelah mengalahkannya. Teruskan ke area selanjutnya.

Di depan lift atau di belakang dinding hijau, ada peti tersembunyi yang berisi senjata Trismegistos. Dekati lift untuk event, lalu ke kiri dulu untuk peti. Ke kanan dan periksa kilauan lalu kembalilah ke area pertama. Saat di lantai atas, ke kanan untuk menemukan barang yang dicari, lalu kembali lagi ke tempat tadi. Kembali ke lift untuk event.

Sekarang, kamu harus cepat ke atas duluan. Hindari pertarungan dan peti dulu. Dari lift, ikuti tangga kanan, kanan, kanan, kanan, kiri, kanan, kiri, kiri, kiri, kanan, kanan. Kalau lift tadi telah sampai duluan, berarti kamu gagal. Load dan ulang kembali. Kalau berhasil, persiapkan karaktermu sebelum menggunakan portal, ambil dulu peti dan peta di kedua sisi.

Boss: Papirusagu
Pertarungan yang mudah. Gunakan Geo Impact Trinity Act dengan Excel Act terkuatmu yang memberikan 10.000 damage.

Kini kamu bisa mengambil peti yang dilewatkan di 10F, 8F, dan 3F. Atau cek peta saja.


Banchu: Ruins of Hilbert
Persiapkan senjata dengan efek Wind dan Amulet tipe Earth. Hilbert ada di tenggara Ferris. Ambil jalan atas dulu untuk peti baru ikuti jalan yang kamu lewatkan tadi. Sebelum ke peti itu kamu akan menemukan optional bosss kodok yang bisa kamu lawan. Kalau bukan dia, lawan dulu musuh biasa lalu keluar ke World Map dan masuk lagi. Teruskan ke area selanjutnya.

Ada 2 peti di sini lalu ada event dan setuju untuk membantu, lalu kembali ke area pertama dan masuki pertarungan. Setelah itu teruskan perjalanan sampai tiba di  Nobleman Zone. Ada peti di bawah, teruskan perjalanan melalui jalan atas dan saat di percabangan, ke kiri dulu untuk peti. Sebelumnya kamu harus lawan musuh dulu.

Di area selanjutnya di peti kedua, periksa dinding kanan untuk menemukan Feldragon. Sekarang jalan terus ke kanan dan kamu akan menemukan Feldragon yang lain lalu kembali lagi ke Feldragon sebelumnya. Sekarang kamu bisa mengambil peti di belakangnya. Ikuti jalan dan save.

Boss: Banchu
Pencarkan karaktermu. Kalau dia menggunakan perisai, serang aja dengan chained magic apa saja karena dia lemah terhadap semua elemen.


Urgula: Ellgode Volcano
Persiapkan senjata dengan efek Water dan Amulet tipe Fire. Volcano ada di timur Carbunculus. Jalan terus sampai di percabangan, ada peti di jalan kiri. Teruskan ke area selanjutnya. Jalan terus ke kanan sampai kamu menemukan peti berisi Speed Potion.

Kembali sedikit ke kiri lalu teruskan ke atas hancurkan batu, ada peti di bagian paling atas sebelum ke kanan lalu ambil peti yang kamu lihat barusan. Di percabangan, ambil jalan kanan ke Bloodline Pass. Hiraukan semua peti di sini atau kamu akan didahului oleh rivalmu. Ambil jalan kanan, kiri, kanan untuk ke Blazing Bridge.

Ambil jalan tengah dan akan ada event. Cek percakapan yang ada, kalau mereka masih di belakangmu, berarti aman. Kalau sebaliknya berarti gagal dan load kembali. Di sini kamu harus jalan agar tidak terjatuh atau kamu akan didahului mereka. Dorong stick kamu dengan pelan untuk berjalan menyeberangi 3 jembatan. Setelah menyeberang, teruskan ke kiri lalu kanan lagi, ada Save Point.

Boss: Urgula
Kalau dia menggunakan Valiant Wave, jangan menyerang dengan Trinity Act di giliran berikutnya, cukup serangan biasa saja.

Kembali ke Blazing Bridge dan sekarang kamu bisa mengambil peti dan juga peta. Untuk peti yang di bawah belum bisa kamu ambil dan kamu bisa melawan optional bosss yang ada di bawah. Dapatkan senjata Executioner setelah mengalahkannya. Cek peta, sekarang ambil semua peti di Bloodline Pass dan Flagrant Valley lalu keluarlah dari sini.


Squill: Soliton Caves
Persiapkan senjata dengan efek Fire dan Amulet tipe Water. Soliton ada di timur-laut. Ikuti jalan ke area kedua, lalu ke kanan untuk ambil peti dan teruskan ke ujung kanan untuk menemukan 3 peti lagi.

Kembali ke area sebelumnya dan seberangi batu lagi lalu teruskan ke atas sampai tiba di area Blue Waterfall. Hancurkan batu di atas sebelum Save Point untuk menemukan peti. Di Crossroads, ke kiri bawah untuk mengambil peta lalu teruskan ke kanan.

Boss: Squill
Hancurkan kedua Raystone dan gunakan chained magic api padanya. Menangkan pertarungan ini dan Squill akan menjadi milikmu. Kalau kamu terlalu lama, pertarungan akan berakhir dan kamu gagal mendapatkan Squill.


Opalus
Ke ujung utara untuk event lalu masuki bangunan di depanmu untuk event lagi. Pergilah ke Carbunculus dan kunjungi Republic Senate. Setelah event dengan Shelly, kembalilah ke Opalus untuk event lagi. Temui Elliot kembali dan tujuanmu sekarang adalah Resolvent Iceberg yang ada di barat.


Resolvent Iceberg
Ada peti di tangga terdekat lalu kamu akan memasuki pertarungan. Sebelum naik tangga kedua, ada peti di bagian kanan. Teruskan ke area selanjutnya.

Di area yang licin, ke atas-kiri-bawah-kanan-atas-kiri dan ambil peti. Ke kanan lalu atas dan masuki pertarungan. Lanjut ke bawah-kiri-atas-kiri untuk peti lagi. Lalu kanan-bawah-kiri untuk kembali ke awal. Sekarang ke atas-kanan-atas, naik, dan ke kanan dulu untuk peti.

Di area selanjutnya, gunakan tangga terdekat untuk mengambil peti. Teruskan ke kanan untuk event dan pertarungan. Kembali ke bawah dan bicara dengan Rastan lalu masuki pertarungan lagi. Setelah itu kembali ke kanan untuk event. Keluarlah dari sini dan kembali ke Opalus.

Temui Elliot dan sekarang kembali ke masalah Rogress. Pilih dan kunjungi Rogress terakhir yang kamu inginkan. Untuk walkthrough silakan cek kembali di atas. Setelah mendapatkan Rogress dan sebelum keluar dari dungeon, persiapkan L’Arc, Serge, dan Rastan dengan Amulet tipe Fire, lalu senjata tipe Dragon. Keluarlah dan lawan boss lagi.

Boss: Allocer
Gunakan Trinity Act + chained magic dan jaga HP tetap tinggi.

Sekarang pergilah ke Half Moon Inn yang ada di timur-laut Carbunculus. Setelah event, pergilah ke Carbunculus dan kunjungi Industrial Area untuk event. Tujuanmu selanjutnya adalah Benetnasch.


Benetnasch City
Kunjungi area Cathedral untuk event lalu temui Ryfia di area pertama. Temui yang lain di bagian tengah untuk event lalu kembalilah ke Cathedral untuk event lagi. Sekarang, balik lagi ke Carbunculus menuju Republic Senate. Pastikan save dulu.


Senate
Turunlah dan ikuti jalan saja sampai di Execution Area. Sebelum masuk, persiapkan karaktermu dengan Weapon Piece yang Defend atau Block apa saja dan SP Auto-Cure.

Boss: Paula & Luna
Ada 3 Raystone yang harus kamu hancurkan. Mereka berdua masing-masing memiliki 2 Gem Shards, jadi curilah. Pencarkan karaktermu, fokuskan dan habisi 1 orang dulu. Dengan 2x Trinity Act bisa mengalahkan 1 orang. Sebaiknya jaga HP tetap tinggi karena Magical Gemini mereka bisa membunuh semua karaktermu dalam sekejap.

Keluar dari sini dan temui Shelly di atas. Temui Angie di rumahnya (Douglas Family) yang ada di Artists’ Zone. Lalu temui Leslie di pintu masuk kota dan kembalilah ke Senate. Keenam karaktermu yang sekarang kini adalah karakter tetap dan tidak akan ganti lagi! Karakter tetapku adalah L’Arc, Serge, dan Leslie.

Pergilah ke Antrax Parish dulu dan menginaplah di Inn untuk mendapatkan Sophia’s No.3. Ingat kapal yang saat pertama kali bertemu dengan Serge? Kapal itu ada di barat Antrax, bicaralah dengan Kopin di sana untuk mendapatkan Tropical Bikini. Sekarang pergilah ke Diamant.


Diamant Royal City
Pergilah ke kastil dan kamu akan tiba di Dungeons. Naik dan ambil senjata Hauteclaire yang ada di belakangmu atau dekat tong. Keluar dari ruangan ini dan masuki pertarungan. Naiklah dan ke Throne Hall untuk event.

Sekarang pergilah ke Martial School, lalu temui Weiss kembali keesokan harinya. Kembali ke Shelly di Carbunculus dan kamu akan tiba di Batrachites. Setelah pertarungan, ke kanan untuk event dan lawan musuh. Teruskan ke bawah untuk event lagi.

Keluar dan terbanglah ke Diamant, di tengah-tengah atau timur Diamant kamu akan melihat sebuah pesawat, dekati untuk event.


Flagship Percival
Di kiri atas ada Firestorm Gem, turun dan ikuti jalan saja sampai di percabangan, ada peti di kiri. Tinggal ikuti jalan saja dan di percabangan sebelum lift, ke kiri untuk mengambil senjata The Chaser. Gunakan lift dan event.

Kembali gunakan lift untuk mengambil senjata Iskandar dan keluarlah dari sini. Pergilah ke Benetnasch dan kunjungi Cathedral untuk event. Tujuanmu sekarang adalah Zeifellt Holy Tower di barat-daya.


Zeifellt Holy Tower
Silakan ikuti walkthrough di atas saat sedang memburu Rogress. Tujuanmu adalah ke Control Room, tempat melawan Papirusagu. Periksalah tombol di sekeliling lift untuk event.

Ke kanan bawah dan dengar pembicaraan yang ada, lalu teruskan ke kiri, dan masuki pintu di kiri bawah. Keluar dan masuki pintu besar tempat kamu memulai. Ke kanan untuk mendengar pembicaraan, lalu temui Ryfia di depan. Teruskan ke depan lagi.

Keluar dari sini dan pergilah ke Ferris yang ada di barat-laut dari sini. Masuki Inn untuk event. Sekarang ada equipment baru di beberapa kota: Ferris, Batrachites, Ebur, Diamant, Jada, Antrax. Ruins of Hilbert ada di tenggara. Persiapkan Revive Bottle dan High Liquid yang banyak dan juga disarankan Lv.45+.


Ruins of Hilbert
Silakan ikuti walkthrough di atas saat sedang memburu Rogress. Di area Vast Cavern, sebelum melanjutkan lebih jauh, persiapkan karakter dengan Amulet tipe Thunder (Water + Wind). Weapon Piece yang disarankah adalah Defend atau Block apa saja dan yang menambah Max HP.

Boss: Clyde
Segera singkirkan prajurit dulu, saran saya langsung pake Rogress saja karena kamu tahu sendiri betapa menyebalkannya mereka. Pencarkan juga karaktermu secepatnya lalu curilah 2 Gem Shards darinya.

Setelah itu ambil jalan atas lalu ke kanan, bukan kiri atas. Ada peti di reruntuhan kiri, lalu ke kanan dulu dan periksa batu untuk Resist Leaf. Periksa senjata Chaa-Kuu di atasnya lalu ambil peti. Selanjutnya dekati prajurit untuk event. Ambil peti yang ada di kanan meja dan keluarlah dari sini.

Kembali ke Ferris dan masuki Inn untuk event. Pergilah ke Republic Senate di Carbunculus dan masuki Conference Hall di lantai atas untuk event. Ellgode Volcano ada di sebelah timur.


Ellgode Volcano
Silakan ikuti walkthrough di atas saat sedang memburu Rogress. Tujuanmu adalah ke area Hall of Bonding untuk event lalu keluarlah dari sini dan pergilah ke Soliton Caves yang ada di utara dari sini.

Sebelumnya, pergilah ke Carbunculus dan kunjungi rumah Shelly (Greenhill Estate) di Industrial Area untuk mendapatkan 6 kostum baru.


Soliton Caves
Silakan ikuti walkthrough di atas saat sedang memburu Rogress. Sebelumnya, pakaikan Amulet tipe Water dan senjata tipe Fire pada karaktermu karena boss telah menunggu di area Fluorite Path.

Boss: Emeraldas
Seperti biasa, pencarka karaktermu. Saat dia menggunakan Magical Shell, jangan menyerangnya dengan Magic di giliran selanjutnya.

Di bagian bawah Fluorite Path, terdapat optional bosss yang bisa kamu lawan. Disarankan lawan nanti saja kalau karaktermu sudah kuat karena dia memiliki pertahanan dan serangan yang tinggi. Teruskan sampai di Blue Waterfall dan ikuti event. Setelah selesai, keluarlah dari sini dan pergilah ke Diamant. Sebelumnya, pergilah ke rumah Shelly untuk mendapatkan 4 kostum baru.


Diamant Royal City
Setelah mendapatkan Freya’s Pass, kunjungi lagi rumah Shelly di Carbunculus sekarang juga untuk mendapatkan 7 kostum baru.

Kembali ke Diamant, pergilah ke Industrial Zone dan bicara dengan pria yang ada di bagian kiri atas untuk River Shard. Di Castle Diamant di bagian kiri dekat Lightship, bicara dengan orang di sana untuk Terra Shard. Masuki kastil dan ke area Regent’s Pass dulu di utara, kunjungi kamar kiri untuk mendapatkan kostum Weiss’ Garb. Sekarang ke Throne Hall yang ada di lantai atas.

Boss: Blonde, Real Diva, Clyde
Pertarungan ini akan berakhir dengan sendirinya setelah 6 giliran. Jadi bertahan saja. Di giliran pertama, Defend lalu heal. Giliran kedua, hidupkan karakter dan heal. Giliran ketiga, Defend lalu heal. Giliran keempat, Defend saja. Giliran kelima, Defend lalu heal semua karakter. Giliran keenam, Defend.

Kunjungi rumah Shelly lagi untuk mendapatkan 2 kostum baru dan stok item kamu. Lascarde Skywalk ada di timur-laut.


Lascarde Skywalk
Ke kiri lalu di bawah ada peti, gunakan lift untuk ke area selanjutnya. Bicara dengan pria terdekat yang akan memberimu peta. Di sebelah kanan ada toko yang menjual equipment baru. Masuki pintu besar di tengah dan ke ujung lalu kembali ke bawah untuk event di Meeting Room.

Setelah itu, siapkan karaktermu dulu. Bawa Leslie ke pertarungan dengan senjata yang baru dibeli yang menambah Max HP 2000! SP Auto-Cure juga direkomendasi. Lalu Amulet yang dibutuhkan adalah Fire dan Earth. Pastikan memiliki Dispel Magic (Dark Lvl 2). Ke bawah dan lawan Ignacy bersama Alf.

Boss: Ignacy
Curi 2 Gem Shards darinya. Hati-hati dia bisa menahan dan memantulkan serangan fisik. Berdoalah supaya dia tidak memantulkan serangan saat kamu menggunakan Trinity Act. Kalau Ignacy buff dirinya sendiri, segera hapus dengan Dispel Magic. Dengan bantuan Alf, dia tidak akan sulit.

Pulihkan dirimu dan kembali ke area pertama, sekarang gunakan lift sebelah kanan. Tekan tombol di ujung atas dan gunakan jalan yang baru terbuka tadi. Di persimpangan, ke kanan dan tekan tombol lagi lalu balik ke area awal dan ke kanan bawah tekan tombol. Kembali ke Guarded Area dan teruskan ke atas, ambil dulu peti yang di kiri.

Ikuti jalan sampai kamu tiba di Save Point. Ada 4 tombol di sini yang harus kamu tekan untuk meneruskan perjalanan dan jangan lupa ambil peta di kiri atas. Sebelum meneruskan, pakaikan Amulet tipe Light (Fire + Wind) dan Block Silence direkomendasi.

Boss: Hosea
Curi 2 Gem Shards darinya. Pertarungan ini tidak terlalu sulit. Gunakan Dispel Magic kalau dia buff. Pencarkan karakter dan jaga HP tetap tinggi.

Kembali ke area Near Comm Room dan masuki ruangan yang di tengah (cek peta) untuk event. Gunakan lift di kanan untuk event lagi. Kembali ke Airport dan gunakan lift kiri untuk event, lalu kembali ke lift kanan untuk event lagi dan keluarlah dari sini.


Exploring the World
Kunjungi Carbunculus dan masuki rumah di sebelah rumah Angie untuk mendapatkan kostum Republic Officer. Ke Benetnasch di area Cathedral Road, masuki rumah di kanan bawah dan dapatkan kostum Ciel’s Dress.

Di barat Jada ada pulau area yang dikelilingi gunung, di bagian selatannya ada kostum Mystery Witch (Gambar 7). Di utara Opalus, periksa area es untuk kostum Mystery Witch (Gambar 8). Lalu di selatan Carbunculus ada pulau berbentuk huruf L, di dataran tinggi sebelah utara ada kostum Mystery Garb (Gambar 9).

Sekarang ini ada sejumlah quest baru. Selesaikan Mysterious Request untuk membuka lokasi Kopin Secret Village yang ada di Retea Forest, dan Kopin kamu juga akan mempelajari jurus baru. Ingat bola putih yang kamu temui di Olquina Sub-Shrine dan Ellgode Volcano? Pergilah ke dua lokasi itu untuk mengambil item. Di Ellgode Volcano ada 2 bola putih. Musuh Cu-sith yang ada di Olquina Sub-Shrine merupakan musuh yang cocok buat leveling saat ini.

Selanjutnya selesaikan Archaic Relic 1 untuk meng-upgrade Lightship dimana kamu bisa langsung memanggilnya tanpa perlu ke lokasinya lagi. Untuk Archaic Relic 2, lokasi yang dimaksud adalah Olquina Sub-Shrine B3. Kali ini kamu bisa mendarat di gurun dan juga ada fungsi Autopilot, anggap saja teleport.

Kembali ke Throne Hall di Castle Diamant, ada senjata The Holy Noire. Di Regent’s Pass, masuki kamar kanan untuk bertemu dengan Freya dan dapatkan senjata Bennex.

Lokasi Gem Shards:
Topazion - Gale Shard dari prajurit
Diamant - Port Zone - Flood Shard dari cewek
Antrax Parish - Residentials - Inferno Shard dari prajurit
Opalus - Snowy Stones - Gale Shard dari cewek di utara

Lokasi optional bossses:
Retea Forest - Deep Forest
Kudoan: Waxing Crescent Inn
Mashgar: Pergilah ke air terjun di barat-daya Antrax dan Mashgar akan muncul. Selanjutnya kamu perlu kejar dia.
Resolvent Iceberg - Permafrost Wall dan Snowy Altar
Ada lokasi baru yang bisa kamu jelajahi dan tempat yang cocok untuk leveling, tapi masih mudahan Cu-sith. Kamu bisa mencuri Full Liquid dan Revive Full dari serigala. Di ujung jalan (Snowy Altar) kamu akan bertemu dengan Allul yang bisa dilawan setelah kamu mengalahkan Kudoan dan Mashgar. Kalahkan ketiga Rogress dan mereka akan menjadi milikmu!

Rogress Battle: Kudoan
Pakai Amulet tipe Fire, Water, dan Wind. Block Magical, Block Physical, dan HP2000 disarankan di pertarungan ini, dan level sebaiknya 55+. Bawa juga High Liquid yang banyak dan pastikan memiliki Dispel Magic, gunakan setiap kali dia buff. Di sini saya memakai taktik bertahan: semua karakter Defend di akhir giliran setelah beraksi. Cara ini memang memakan waktu, tapi aman. Gunakan Excel Trinity dengan memakai Excel Art terkuatmu yang bisa menimbulkan 30.000 damage.

Rogress Battle: Mashgar
Pakai Amulet tipe Water dan Wind, dan juga aksesori yang baru kamu dapatkan dari Kudoan, Horn of Wit. Taktik bertahan tidak begitu berguna karena dia memiliki Block Defense yang membuat pertarungan ini jauh lebih merepotkan dari Kudoan. Heal tiap giliran dan pencarkan karaktermu sejauh mungkin. Pokoknya Defend saja kalau dia akan memakai Excel Act dan berdoalah semoga tidak Block Defense.

Rogress Battle: Allul
Pakai Amulet tipe Water dan Earth. Persiapan pertarungan sama seperti sebelumnya, dan jangan memanggil Rogress di pertarungan ini. Allul lebih menyebalkan dari Mashgar. Perhatikan icon gilirannya sebelum kamu beraksi. Lalu jangan lupa berdoa supaya dia tidak Block Defense. Selanjutnya, kamu seharusnya sudah tahu apa yang harus dilakukan, jadi saya hanya bisa bilang: “Good Luck!”



Verct Skywalk
Ada senjata Tyrfing di ujung kanan. Kembali dan ambil jalan atas lalu ke kanan dulu untuk mengambil peti. Selanjutnya ke kiri dan persiapkan karaktermu dengan Amulet tipe Fire dan Earth, SP Auto-Cure sangat direkomendasikan. Lalu siapkan juga Cure Sickness.

Boss: Dynos
Curi 2 Gem Shards darinya. Sebaiknya habisi Erebus setiap kali Dynos memanggilnya. Gunakan chained magic (Wind Lvl 3 atau Lvl 4) pada mereka berdua.

Kembali ke awal untuk save dan ke kota beli item dulu bila perlu. Teruskan perjalanan sampai event, lalu teruskan ke atas dan hiraukan jalan kiri dulu untuk bertemu dengan optional bosss di sudut. Kalau bukan, cobalah kembali nantinya. Dapatkan senjata Caladbolg setelah mengalahkannya. Jalan di kiri boss itu ada peti lalu kembali ke jalan sebelumnya. Persiapkan dulu Amulet tipe Water dan Wind, lalu lanjut ke kiri.

Boss: Clyde
Curi 2 Gem Shards darinya. Serang saja dengan serangan andalanmu.

Di sebelah kanan pintu ada peta. Masuklah dan save, atau kembali ke area pertama untuk heal dan stok item lagi bila perlu. Bos selanjutnya memiliki semua elemen Magic, saran saya fokus ke pertahanan fisik saja. SP Auto-Cure sangat direkomendasikan.

Boss: Blonde
Kali ini tenang saja karena dia tidak bisa memanggil Rogress lagi. Gunakan taktik bertahan di pertarungan ini. Tetap jaga HP selalu tinggi untuk menghindari serangannya. Vision of Real bisa memberikan status buruk padamu, segera hilangkan dengan Cure All. Perhatikan saja icon gilirannya.

Sekarang semua Rogress telah menjadi milikmu. Keluar dan pergilah ke Carbunculus. Kunjungi rumah Shelly dulu untuk 2 kostum baru. Ke Republic Senate dan masuki Senate Laboratory untuk event.

Sebelum kembali ke Diamant, terbanglah ke barat-daya Antrax yang ada air terjunnya. Di dataran yang agak rendah sebelah timurnya ada kostum Wood Robes (Gambar 10).


Diamant Royal City
Kunjungi rumah L’Arc, lalu cari dan bicara dengan semua temanmu. Cecille ada di luar, Rastan ada di dekat lift, Serge ada di Fountain Square, Leslie dan Ryfia ada di Port Zone.

Rekomendasi level sebelum ke dungeon terakhir adalah 60+. Selesaikan semua quests yang ada, lawan semua optional bossses, miliki semua Magic Lvl 4, dll. Behemoth Horn untuk quest Rich and Capricious bisa didapatkan dari Behemoth di dungeon terakhir.


Holy Land of Noire
Kamu akan memasuki pertarungan yang tidak bisa dimenangkan. Setelah event, kamu hanya mengendalikan L’Arc seorang diri. Hindari pertarungan dulu sampai semuanya berkumpul kembali. Ikuti jalan ke kanan sampai event melawan musuh bersama Ryfia. Turuni tangga dan gunakan portal di ujung.

Jalan ke atas lalu kiri dan naik ke kiri lagi untuk mengambil peti. Turun kembali dan ambil jalan kiri bawah dan gunakan portal di ujung. Ikuti jalan dan Cecille akan bergabung kembali. Teruskan ke area selanjutnya. Di sebelah kanan dari musuh beruang ada peti. Teruskan ke atas dan ke kiri dulu untuk mengambil peti lalu lanjut ke kanan.

Dari musuh kura-kura raksasa, ada peti di kiri bawah. Kembali ke tengah dan Rastan akan bergabung kembali, disusul Leslie di area selanjutnya. Ikuti jalan saja sampai kamu bertemu Behemoth, di sebelah kanannya ada senjata Artemis Edge.

Setelah bertemu dengan Serge dan event dengan Allul (saya tidak tahu apakah ada perbedaan event kalau sudah/belum mendapatkan Allul), ke kiri dulu ambil peta dan portal di sana akan membawamu ke tempat awal. Terdapat 2 peti di sini (cek peta).

Kalau sudah siap untuk pertarungan terakhir, pergilah ke Hall of Choosing. SP Auto-Cure harus kamu gunakan di pertarungan terakhir, dan juga HP2000. Siapkan Cure All yang banyak.

Boss: Luze
Tenang saja, dia masih lebih mudah daripada Allul dan untungnya tidak memiliki Block Defense. Jadi kamu bisa menggunakan taktik bertahan. Dengan menggunakan Excel Trinity bisa memberikan 50.000 damage padanya. 


Final Boss: Eesa
Alf akan membantumu di pertarungan ini, jadi jangan kalah karena kini kamu berempat. Pencarkan dulu semua karaktermu baru mulai menyerang. Pokoknya jaga HP tetap tinggi agar bisa selamat Eesa’s Guidance miliknya. Selamat berjuang!

Save setelah credits dan sekarang kamu bisa berhadapan dengan 12 optional bossses, temanmu sendiri, dan karakter dari Luminous Arc! Dan bonus dungeon juga terbuka untukmu.

Lokasi optional bossses dari yang termudah dulu:
Nyx - Holy Land of Noire (Foyer of Ally)
Jack Lantern - Nabra Jungle (Decaying Hall)
Elizabeth - Jada (ada di belakang tembok dekat Save Point)
Epetam - Lascarde Skywalk (Control Center)
Benuu - Verct Skywalk (Halls of Coral)
Oceanus - Soliton Caves (Fluorite Path)
Mamon - Mandelro Coast (Hidden Docks)

Sisa 5 boss ada di Infinite Maze of Allwise yang ada di New Moon Inn. Terdapat 5 level yang harus kamu jelajahi dan karakter yang kamu kenal akan bergabung sebagai Guest! Setelah mengalahkan boss di akhir level, kamu bisa keluar dari portal di bawah untuk persiapan selanjutnya. Musuh-musuh di sini menjatuhkan Full Liquid dan Revive Full. Dua kostum terakhir, Azure Dress dan Azure Robes, ada di tempat ini. Bos terakhir di ujung jalan adalah Allwise.

Boss: Allwise
Pertarungan ini sebenarnya tidak sulit, hanya membutuhkan kesabaran yang tinggi dan memakan waktu yang sangat lama (±2 jam):
Siapkan 99 Mid Liquid dan High Liquid. Stok Full Liquid dan Revive Full harusnya sudah banyak. All Quick juga dibutuhkan.
Arm Forces yang disarankan adalah: Boost Force+ dan Anti-Force untuk penyerang utamamu; Boost Force dan Block Defense untuk penyerang kedua; sedangkan 1 lagi tugasnya menyembuhkan, berikan Save MP dan Faster Casting. Berikan Block Critical pada siapa saja.
Sisanya terserah kamu dan penangkal status buruk tidak dibutuhkan. Block Physical dan Magical juga tidak dibutuhkan.
Semua karakter sudah memiliki keempat Magic Lvl 4. Dia bisa menyerang dengan semua elemen, jadi aksesori Brithingamen yang baru kamu dapatkan tadi akan sangat membantu.
Pencarkan semua karakter. Untuk awalnya dia masih mudah dilukai, tapi setelah dia memulihkan dirinya sebanyak 100.000 HP (hanya sekali kok!), pertarungan yang sebenarnya baru dimulai. Oh ya tetap pakai taktik bertahan! Dan juga ingat gunakan Dispel kalau dia buff.
Mulai sekarang, dia akan lebih sering mengaktifkan Block/Reflect Physical/Magical, Master Mage, Deadly Strike, dll. Pulihkan diri dengan petarung kedua dan karakter ketiga. Petarung utamamu tetap menyerang, gunakan chained attack dan Excel Act. Damage yang kuberikan padanya tidak melebihi 3.000, kecuali kalau menggunakan Magic Lvl 4 (gunakan sesekali saja). Oh ya tidak perlu menggunakan Trinity Act.
Saatnya juga mulai menggunakan Regeneration dan Revival.
Siapkan cemilan untuk menemanimu dan selamat berjuang!

Dua tantangan baru di Arena:
Friends Forsaken: kamu akan melawan temanmu sendiri yang berada di belakang. Tips: kalahkan semuanya secara bersamaan karena mereka bisa saling menghidupkan! Disarankan menggunakan Earth/Wind Magic yang bisa menyerang area. Arm Forces yang wajib dipakai sama dengan saat melawan Allwise, hanya saja kali ini penangkal status buruk dibutuhkan. Saya sendiri tidak tahu apakah mereka terus-terusan akan menghidupkan, atau hanya “sekali” seperti saat melawan Radiant Rondo.
Radiant Rondo (selesaikan Infinite Maze of Allwise dulu): kamu akan melawan karakter dari Luminous Arc (Lucia, Vanessa, Saki). Untuk Arm Forces sama seperti sebelumnya, Deadly Strike tidak berguna di pertarungan ini. Pakai Amulet tipe Fire dan Wind. Dalam pertarungan ini, saya mengalahkan Lucia dulu baru Vanessa disusul Saki. Lucia bisa menghidupkan karakter dengan HP penuh, jadi incar dia dulu. Saki sendiri bisa menggunakan Full Liquid dan menghidupkan Lucia dan Vanessa dengan Revive Bottle, namun hanya sekali. Vanessa sendiri sepertinya tidak bisa menghidupkan yang lain (sepertinya loh!). Di sini kamu harus menghemat MP terutama Lvl 2 dan 3 (Regeneration dan Revive). Kamu harus bisa membaca situasi sendiri kapan harus menggunakan kedua Magic itu. Kalau bisa, cobalah kalahkan Lucia dan Saki bersamaan. Good Luck!


           

http://www.hotgame-online.com/home/read/114/arc-rise-fantasia/15 

Comments