TOP RPG GAME DI PS 1

1.LEGEND OF LEGAIA



Title : Legend Of Legaia
Developer : Contrail
Publisher : SCEI

Legend Of Legaia adalah salah satu RPG awal di PS1, dirilis tahun 1998 di Jepang, game ini langsung menyedot perhatian RPGer di seluruh dunia karena battle systemnya yang unik dimana pemain menginputkan perintah battle seperti pada game fighting.

Ceritanya berkisar petualangan Van, Noah, dan Gala untuk mengusir Seru yang menjadi agresif karena bersentuhan dengan Mist dengan menggunakan Ra-Seru (Seru yang memiliki afiliasi elemen) yang tertanam dalam tubuh mereka.

2.LUNAR SILVER STAR STORY


 Title : Lunar Silver Star Story
Developer : Game Arts
Publisher : Kadokawa Shoten (JAP), Working Design (US)

Lunar Silver Star Story adalah game RPG PS1 yang dirilis pada tahun 1998 di jepang dan 1999 di amerika, game ini cukup unik mengingat rata-rata game RPG pada tahun itu sudah menggunakan teknologi 3D sedangkan Lunar masih setia bergrafis 2D dengan FMV Anime, namun hal ini dapat ditutupi dengan story yang menarik, animasi yang bagus, dan musik yang menarik.

Cerita Lunar Silver Star Story berkisar pada cerita Alex dan Luna, sepasang teman sejak kecil yang berpetualang untuk mencegah Ghaleon menguasai dunia.

3.TALES OF DESTINY 2



Title : Tales Of Destiny II/Tales Of Eternia in japan
Developer : Wolfteam
Publisher : Namco

Tales Of Destiny II atau judul asli Jepangnya adalah Tales Of Eternia adalah sekuel dari Tales Of Phantasia dan Tales Of Destiny, game RPG ini mengusung sistem battle yang sangat unik, dimana pemain hanya mengendalikan 1 karakter dan seluruh skill serangan karakter tersebut dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol D-Pad dan tombol O-X-segitiga-kotak seperti halnya game fighting.

Perpaduan gambar 3D dan anime terlihat sangat menarik pada game ini, ditambah dengan sistem battle Linear Motion Battle System yang menambah kesan anime fightingnya.

Cerita di ToD II berkisar pada Rid Hershel dan kawan-kawannya yang berusaha menghentikan kehancuran dunia yang disebabkan bertabrakannya dua dunia, Inferia dan Celestia.

4.LEGEND OF DRAGOON

Title : Legend Of The Dragoon
Developer : SCEI
Publisher : SCEI

Salah satu game dengan grafis terbaik di PS1, juga dengan battle system yang unik karena sistem dragoon soul yang dapat mengubah karakter ke mode dragoon yang memiliki skill tersendiri yang tampilan efek skillnya sangat menawan.

Cerita LotD adalah kisah Dart dan kawan-kawan sesama Dragoon, ras pengendali naga yang dianggap telah punah untuk melawan Emperor Diaz dan Melbu Frahma yang hendak menghancurkan dunia.

5.FINAL FANTASY 9


Title : Final Fantasy IX
Developer : Squaresoft
Publisher : Squaresoft

Tema dari Final Fantasy IX ini adalah "Final Fantasy Classic" karena itu, hampir semua sistem dalam Final Fantasy IX ini mirip dengan sistem pada FF-FF sebelum FFVII, misalnya sistem Trance yang menggantikan Limit Break juga ada di FFVI dengan nama berbeda, sistem kristal juga mengadopsi sistem kristal FFIII-V.

Cerita FFIX ini berkisar pada Zidane Tribal, seorang pencuri dari kelompok Tantalus yang berencana menculik putri Garnet dari kerajaan Alexandria, setelah menculik Garnet, Zidane dan Garnet terlibat dalam petualangan yang berujung pada kenyataan bahwa selama ini Alexandria yang dipimpin oleh ibu angkat Garnet yaitu Brahne telah diperalat oleh Kuja yang dikendalikan oleh Necron untuk menghancurkan kehidupan di Gaia (dunia dalam FFIX).

6.STAR OCEAN


Title : Star Ocean The Second Story
Developer : Tri-Ace
Publisher : Enix

Dengan tampilan yang agak mirip Tales of Destiny II, sekuel dari Star Ocean ini tampil sangat menarik dengan banyak sistem baru yang inovatif, seperti sistem battle yang super brutal (karena saat battle dapat terjadi efek ledakan dan cahaya dimana-mana) dan sistem speciality yang belum pernah ada di game RPG saat itu.

Cerita berkisar pada Claude C. Kenni, anak dari Ronixis (Star Ocean) dan Rena Lanford yang berusaha menyelamatkan planet Expel dari kehancuran yang disebabkan oleh sebuah organisasi villain bernama The Ten Wise Men.

7.FINAL FANTASY 7

Title : Final Fantasy VII
Developer : Squaresoft
Publisher :Squaresoft

Game RPG terlaris di PS1 dengan total penjualan mencapai 9.9 juta kopi di seluruh dunia, memiliki sistem battle yang tampak tidak banyak berubah dari FFVI meski perubahan terbesar yang juga dianggap sebagai evolusi penting dari seri FF dan seluruh game RPG adalah perubahan grafis dari 2D ke 3D.

Dengan sistem materia yang menarik dan mungkin sistem terbaik dalam sejarah FF (dengan setting materia tertentu anda dapat mengalahkan boss terakhir tanpa menyentuh joystick sekalipun, dan saya sudah membuktikannya sendiri) dan juga sistem Limit Break yang merupakan evolusi dari sistem sejenis di FFVI, ada pula kelebihan FFVII yang lain adalah mini game nya yang banyak dan menarik (bahkan salah satu game di FFVII yaitu Chocobo Race dibuatkan game tersendiri dengan judul Chocobo Racing).

Daya tarik utama FFVII adalah storyline, ya, storyline FFVII begitu dalam dan menarik untuk diikuti, hal ini pula yang membuat Square Enix merilis FFVII Compilation yang berupa film FFVII Advent Children dan beberapa game baru yang masih berhubungan dengan FFVII.


8.XENOGEARS

Title : Xenogears
Developer : Squaresoft
Publisher : Squaresoft

Keunikan Xenogears adalah bahwa game ini adalah episode keenam dari rangkaian cerita Xenosaga yang dibuatkan game untuk PS2, bercerita tentang Fei Fong Wong yang berusaha mengetahui kenyataan dari konspirasi Ministry Of Gazel yang menyembunyikan kebenaran dunia yang sebenarnya.

Sistem unik yang ditawarkan Xenogears adalah tentu saja Gear Battle, dimana pemain dapat melakukan battle di atas robot raksasa yang disebut Gear, bahkan beberapa bagian dari game membutuhkan kontrol Gears pada field (non-battle).

Cerita yang sangat kompleks menjadi poin plus bagi game ini, mulai dari konspirasi Ministry Of Gazel, kenyataan Deus dan keberadaan manusia, silsilah Fei dan Elly, semuanya terangkai rapi dalam Xenogears, bahkan ada yang mengatakan : bila kita melihat Xenogears dari storyline, maka ia adalah seperti sebuah lukisan indah, namun bila melihat dari segi grafis, maka Xenogears tak ubahnya seperti gambar anak SD.




Title : Chrono Cross
Developer : Squaresoft
Publisher : Squaresoft

Indah, adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Chrono Cross, sekuel dari Chrono Trigger ini memang menawarkan grafis luar biasa (bahkan melebihi FFVIII) dengan game environment yang penuh warna-warna cerah, dari segi musik pun, Yasunori Mitsuda menggarap musik Chrono Cross dengan sangat apik dan indah.

Meski indah di mata, namun banyak yang beranggapan Chrono Cross adalah salah satu game tersulit, karena banyaknya karakter yang bisa direkrut dapat membuat pemain ketinggalan merekrut pemain (mirip FFVI) dan juga beberapa boss yang sulit dikalahkan (misal : Dario, saya butuh 3 hari untuk akhirnya dapat mengalahkan Dario).

Kisahnya tentang Serge dan Kid yang berusaha menyelamatkan dua dimensi dunia dari kehancuran yang disebabkan oleh FATE dan Time Devourer.

Meski tidak berhubungan secara langsung, tetapi para karakter dari Chrono Trigger juga muncul di seri ini sebagai cameo.

11.SUIKODEN 2
 Title : suikoden 2
developer : konami
publisher : konami

suikoden 2 merupakan game yang unik,dengan ratusan karakter yang bisa dipilih di dalamnya,melengkapi castle dan pasukan serta beberapa mini game unik lainnya dan merupakan sekuel dari suikoden 1

cerita berfokus pada sepasang sahabat karib hero dan  jowy yang bertahan hidup dalam serangan highland army dan disaat itu mereka ditakdirkan mewarisi pecahan dari rune of beggining yang membuat mereka harus saling bermusuhan dan membunuh demi bersatunya pecahan rune mereka menjadi rune of beggining

Comments

  1. Game chrono cross menurut aku sih rpg paling gampang soalnya ga ada random battle, persentase kaburnya 100%, dll.
    cuman dari segi guidenya yang agak ribet soalnya ada beberapa jalan cerita kalo milih merekrut beberapa karakter berbeda.
    boss paling sulit klo menurut aku Chriosphinx di earth dragon isle soalnya hpnya tinggi bgt, punya serangan yelow magic dan serangan pisik yg kuat. kalo lawan dario pake black plate sih udah pasti aman. lima menit juga kalah soalnya blackplate menyerap black magic.
    justru yg paling sulit itu xenogears soalnya random battlenya banyak gila dan walkthroughnya ribet parah, untung aja ane udah namatin karena penasaran ama ceritanya. sayangnya game xenogears terlalu banyak mengandung unsur sara dan cerita mendekati akhirnya banyak yg dipaksain. sehingga agak kecewa aja kirain ceritanya bakal kayak gini, malah kayak gitu. hmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekurangan chrono cross lain adalah terlalu banyak magic (apalagi magic buat naikin nurunin status. males ngaturnya. makenya buat battle paling rata-rata ga lbh dari 10 menit)

      Delete
    2. kekurangan chrono cross yg lain... sergenya kelamaan jd lynk. jadi ga nyaman aja mandangnya terus efek lainnya gara gara itu adalah ketidakmerataan kekuatan karakter party. jadi yg paling bagus status attack n deffensnya ya cuman si serge aja. karaktert lain cuman jd hiasan.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. FF 8 kyknya lbh laku deh drpd FF 9. terus kata beberapa majalah game chrono trigger jg lbh laku drpd FF7.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo menurut penilaian beberapa situs game seperti IGN,Gamespot dan opini saya pribadi,FF9 lebih bagus dari segi gameplay dan sistemnya

      FF8 yang menghilangkan equipment malah bikin eksplorasi dan side quest jadi kurang greget

      kalo crono trigger kurang tau sih,tapi di IGN dan situs lain game ini unggul diatas FF7 loh sebagai Game RPG terbaik sepanjang masa.
      Cuma kalau penilaian pribadi tetep lebih suka FF7,RPG pertama saya soalnya....hahaha

      Delete
  3. minta walkthrough suiko 3 dong gan. ga nemu nemu yang indo. ceritanya terlalu banyak alurnya

    ReplyDelete
  4. lunar sssc seru juga ternyata. storynya bagus...

    ReplyDelete
  5. mau maen juga ah versi pspnya. biasa pake emulator

    ReplyDelete

Post a Comment