Aiming desain game shooter pada konsol




Hmmm salah satu jenis game yang masuk kategori action games dan juga populer dari masa ke masa, ya game shooter, game yang memiliki banyak penggemar nya dimana-mana. Entah bersudut pandang first person atau third person, sci-fi atau historic mereka tetap dinanti kehadirannya oleh para gamers.

Game berbasis shooter sebenar nya lebih nyaman bila dimainkan pada platform PC. Karena bagaimana pun mouse dapat lebih reaktif dibandingkan oleh analog pada kontroler milik konsol. Jadi bagaimana untuk bermain game shooter dengan nyaman dan tidak cukup merepotkan di konsol?. Tentunya para pihak pembuat games tidak sedangkal itu dalam merancang sistem tembak-menembaknya. Justru karena itulah terdapat perbedaan aiming desain pada game shooter di konsol.

Dapat di klasifikasikan pada tiga jenis aiming desain pada game shooter di konsol. Yakni jenis Manual, Semi Auto, dan Full Auto


Manual Aim
Sejak beberapa waktu yang lalu game shooter di konsol menggunakan jenis aim manual. Dan sampai sekarang pun masih terdapat beberapa game shooter yang menggunakan manual aiming. Seperti gears of war series, resident evil, dark sector, bioshock, uncharted dan masih banyak lagi contoh lainnya. Game-game seperti itu memang masih memakai sistem aim manual. Yang artinya kita diharuskan mengarahkan bidikan pada sasaran secara murni adalah dengan menggerakkan analog kanan (atau RS pada xbox360). Lalu apa kelebihan dan kekurangannya sistem ini?. Manual aim tentunya terlihat lebih susah di setir via analog, tapi juga memiliki kelebihan yakni kita dapat mengarahkan bidikan pada sasaran tepat seperti keinginan kita.




Sebagai contoh kita bisa mengarahkan bidikan senjata pada kepala musuh, kaki, atau bagian manapun yang kita kehendaki. Tentunya ini bisa jadi menguntungkan karena bagian tubuh musuh memiliki reaksi yang berbeda terhadap tembakan kita. Peluru yang mengenai kepala target biasanya langsung melumpuhkan musuh itu seketika. Terkena bagian kaki pun dapat membuat musuh terjatuh dan dengan mudah dapat kita serang kembali dengan hujanan peluru.

Semi Auto Aim
Sebetulnya mode aiming ini juga masih terdapat unsur manual nya. Tetapi dapat juga menjadi auto. Dalam game-game call of duty, farcry2 mereka menggunakan desain semi auto. Dengan kita menekan tombol bidik dua kali secara cepat, maka bidikan kita dapat langsung mengarah pada musuh. Tentunya sebelum melakukan dua kali tekan cepat tadi kursor bidikan kita berada tidak jauh dari target. Apa untung dan ruginya?.




Keuntungannya tentunya kita tidak terlalu membutuh kan waktu yg lebih hanya untuk mengarahkan bidikan ke tubuh musuh. Tapi dalam mode semi auto ini jikalau musuh bergerak atau berpindah tempat setelah kita “locked” bidikan yang tadinya sudah berada pada tubuh korban dapat hilang dan akhirnya bidikan dalam posisi tidak mengunci musuh kembali. Hal ini dapat kita tanggulangi dengan kembali melakukan tekan tombol bidik dua kali secara cepat dan akan mengunci target seperti tadi. Kerugiannya dalam semi auto adalah sulit mengarahkan posisi bidik pada bagian yang kita kehendaki. Biasanya hasil bidik ala semi auto adlah tepat berada pada badan musuh. Tentu sangat mengganggu bagi yang telah terbiasa mengarahkan sasaran tepat dikepala korban. Tapi tentunya mode semi auto dapat juga menjadi manual mode apabila kita tidak melakukan dua kali tekan tombol bidik secara cepat.



Full Auto Aim
Ini mode aiming yang sebenarnya sangat jarang terdapat pada game shooter. Mode full auto aim pada game-game modern hanya terdapat pada Grand Theft Auto dan Saints row. Mungkin masih ada juga pada game lainnya. Dengan menggunakan mode ini mengarahkan bidikan jauh menjadi lebih mudah. Semudah membalikkan tangan. Ya karena setiap kita menekan tombol bidik maka kursor akan terarah pada sasaran.



Dan apabila target bergerak atau berpindah posisi bidikan tetap berada pada tubuh target alias tetap mengunci selama kita tidak melepaskan tombol bidik tadi. Biasanya mode full auto ini terdapat bukan pada game yang benar-benar bergenre shooter. Tapi tetap banyak terdapat unsur tembak menembak didalam gamenya. Ya seperti grand theft auto yang bergenre sandbox, driving, hand to hand combat dan juga tembak-menembak. Mode ini juga kebanyakan langsung mengarahkan bidikan pada bagian tubuh target, sama seperti semi auto. Tapi full auto mode juga bisa di nonaktifkan sehingga dapat manual dalam mengarahkan bidikan kita terhadap musuh. Atau dengan menekan setengah tombol bidik seperti dalam grand theft auto.


Modifikasi sistem bidik ini benar-benar sangat membantu player dalam bermain game shooter di konsol. Karena setiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda-beda, seperti kesulitan bermain dengan analog dalam mengarahkan bidikan pada sasaran. Dan para pembuat game pun cukup jeli melihat hal ini. Tapi ada juga yang berpendapat bahwa game shooter tidak seru apabila aiming nya semi auto atau full auto. Mereka lebih memilih manual aim dalam membidik musuh-musuh nya. Well karena orang bisa berbeda-beda maka pilihkan sendiri cara bermainmu. Seperti yang sering kita dengar semua game bergantung pada gamer itu sendiri

http://www.gamexeon.com/forum/console-article/54404-aiming-desain-game-shooter-konsol.html

Comments