5 Hal biologis dalam Bioshock yang benar benar ada di dunia!






Bioshock memiliki banyak jargon dan ide ide yang sangat mungkin terwujud, atau malah sudah ada hanya saja masih dalam tahap riset. Wawancara dengan Ken Levine mengatakan bahwa semua aspek yang ada di Bioshock, sebenarnya memang ada di dunia ini. Beberapa diantara nya akan mengejutkan kamu!

5. Pheromones

Pheromone digunakan oleh banyak hamluk hidup sebagai salah satu sarana komunikasi. Beberapa molekul mengeluarkan sinyal yang menarik perhatian molekul lain. Pada Bioshock, pheromone digunakan untuk mengontrol pada Splicer dan beberapa musuh lain. Dalam kehidupan nyata, digunakan sebagai racun tikus!

4. Bioethics
Pada dunia Rapture, banyak terjadi kesalahan aplikasi teknologi. Hal ini juga terjadi di dunia nyata. Contoh kasus, seperti apa yang terjadi pada ilmuwan Australia yang secara tidak sengaja menciptakan virus yang mampu membunuh semua tikus yang berada di dekat tikus yang terinfeksi, bahkan yang sudah di vaksinasi. Virus ini pada akhirnya digunakan untuk membunuh hama kelinci pada saat itu. Beberapa orang mengutuk pembuatan virus ini karena ketakutan mereka bahwa akan ada yang menggunakan virus ini sebagai senjata pemusnah massal.

3. Stem Cells
Salah satu yang menghancurkan Rapture adalah ADAM. Barisan sell utama yang di dapat dari siput laut. Di dunia kita, stem cell memiliki kemampuan untuk memperbaiki jaringan kulit, tapi mereka tidak akan merusak manusia. Salah satu penggunaan terbaik apabila sell ini di dapat dari orangnya itu sendiri. Bukan siput laut.

2. Splicers
Perubahan genetik sudah biasa di Rapture, dan beberapa mahluk mengerikan tercipta darinya, diantaranya para splicers. Splicer, seperti namanya, adalah para korban pembedahan di level genetika. Hal ini juga terdapat di dunia kita. Banyak hasil panen sudah di modifikasi genetika nya sehingga terbebas dari hama, memberikan hasil yang lebih banyak, dan waktu panen yang lebih cepat. Ilmuwan sering bermain main dengan operasi genetik ini, menyambung atau membuang nya. Mereka bahkan sempat menciptakan kelinci glow in the dark!

1. Plasmids
Di Bioshock, mereka memodifikasi DNA, menciptakan kemampuan untuk menggunakan telekinesis, menjadi manusia listrik atau api. Di dunia nyata, ada molekul yang digunakan oleh bakteri untuk bertukar gen satu dengan lainnya. Ilmuwan menciptakan custom plasmid yang disesuaikan untuk masing masing bakteri. Beberapa bakteri diberikan kemampuan untuk kebal antibiotik, sementara beberapa lainnya mampu menghasilkan protein, yang harusnya nggak ada di dunia bakteri.

Comments