11 Game iOS Ikuti Jejak Game Terkenal

Selama ini banyak orang beranggapan bahwa game-game yang hadir di operating system iOS (iPhone/iPod/iPad) hanyalah game-game casual saja. Sekarang saatnya untuk buang jauh-jauh anggapan tersebut. Ternyata iOS juga memiliki berbagai game yang memiliki gameplay cukup "advanced". Uniknya, game tersebut mirip dengan game-game terkenal yang ada di console maupun handheld.
Berikut adalah daftar pilihan beberapa game iOS yang mirip dengan game terkenal tersebut:
Backstab

Backstab
Backstab menceritakan Henry Blake dalam misinya menegakkan keadilan dan balas dendam setelah dia dikhianati. Game ini dimainkan menggunakan touch, sehingga control dari game ini cukup sederhana.

Assassin's Creed
Mirip dengan: Assassin's Creed
Alasan:
Game ini mengambil sistem yang mirip dengan Assassin's Creed. Kita bisa bergelantungan di gedung-gedung, menyelinap di belakang musuh, serta membunuh musuh secara diam-diam. Yang membedakan sedikit adalah sistem pertarungan button mashing yang lebih casual dibandingkan dengan timing counter-hit di Assassin's Creed.

Eternal Legacy

Eternal Legacy
Salah satu game RPG di iOS adalah Eternal Legacy, yang memiliki sistem yang mirip dengan Final Fantasy VII. Diceritakan di sini bahwa Astrian (yang membawa pedang besar) terlibat pemberontakan, dan berusaha mencuri Varsh Stone, energi utama dari kota industri Algoad.

Final Fantasy VII
Mirip dengan: Final Fantasy VII
Alasan: Dengan battle yang menggunakan ATB dan sistem Varsh Fragments (yang mengingatkan kita pada sistem materia), kita bisa melihat bahwa game ini memang mengambil ide dari Final Fantasy VII. Ceritanya pun sebenarnya mirip sekali dengan Final Fantasy VII, di mana salah satu karakter -spoiler- mengalami nasib yang sama dengan Aerith.

Gangstar: West Coast Hustle & Gangstar: Miami Vindication

Gangstar: West Coast Hustle
Di Gangstar West Coast Hustle, kita bermain sebagai gangster bernama Pedro dalam sebuah game free-roaming 3D di mana kita bisa mencuri berbagai mobil yang lewat di jalanan, tembak-tembakan dengan polisi, serta melanggar hukum. Game berikutnya mengambil setting di Miami, dengan gameplay yang kurang lebih sama.

Gangstar: Miami Vindication

Grand Theft Auto: Vice City
Mirip dengan: Grand Theft Auto
Alasan: Dilihat dari tokoh utamanya, Gangstar: West Coast Hustle mirip dengan GTA: San Andreas. Game berikutnya, Gangstar: Miami Vindication mengambil setting di Miami, kota yang gemerlap dengan kehidupan malam. Setting ini mirip dengan Grand Theft Auto: Vice City. Apalagi gameplay-nya juga mengusung tema kriminalitas dan sandbox.
GT Racing: Motor Academy

GT Racing
GT Racing: Motor Academy adalah sebuah game balapan yang realistik yang memiliki career mode, driving test, arcade bahkan online. Kita bahkan bisa mendengarkan lagu favorit kita sambil balapan serta menggunakan cockpit view yang terlihat realistik. Dengan lebih dari 100 mobil terlisensi, game ini membawa kita untuk balapan di Laguna Seca, bahkan sampai ke track untuk Rally.

Gran Turismo 5
Mirip dengan: Gran Turismo 5
Alasan: Dengan pengemudian mobil yang realistik, tidak salah kalau game ini meniru Gran Turismo Memang jumlah mobil terlisensi masih belum sebanyak mobil yang ada di Gran Turismo 5, namun game ini sudah memiliki lebih dari cukup variasi mobil. Apalagi judul game ini adalah GT (Gran Turismo?) Racing.

Hero of Sparta & Hero of Sparta II

Hero of Sparta, lengkap dengan QTE Finishing Move
Bagi penggemar God of War, di iOS juga tersedia game sandingannya dengan judul Hero of Sparta. Game ini menceritakan perjuangan sang Spartan untuk membebaskan sang Oracle. Dalam perjalanannya, kita akan bertarung melawan berbagai makhluk-makhluk mitologi seperti Minotaur dan Naga.

Kratos dan QTE
Mirip dengan: God of War
Alasan: Dengan mengusung mitologi, apalagi dengan judul Hero of Sparta, kita sudah pasti akan teringat dengan Kratos. Hero of Sparta juga memiliki berbagai QTE Finishing Move sewaktu melawan boss yang harus dilakukan, seperti apa yang kita temui di God of War.
iPuppy World

iPuppy dengan kostum
Kalau Nintendo bisa menambahkan "dogs" di belakang mereka menjadi Nintendogs, maka iPad/iPhone juga bisa dengan merubah sedikit kalimatnya menjadi iPuppy. Seperti biasa, game ini adalah mengenai memelihara anjing yang bisa kita pilih dari Husky, Chihuahua, Schnauzer, Dalmatian, Toy Poodle dan Labrador.

Nintendogs
Mirip dengan: Nintendogs
Alasan: Memang banyak game bergenre memelihara anjing namun di antaranya yang paling populer adalah Nintendogs, sehingga bisa dijadikan tolak ukur dari game memelihara anjing. Namun iPuppy bisa menjadikan dirinya lebih berbeda sedikit dibandingkan Nintendogs, yaitu kemampuan memakaikan kostum pada para anjing, serta fitur online yang lebih baik.

Knight's Odyssey

Knight's Odyssey
Sebuah game action tipe arcade, Knight's Odyssey menghiasi iOS. Di game ini kita akan meng-hack semua musuh yang ada, untuk kemudian kita meng-upgrade berbagai skill, magic dan kembalikan kedamaian.

Patapon dikawinkan dengan Castle Crashers
Mirip dengan: Patapon/Castle Crashers
Alasan: Jika dilihat dari segi grafis, game ini adalah Patapon, namun sayang bukan game musik seperti Patapon, karena jika dilihat dari segi gameplay, ini adalah Castle Crashers. Kesimpulannya, Knight's Odyssey adalah Castle Crashers dengan grafis khas Patapon.
Modern Combat: Sandstorm & Modern Combat 2: Black Pegasus

Modern Combat: Sandstorm
Tidak ketinggalan dengan console, iOS juga memiliki game first-person shooter dengan judul Modern Combat: Sandstorm dan Modern Combat 2: Black Pegasus. Keduanya menceritakan perang melawan teror di Timur Tengah. Tersedia berbagai senjata autentik untuk digunakan seperti AK-47, M24, M249, dan MP5.

Seri Modern Warfare
Mirip dengan: Call of Duty: Modern Warfare
Alasan: Memang agak tidak fair membandingkan game ini dengan Modern Warfare, karena sebenarnya game FPS yang lain pun hampir semuanya meniru satu sama lain. Yang menjadi kata kunci di sini adalah "Modern" Combat, yang terdengar mirip sekali dengan "Modern" Warfare.

N.O.V.A - Near Orbit Vanguard Alliance & N.O.V.A. 2 - The Hero Rises Again

Near Orbit Vanguard Alliance
Pada game first-person shooter ini, pemain akan berperang sebagai Captain Kal Wardin untuk melawan alien yang dinamakan Xenos. Ceritanya cukup sederhana, bumi sudah terlalu hancur, sehingga manusia tidak bisa hidup di bumi lagi. Mereka sekarang hidup di satelit besar yang dinamakan "Near Orbital" dan mendirikan Near Orbit Vanguard Alliance, sebuah grup yang ditugaskan untuk melindungi satelit tersebut.

Halo
Mirip dengan: Seri Halo
Alasan: Ide game ini diambil dari game science fiction terkenal seperti Halo dan Metroid. Konsepnya juga kurang lebih sama, namun yang paling menunjukkan bahwa game ini diambil idenya dari Halo adalah tema orbital platform yang hadir di keduanya serta setting yang futuristik.
Shadow Guardian

Shadow Guardian
Shadow Guardian menceritakan Jason Call dan petualangannya keliling dunia dari Mesir sampai ke Antartika, menyelidiki legenda dan akhirnya menyelamatkan dunia.

Uncharted
Mirip dengan: Uncharted
Alasan: Jason Call mengingatkan kita pada Nathan Drake, dan game dengan tema yang sama, Uncharted. Dengan gameplay yang mirip, lari melompat, tembak-tembakan sampai bertualang memecahkan berbagai puzzle, tidak salah memang Shadow Guardian dibuat sesuai dengan citarasa Uncharted.

Zombie Infection

Zombie Infection
Ingin membasmi zombie di iOS? Zombie Infection adalah jawabannya. Telah terjadi zombie outbreak di Amerika Selatan, dan kita ditugaskan pergi ke sana untuk menyelidiki asal mula kejadian ini. Tersedia dua karakter, Damien Sharpe, seorang bekas prajurit dan Alex Rayne, seorang reporter serta 12 level untuk dimainkan, mulai dari tambang, kebun binatang sampai ke laboratorium rahasia.

Resident Evil 5
Mirip dengan: Resident Evil 5
Alasan: Yang satu zombie di Afrika, dan yang satu lagi zombie di Amerika. Dengan mengusung tema zombie ditambah lagi dengan tampilan gameplay yang mirip sekali, tidak salah kalau game ini memang meniru Resident Evil 5.
------
Masih banyak lagi game-game yang meniru game terkenal, namun jika kita list semuanya tidak akan selesai. Sebenarnya sah-sah saja sih meniru game-game terkenal, karena jika hal tersebut menghasilkan uang, mengapa tidak? Mudah-mudahan dengan keuntungan hasil penjualan game-game "imitasi" ini, nantinya bisa tercipta sebuah inovasi game original yang menakjubkan, yang bisa mengalahkan game-game terkenal papan atas. (ZBT)


http://www.videogamesindonesia.com/?id=7307&page=0

Comments