xbox live vs psn

XBOX Live VS PSN


Console masa kini tidak terlepas dari dunia online, untuk meraup keuntungan berlebih para pembuat console berlomba dalam menyediakan jasa ini untuk memuaskan dahaga gamer diseluruh dunia. Selain itu mereka juga bertujuan menciptakan komunitas gamer guna lebih meningkatkan penjualan console nya.

Melalui jasa ini gamer bisa mendownload update, patch, demo, trailer dan sebagainya, bahkan full game ke dalam harddisk. Hal ini tentu harus dibayar mahal oleh gamer yang berkeinginan buat download content-content tersebut. Pada XBOX Live gamer dibatasi menjadi 2 (dua) yaitu GOLD dan SILVER sedangkan pada PSN tidak ada batasan seperti itu.

Microsoft dengan XBOX Live dan Sony dengan Playstation Network (PSN) nya saat ini tengah bersaing ketat merebut hati para gamers. Untuk lebih memperjelas mana yang menurut kamu lebih unggul ada baiknya kalo kita bahas bersama segala fitur yang terdapat baik pada XBOX Live maupun PSN. Adapun point penentuan kita kali ini adalah gratis (1 point) dan bayar (0 point), mengapa demikian ? karena sudah sewajarnya jasa ini gratis, bukankah dengan demikian akan lebih menarik minat para gamer, dan sudah seharusnyalah pihak pembuat console dan games yang kita beli memanjakan konsumennya.

ASPEK-ASPEK PENILAIAN

1. UPDATE FIRMWARE & UPDATE GAMES
Tidak seperti console terdahulu, console-console modern dalam masa tertentu mendapat update perbaikan firmware bugs dari pembuatnya, mencegah piracy, menambah fitur-fitur baru, serta mempercantik tampilan dashboard. Baik untuk XBOX Live maupun PSN mendapat update gratis dari pembuatnya.
XBOX Live : 1
PSN : 1

2. ONLINE MULTIPLAYER
Agar bisa bermain games secara online seorang gamer harus memiliki account user. Namun untuk memilikinya di XBOX Live gamer harus membayar sebagai GOLD member, sedangkan pada PSN gratis.
XBOX Live : 0
PSN : 1

3. DOWNLOADED CONTENT (Theme, Wallpaper, Gamer Picture, Avatar)
Pada PSN semuanya gratis, pada XBOX Live sebagian gratis (yang kurang bagus, lama), yang ekslusif bayar, bahkan sebagian hanya diperuntukan buat GOLD member yang sudah jelas membayar lebih mahal.
XBOX Live : 0
PSN : 1

4. DOWNLOADED CONTENT (Add On, Multiplayer Map)
Baik XBOX Live ataupun PSN semua content Add On dan Multiplayer Map pada umumnya berbayar, namun ada beberapa games yang dapat didownload gratis. Namun demikian ada yang di PSN gratis dan di XBOX Live sebaliknya.
XBOX Live : 0
PSN : 0

5. DEMO GAME
Untuk game demo pada keduanya baik XBOX Live maupun PSN semuanya bisa dodownload dan dicoba dengan gratis.
XBOX Live : 1
PSN : 1

6. TRAILER & GAMES VIDEOS SERTA TRAILER MOVIES
Sebagai alat untuk memperkenalkan games dan movies terbaru pada keduanya baik XBOX Live maupun PSN gratis.
XBOX Live : 1
PSN : 1

7. MUSIC & FULL HD MOVIES
PSN tidak atau belum mempunyai fitur ini sedangkan pada XBOX Live fitur ini tersedia dengan berbayar tentunya.
XBOX Live : 1
PSN : 0

8. GAMING NEWS
Baik PSN maupun XBOX Live memiliki fitur ini, dan untuk keduanya bisa diperoleh dan dibaca secara gratis.
XBOX Live : 1
PSN : 1

9. FITUR KOMUNITAS (Message, Chating, Webcam, Friend List)
Kedua nya memiliki fitur ini, dan dapat dipergunakan secara gratis. Sehingga selain bermain game, seorang gamer dapat berinteraksi dengan gamer lain di belahan dunia manapun.
XBOX Live : 1
PSN : 1

10. INTERNET BROWSER
PSN sudah memiliki browser internet terintegrasi, sedangkan XBOX Live tidak atau belum memiliki browser.
XBOX Live : 0
PSN : 1


Hasil Akhir :
XBOX Live : 6 Point
PSN : 8 Point

Dari hasil perolehan point dapat kita lihat bersama berbagai kelebihan dan kekurangan dari PSN dan XBOX Live serta mana yang lebih mengerti kebutuhan kita sebagai seorang gamer, thanks

Comments