seni beladiri di video game

Seni beladiri dan video game, dua hal yang sangat dekat tetapi banyak yang tidak sadar kedekatan hubungan keduanya. Sudah ada ribuan contoh karakter video game yang digambarkan sebagai pengguna seni bela diri, pewaris aliran bela diri tertentu atau memulai petualangannya karena seni bela diri. Bisa di bilang seni bela diri sebenarnya sangat melekat pada kehidupan gamer, bahkan beberapa judul game dibuat khusus untuk menyoroti seni bela diri tertentu. Masih ingat dengan Karakteka dan Tenchu? Karateka menjadikan Karate sebagai hidangan utama, sedangkan Tenchu mengharuskan kita untuk menggunakan tehnik ninja saat menghabisi musuh. Kalau kamu sudah sadar mengenai kedekatan kedua elemen tersebut pasti saat ini kamu penasaran dengan seni bela diri apa yang paling sering muncul dalam video game. Untuk menjawab rasa pensaran kamu kami mendedikasikan fitur kali ini untuk mengenalkan seni bela diri yang kerap muncul dalam game. Supaya enak, kami akan memulainya dari Karate, seni bela diri yang berkembang pesat di kiblat industri video game dunia, Jepang.

1. Karate
Karate secara literal berarti "tangan kosong". Namun, kata "karate" sendiri sebenarnya dituliskan secara homofonis dengan arti lain, yaitu "tangan China" bukannya "tangan kosong". Tak jarang cabang bela diri ini juga disebut sebagai "teknik tangan kosong" (karatedo). Karate modern awalnya dikembangkan di Okinawa, yang sebelumnya dikenal sebagai Kerajaan Ryukyu, dan kini telah menjadi salah satu bagian dari Jepang. Karate adalah percampuran dari bela diri khas Okinawa, yang dinamakan "te", dengan bela diri dari daratan China. Kedua aliran bela diri tersebut dicampurkan dan dikembangkan lebih lanjut di Honshu.

Aliran Karate di Honshu ini dirintis oleh Gichin Funakoshi (1868–1957), yang dikenal sebagai bapak dari karate modern, dan merupakan pendiri dari karate Shotokan. Walau beberapa praktisi karate Okinawa telah tinggal dan mengajar di Honshu, Funakoshi yang pertama kali melakukan demonstrasi atas karate ke muka umum di Tokyo pada acara pemeran pendidikan fisik yang disponsori oleh kementerian pendidikan pada tahun 1917, dan sekali lagi di tahun 1922. Sebagai hasilnya, pelatihan karate belakangan dimasukkan ke dalam sistem pendidikan di sekolah-sekolah umum Jepang. Pada saat yang bersamaan pula mulai diperkenalkan pemakaian seragam putih dan sistem peringkat kyu/dan (kedua sistem peringkat tersebut awalnya diterapkan oleh pendiri judo, Kano Jigoro) mulai digunakan.

Noteable User: Ryu, Ken Master, Akuma, Hibiki, Jin Kazama, Ryo Sakazaki, Robert Garcia, Yuri Sakazaki, Mr. Karate, Ein, Hitomi.

2. Taekwondo
Taekwondo adalah cabang bela diri yang berasal dari Korea dan olahraga nasional dari Korea Selatan. Dalam bahasa Korea, tae berarti "menyerang atau menghancurkan dengan kaki"; kwon berarti " menyerang atau menghancurkan dengan tangan"; dan do berarti "jurus", "teknik", atau "seni". Jadi, taekwondo secara bebas dapat diartikan sebagai "teknik kaki dan tangan" or "teknik tendangan dan pukulan". Taekwondo adalah salah satu cabang bela diri yang terpopuler di dunia berkat banyaknya praktisi yang berkecimpung di dalamnya. Taekwondo juga dipergunakan oleh tentara nasional Korea Selatan sebagai bagian dari pelatihan militernya.

Kepopuleran Taekwondo menghasilkan berbagai pengembangan dari bela diri tersebut menjadi beberapa aliran. Secara resmi, terdapat dua aliran utama dari taekwondo. Yang pertama datang dari Kukkiwon, sumber dari sistem sparring sihap gyeorugi yang belakangan menjadi salah satu event pada Olimpiade Musim Panas dan diasuh oleh World Taekwondo Federation (WTF). Yang satunya lagi diasuh dan berasal dari International Taekwon-Do Federation (ITF).

Noteable User: Hwoarang, Baek Do San, Kim Kapwhan, Jhun Hoon, Juri

3. Bajiquan
Bajiquan, dikenal juga sebagai Hakkyokuken dalam bahasa Jepang. Cabang bela diri yang secara literal berarti "delapan pukulan berbahaya" ini berasal dari China dan dilancarkan melalui serangan jarak dekat yang kuat dan meledak. Umumnya dikenali berkat serangan yang menggunakan hantaman siku. Awalnya berasal dari propinsi Hebei di China Utara, namun kini banyak dikenal juga di tempat lain kini, khususnya di Taiwan. Cabang bela diri ini juga sering disebut dengan nama Kai Men Ba Ji Quan.
Bajiquan memiliki nama lain Baziquan atau sapuan tangan, hal ini muncul karena pada faktanya dalam aliran bela diri Baziquan tidak dikenal istilah benar-benar memukul. Gerakan utama Bajiquan adalah perputaran badan secara melingkar, dorongan tangan atau bahu, hentakan kaki dan rotasi pinggang.

Noteable User: Akira Yuki, Leo Kliesen, Ryo Hazuki, Kokoro

4. Ninjitsu
Ninjitsu atau Ninjutsu mulanya dikembangkan oleh sekelompok orang yang umumnya berasal dari propinsi Iga dan Koka, Shiga, Jepang. Sepanjang sejarah, praktisi Ninjutsu yang dikenal sebagai shinobi umumnya disorot sebagai pembunuh, atau pun mata-mata, namun sebenarnya mereka adalah orang-orang dengan tingkat kepercayaan spiritual yang kuat dan menolak untuk hidup dengan cara yang bukan diputuskan oleh mereka sendiri. Mereka umumnya dikenali berkat penggunaan gerakan menyusup dan tipuan, sehingga mereka sering diasosiasikan oleh masyarakat sekarang sebagai kriminal.

Melalui perkembangannya, banyak berbagai perguruan (ryu) telah mengajarkan aliran ninjutsu berdasar masing-masing ajarannya sendiri. Sebagai contoh dari hal ini adalah Togakure-ryu. Ryu ini dikembangkan setelah seorang samurai yang telah mengalami kekalahan dalam peperangan bernama Daisuke Togakure berhasil melarikan diri ke daerah Iga. Selanjutnya dia bertemu dengan seorang biksu bernama Kain Doshi yang mengajarinya bagaimana untuk memandang hidup dengan cara yang berbeda serta arti dari perjuangan (ninjutsu).

Karena pengaruh film, komik dan media hiburan lainnya, orang-orang barat beranggapan ilmu bela diri ninjitsu memiliki unsur-unsur mistis di dalamnya. Bahkan pada beberapa literatur Jepang, disebutkan kalau Hatori Hanzo sanggup menyelam berjam-jam sampai-sampai disangka mati oleh Tokugawa Ieyasu.

Noteable User: Raven, Kagemaru, Ayane, Hayate, Ryu Hayabusa, Kasumi, Hatori Hanzo, Galford, Mai Shiranui, Eiji Kisaragi, Ibuki, Maki, Geki, Rikimaru, Ayame.

5. MMA
Mixed Martial Arts (MMA) adalah olahraga yang mengandalkan full contact combat dan mengijinkan penggunaan berbagai variasi teknik dan kemampuan bela diri, percampuran antara bela diri tradisional dan modern, untuk dipergunakan dalam pertandingan. Peraturan yang ada mengijinkan peserta untuk menggunakan teknik hantaman dan cengkeraman, baik saat berdiri maupun bergelut di tanah. Pertandingan tersebut memperbolehkan praktisi dari berbagai latar belakang bela diri yang berbeda untuk saling bertanding.

Akar dari mixed martial arts dapat ditelusuri balik ke berbagai kompetisi bela diri bebas yang mengambil tempat di Eropa, Jepang dan pesisir Pasifik selama awal tahun 1900-an. Kompetisi MMA modern pertama kali digelar pada tahun 1993 yang dirintis bersamaan dengan didirikannya Ultimate Fighting Championships, walaupun sebenarnya event MMA secara profesional telah mulai digelar di Jepang oleh Shooto sejak tahun 1989. Istilah mixed martial arts sendiri baru dicetuskan oleh Rick Blume, Presiden dan CEO dari Battlecade, di tahun 1995.

Seperti yang kami sebutkan di atas, MMA sebenarnya bukanlah sebuah aliran bela diri. MMA lebih cocok dipakai untuk mengungkapkan atau menyebut seseorang yang menguasai berbagai aliran sekaligus. Biasanya orang menggabungkan Judo, Karater dan Wrestling agar siap menghadapi lawan dalam segala kondisi (Karate untuk pertempuran berdiri, Judo untuk membawa musuh ke ground dan Wrestling + Judo untuk menghabisi musuh di ground). Tidak jarang juga ada yang mengkombinasikan aliran bela diri unik, seperti Drunken Fist dan Capoeira.

Noteable User: Craig Marduk, Abel, Vanessa Lewis

6. Sambo
Sambo, Sombo, atau Cambo, kadang dituliskan dengan huruf kapital, adalah cabang bela diri yang termasuk masih baru, merupakan olahraga yang mengandalkan combat dan sistem bela diri yang dikembangkan di Uni Soviet serta diperkenalkan sebagai salah satu cabang olahraga resmi oleh USSR All-Union Sports Committee di tahun 1938, yang pada saat itu dipresentasikan oleh Anatoly Kharlampiev.

Kata "Camo" (Sambo) merupakan kependekan dari SAMozashchita Bez Oruzhiya, yang berarti "bela diri tanpa senjata" dalam bahasa Rusia. Sambo berakar melalui kombinasi atas judo dari Jepang dan olahraga gulat tradisional rakyat Rusia seperti Armenian Koch, Georgian Chidaoba, Romanian Trinta, Tatar Koras, Uzbek Kurash, Mongolian Khapsagay dan Azerbaijani Gulesh.

Pencipta Sambo adalah Vasili Oshchepkov (yang kelak dieksekusi mati atas perintah Stalin selama kerusuhan politik di tahun 1937 karena menolak untuk tidak mengakui bahwa dia belajar judo dari Kano Jigoro) dan Viktor Spiridonov. Mereka secara bebas telah mengembangkan dua aliran yang berbeda, namun dengan nama yang sama. Aliran dari Spiridonov terlihat lebih lunak menggunakan sistem ala aikido yang dia kembangkan paska Perang Dunia I. Anatoly Kharlampiev, seorang murid dari Victor Spiridonov, sering juga secara resmi dikenali sebagai bapak dari Sport Sambo.

Noteable User: Dragunov, Blue Mery, Bayman, Leon

7. Wrestling
Wrestling adalah cabang bela diri kuno yang menggunakan berbagai teknik cengkeraman seperti clinch fighting, bantingan dan lemparan, joint locks, kuncian dan lain-lainnya. Pertandingan wrestling adalah kompetisi secara fisik, yang umumnya dilakukan oleh dua orang, yang masing-masing berusaha untuk memperoleh dan mempertahankan posisi yang lebih kuat. Wrestling adalah salah satu cabang bela diri tertua, tercatat dulunya pergunakan oleh bangsa Iliad pada Perang Troya di abad ke-13 sebelum Masehi. Terdapat banyak jurus dengan berbagai peraturan yang dikembangkan dari teknik tradisional dan modern. Teknik-teknik wrestling telah diterapkan ke dalam cabang bela diri lainnya, termasuk dalam sistem hand-to-hand combat oleh para tentara.

Noteable User: Armor King, King 1, King 2, Armor King 2, Wolf Hawkfield, El Blaze, Tina Armstrong, Bass Armstrong, Lisa, Tizoc, R Mika, Zangief, Hugo, Alex, El Fuerte

8. Taichi
Taichi atau Tai Chi Chuan secara literal dapat diterjemahkan sebagai "Pukulan Pamungkas Terkuat", merupakan bela diri masyarakat China yang seringnya dipergunakan untuk alasan kesehatan. Cabang bela diri ini juga secara tipikal dipergunakan untuk berbagai kepentingan pribadi, seperti teknik bela diri keras dan lunak, pertandingan demonstrasi, dan panjang umur. Konsekuensinya, berbagai bentuk pelatihan pun muncul, baik secara tradisional mau pun modern, yang berkaitan dengan targetnya.

Sekarang, tai chi telah berkembang hingga ke seluruh dunia. Kebanyakan teknik modern dari tai chi dapat diikuti perkembangannya melalui salah satu dari lima perguruan tradisional, yaitu Chen, Yang, Wu/Hao, Wu dan Sun.

Noteable User: Lei Fang, Chen, Chun Li

9. Drunken Fist
Drunken Fist/Tinju Mabuk di negara aslinya dikenal sebagai Zui Quan atau Zhijiquan (Drunken Alcohol Fist). Sebenarnya Drunken Fist adalah bentuk modern dari ilmu Wushu yang memanfaatkan masa tubuh, gerakan akrobatik yang mengalir dan mengejutkan. Kalau dilihat dari tingkat kesulitan penguasaan, Zui Quan memiliki tingkat kesulitan penguasaan level S. Pasalnya para pemakai Zui Quan harus melatih semua sendi-sendi badannya agar kuat tetapi sekaligus lentur. Latihan sendi tersebut masih diimbuhi lagi dengan latihan keseimbangan yang intense, pasalnya gerakan Zui Quan rata-rata mengabaikan keseimbangan tubuh sehingga menyebabkan distorsi keseimbangan.

Drunken Fist tidak memiliki bentuk aliran sendiri, sebenarnya Drunken Fist adalah salah satu bentuk jurus atau kuda-kuda untuk aliran bela diri yang biasanya masih berhubungan dengan Kung Fu atau Wushu. Sebagai contoh adalah Kung Fu monyet yang memiliki kuda-kuda Drunken Monkey/Monyet Mabuk. Ilmu Zui Quan dipopulerkan oleh sosok Jackie Chan melalui film silat klasiknya yang berjudul Drunken Master.

Noteable User: Chin Gentsai, Brad Wong, Shun Di, Lei Wulong,

10. Praying Mantis
Ilmu bela diri Praying Mantis atau yang biasa kita kenal sebagai jurus belalang sembah terbagi menjadi dua aliran besar, aliran Praying Mantis utara dan selatan. Jurus belalang sembah utara dikembangkan oleh komunitas Hakka (suku Han yang berbicara bahasa Hakka), bersama-sama dengan jurus-jurus yang mengadopsi gerakan binatang lainnya, seperti cakar Naga atau pukulan burung Phoenix. Sampai saat ini ada empat aliran belalang sembah utara yang dipelajari, keempatnya memaksimalkan pertempuran jarak dekat yang mengandalkan kecepatan dengan gerakan menendang yang sangat minim.

Untuk jurus belalang sembah selatan atau Tanglangquan/Praying Mantis Fist, jurus tersebut dikembangkan oleh Wang Lan. Jurus tersebut diberi nama jurus belalang sembah oleh Wang Lan, karena dirinya terinspirasi oleh gerakan dan agresifitas belalang sembah saat mengalahkan musuhnya. Jurus ini diciptakan saat pendeta Fu Yu  (1203-1275) mengumpulkan delapan belas guru bela diri Shaolin (termasuk Wang Lan) guna menambah variasi jurus-jurus Shaolin.

Noteable User: Lei Wulong, Lion Rafale

11. Kung Fu
Kung Fu atau Wushu adalah salah satu aliran bela diri yang memiliki usia sangat tua. Kalau dihitung mundur, diperkirakan aliran Kung Fu lahir pada dinasti Xia yang eksis 4000 tahun yang lalu. Pada era tersebut Kung Fu dipakai untuk pertahanan diri, berburu dan militer. Bahkan latihan Kung Fu untuk pertempuran tangan kosong maupun bersenjata merupakan makanan wajib pasukan dinasti Xia saat itu. Aliran bela diri ini terbagi-bagi menjadi beberapa percabangan yang memaksimlkan salah satu unsur yang dimiliki oleh manusia. Beberapa percabangan ada yang memaksimalkan energi Qi yang dimiliki oleh manusia, aliran ini dikategorikan sebagai aliran Kung Fu internal. Percabangan yang lainnya membentuk otot dan kekuatan tubuh manusia, aliran ini dikategorikan sebagai Kung Fu yang fokus pada penguatan eksternal. Selain pembagian berdasarkan fokus masing-masing aliran, Kung Fu juga populer dikategorikan berdasarkan asal aliran, yaitu Kung Fu aliran utara dan Kung Fu aliran selatan. Pembagian-pembagian tadi masih bisa dibagi-bagi lagi berdasarkan cara memukul atau tehnik pukulan, yaitu pukukan halus atau pukulan keras. Setiap aliran umumnya mempelajari kemampuan bela diri, kesehatan dan pengembangan diri berdasarkan prespektif bangsa China.

Noteable User: Lei Wulong, Michelle Chang, Julia Chang, Gato, Gen Fu, Eliot, Feng Wei

12. Muay Thai
Muay Thai adalah aliran bela diri keras asal Thailand. Thai Boxing mirip dengan aliran kickboxing Kamboja bernama Pradal, Tomoi dari Malaysia, Lethwei dari Myanmar dan Muay Lao dari Laos. Muay Thai memiliki sejarah yang panjang di Thailand dan dianggap sebagai cabang olah raga utama. Muay Thai modern yang dipelajari saat ini merupakan keturunan langsung bela diri Muay Boran atau yang disebut-sebut sebagai aliran tinju kuno orang Thailand.

Muay diambil dari bahasa sansekerta Mvya, sedangkan Thai berasal dari kalimat Tai. Kedua kalimat tersebut kalau digabungkan memiliki arti sebagai seni delapan tungkai(dua kepalan tangan, dua siku, dua kaki dan dua dengkul). Hal ini bertentangan dengan bela diri barat yang memakai dua tungkai (kepalan tangan kiri dan tangan kanan), Jepang yang memakai empat tungkai (kedua tangan dan kaki). Para praktisi Muay Thai biasa dipanggil sebagai Nak Muay, para petinju barat yang menjadi praktisi Muay Thai biasanya diimbuhi dengan Farang, yang artinya petinju asing.

Noteable User: Sagat, Adon, Joe Higashi, Bruce Irvine, Bryan Furry, Zack, Vanessa Lewis


13. Boxing
Boxing atau Tinju adalah bela diri yang memiliki banyak peraturan. Peraturan yang umum adalah, masalah kesepadanan lawan (berat badan harus sama), juri pertandingan dan banyak lagi. Pada intinya Boxing mengharuskan kita untuk bertempur satu lawan satu menggunakan tangan kosong yang dibungkus dengan sarung tangan pelindung. Keputusan menang atau kalah dalam tinju ditentukan dengan tiga cara. Cara yang pertama adalah KO (petinju tidak bisa bangun dalam hitungan sepuluh detik), cara yang kedua adalah TKO (petinju bisa bangun tetapi tidak bisa meneruksan pertandingan) dan yang terakhir adalah berdasarkan penilaian ketiga juri yang duduk di luar ring.

Walaupun bertinju adalah kemampuan natural setiap manusia, tetapi bukti-bukti olah raga tinju eksis di dunia ini ditemukan di ukiran-ukiran yang ada di Sumeria, Mesir dan Minoan. Yunani kuno mencatatkan pertandingan tinju formal pertama, dalam pertanndingan tersebut mereka sudah mencanangkan peraturan dan arena khusus. Tinju modern, lahir pertama kali pada Olimpiade Yunani kuno pada awal tahun 688 SM. Pada beberapa negara Tinju disebut sebagai Tinju Inggris hal ini terjadi karena beberapa negara memiliki gaya bertinju masing-masing, seperti Burma dengan Tinju Burmese dan Thailand dengan Muay Thai.

Noteable User: Balrog, Dudely, Steve Fox, Little Mac.

14. Sumo
Sumo adalah olah raga nasional Jepang yang berasal dari abad kedelapan. Pertandingan Sumo pertama dicatat oleh sejarah berlangsung pada 23 SM. Saat itu kemenangan dalam Sumo didapatkan saat salah seorang pegulat terlalu terluka sehingga tidak bisa melanjutkan pertempuran. Pada awal tahun 728 M, kaisar Shomu Tenno menggelar pertandingan Sumo pertama pada saat festival panen. Tradisi untuk menggelar pertandingan Sumo di hadapan kaisar berlanjut dan terus menyebar sehingga bisa dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan Sumo ikut dimasukkan ke dalam kurikulum latihan militer pasukan Jepang.

Sampai saat ini Sumo masih menggunakan elemen tradisional dari budaya Jepang. Bahkan karena pada jaman dulu Sumo diadakan di festival-festival Shinto, wasit Sumo masih memakai pakaian pendeta Shinto, melemparkan garam, bertepuk tangan dan menghentakan kaki. Untuk memenangkan pertandingan seorang pemain Sumo harus menjatuhkan seluruh badan lawan atau mendorongnya ke luar arena.

Noteable User: Ganryu, E. Honda, Taka Arashi, Hinako Shijo.

15. Capoeira
Capoeira adalah bela diri orang kulit hitam Brazil yang menggabungkan elemen bela diri, musik dan dansa. Bela diri ini diciptakan oleh para budak yang dibawa dari Afrika pada abad keenambelas, khususnya para budak yang dibawa dari wilayah yang saat ini dikenal sebagai Angola. Capoeira berkembang di para budak pelarian (Quilombo dos Palmares) yang mendiami negara bagian Bahia, Pernambuco dan Rio de Janeiro. Biasanya mereka menggelar Capoeira di arena melingkar yang bernama Roda. Para petarung bergantian memainkan alat musik atau melakukan latihan bersama-sama dengan lawannya di tengah-tengah arena. Gerakan Capoeira adalah gerakan bela diri yang mengalir cepat dan dipenuhi dengan sapuan kaki, akrobatik dan sundulan kepala. Tidak jarang para petarung menggunakan tamparan, pukulan, sikutan atau gerakan bantingan.

Ada dua teori terkenal tentang asal-usul Capoeira. Teori pertama adalah Capoeira berasal dari tarian unik orang Brazil yang dipengaruhi oleh budaya Brazil dan Afrika. Teori kedua adalah, Capoeira berasal dari Gaya bertarung suka Afrika kuno yang di bawa oleh para budak-budak Afrika yang hidup di Brazil. Selain kedua teori utama tersebut, adapula teori sampingan yang isinya menyebutkan kalau Capoeira memang dimainkan oleh para orang Afrika kulit hitam, tetapi bela diri tersebut lahirnya di Brazil.

Noteable User: Eddy Gordo, Christie Monteiro, Tiger, Elena, Lisa.

16. Jeet Kune Do
Jeet Kune Do adalah bela diri hibrida dan filosofi hidup yang dibuat oleh Bruce Lee pada tahun 1967. Pada intinya Jeet Kune Do adalah bela diri tangan kosong yang tidak mengindahkan aliran klasik, memiliki serangan-serangan langsung, dan gerakan-gerakan cepat. Sistem Jeet Kune Do bergerak pada empat situasi, situasi tersebut bergerak berdasarkan jarak (tendangan, pukulan, jebakan dan cengkraman). Jeet Kune Do juga dikenal sebagai gaya bertarung tanpa gaya, sehingga sangat berbeda dengan bela diri tradisional yang memiliki bentuk bakunya sendiri.

Pada tahun 2004, yayasan Bruce Lee mengganti nama Jeet Kune Do menjadi Jun Fan Jeet Kune Do. Jun Fan adalah nama China dari Lee, sehingga kalau diartikan secara langsung Jun Fan Jeet Kune Do adalah Cara Bruce Lee Menghentikan Pukulan.

Noteable User: Marshal Law, Forest Law, Fei Long, Jann Lee, Liu Kang, Violet/ Lee Chaolan, Jacky Bryant, Sarah Bryant, Moe Habana.

Yak itulah tadi keenambelas bela diri yang kerap muncul dalam video game. Kami memilih keenambelas aliran bela diri tersebut, karena memiliki ciri khusus yang mudah tertangkap mata. Seperti Sambo yang memiliki gerakan kuncian tanggan atau kaki yang mematikan, atau Capoeira yang memiliki kuda-kuda dinamis yang mengalir seperti tarian. Mungkin contoh yang kami berikan kebanyakan berorientasi pada game fighting, tetapi hal tersebut bisa dimaklumi, soalnya game fighting lah yang lebihbanyak memperlihatkan aliran bela diri secara realistik. Jadi akhir kata, inilah fitur kami untuk minggu ini, nongkrong terus di KotGa dan keep on fight.


kotakgame.com

Comments