item termahal di game online

Salah satu kecenderungan perkembangan game saat ini adalah mode permainan multiplayer yang semakin diperluas dari waktu ke waktu. Multiplayer sendiri memang dapat menghadirkan pengalaman bermain yang lebih menyenangkan daripada sekadar meladeni kemampuan bertarung komputer yang tidak mengalami perkembangan. Dengan kecenderungan seperti ini, multiplayer berkembang melampaui batas fisik manusia, tergabung dalam sebuah lingkungan tersendiri di dunia maya. Kita melihat lahirnya game yang kita sebut sebagai game masif online.
Sistem permainan di game online sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dibandingkan jika kita memainkan sebuah game secara solo atau sendiri. Yang membedakannya adalah kemampuan untuk berinteraksi dengan beribu pemain lain yang tergabung di dunia game yang sama, bertukar informasi, membentuk grup dan melawan musuh secara bersama, bahkan bertukar dan tertransaksi item dan equipment virtual. Dan hal ini menjadikan bisnis online gaming ini menuai sukses luar biasa di hampir seluruh dunia.
Obsesi untuk menjadikan karakter kita di game online unik dan kuat luar biasa memang terkadang melampaui akal sehat. Kita tidak akan segan untuk menghalalkan segala cara untuk mendapatkan item dan peralatan yang kita inginkan, termasuk bertransaksi dengan uang nyata. Transaksi dengan uang nyata memang menjadi fenomena yang tidak terelakkan lagi dan sering kita temui pada gamer online masa kini. Yang menjadi pertanyaan, seberapa relakah seorang gamer online mengeluarkan uang untuk membeli sebuah item virtual?

Jawabannya mungkin akan Anda temukan di sebuah game online keluaran tahun 2003, Entropia Universe yang pada dasarnya merupakan sebuah game MMORPG. Bersettingkan di luar angkasa, game online ini sendiri cukup sukses di mancanegara dengan jumlah user yang cukup banyak. Yang menarik dari game online ini adalah kapabilitas untuk melakukan konversi mata uang di game menjadi mata uang nyata. Mereka memiliki regulasi untuk itu. Dan Entropia Universe, yang tampil dengan kualitas grafis yang tergolong biasa, tampil menjadi sebuah game online “berorientasi” bisnis yang cukup menguntungkan. Mereka bahkan mampu melakukan lelang tempat virtual dengan peminat yang cukup banyak dan terlihat sangat tidak masuk akal.
Pada bulan November 2010 ini, seorang gamer membeli sebuah resort virtual di dalam game Entropia Universe, tepatnya di Planet Calypso dengan harga yang fantastis untuk sebuah item virtual, yakni sekitar 635.000US$ atau sekitar 6 Milyar Rupiah. Wow! Pembeli akan memiliki hak eksklusif atas tempat virtual yang dibelinya – termasuk karakter NPC dan monster-monster di dalamnya, sehingga mereka dapat mengatur perekonomian di sana. Si Pembeli bahkan dapat mengatur pungutan pajak jika gamer lain ingin melakukan hunting monster dan item di tempat virtual yang sudah dibeli olehnya.
Mungkin bagi sebagian besar dari kita, semua ini tampak tidak masuk akal. Bagi para gamer yang fanatik, ini hanya soal kecil.

Comments