Skip to main content

6 Langkah Awal Cegah RRoD




Red Ring of Death atau yang biasa kita singkat dengan RRoD adalah kegagalan system hardware yang disebabkan oleh overheat. RRoD sebagaimana kita ketahui selalu menghantui para pemilik console XBOX 360. Pada umumnya RRoD baru muncul setelah 8 bulan hingga 1,5 tahun masa pemakaian. Dan berdasar pada pengalaman penulis pada umumnya XBOX 360 yang masuk ke tempat servis nya adalah XBOX 360 yang terlihat kurang dirawat dengan baik, serta asal-asalan dalam mengoperasikannya.

Adapun beberapa kasus yang mengatakan bahwa XBOX 360 yang baru dibeli beberapa hari langsung terkena RRoD. Menurut analisa saya XBOX 360 tersebut kemungkinan sudah lama ada di toko dan dipajang serta dimainkan sebagai tester buat para pembeli gamenya.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas 6 langkah awal agar XBOX 360 yang kita miliki bisa awet. Dengan langkah sebagai berikut :



1. Jauhkan dari karpet!
Jangan meletakkan Xbox 360 diatas atau dekat karpet. Bermain dengan konsol pada karpet dapat menyedot semua jenis debu dan serat serta menghalangi sirkulasi sistem dari aliran udara. Sebaiknya letakkan XBOX 360 diatas sebuah meja. Sebagaimana kita ketahui karpet menampung debu dan kotoran yang tak terlihat oleh mata. Apalagi karpet berbulu, bulu-bulu halus nya akan masuk ke dalam XBOX 360.



2. Utamakan aliran udara
Letakkan XBOX 360 pada sumber udara segar seperti jendela, AC, kipas angin atau ventilasi. Ini dimaksudkan untuk memberikan sirkulasi udara sekitar pada Xbox 360 sehingga bisa meniup udara panas disekitarnya. Jangan menaruh Xbox 360 didalam rak tempat biasanya kita meletakkan DVD player, karena didalam rak yang sempit aliran udara panas menjadi tidak leluasa dikeluarkan.



3. Bersihkan
Dengan berputarnya kipas pada Xbox 360 akan memudahkan debu, kotoran dan sampah lainnya memblokir sistem ventilasi. Sering-seringlah dibersihkan dengan menggunakan kuas kecil untuk menyapu debu dan kotoran yang melekat di sekitar ventilasi. Usai bermain sekitar 15 menit dimatikan tutupi XBOX 360 dengan kain agar debu dan kotoran tidak masuk melewati lubang ventilasinya. Dari kebanyakan XBOX 360 yang masuk ke ruang servis saya pada umumnya sangat berdebu dan kotor sekali didalam case nya. Sehingga membuat saya bersin-bersin dan gatal-gatal pada kulit saat membersihkan debu-debu itu.



4. Berikan waktu istirahat
Kebiasaan bermain game secara marathon akan berakibat fatal terhadap XBOX 360. Disinilah titik overhead nya bisa terjadi sewaktu-waktu. Saat panas mesin sudah tinggi biasanya secara otomatis kipas akan berputar lebih kencang. Segera matikan XBOX 360 anda. Berikan ia waktu sejenak untuk beristirahat, waktu bermain yang paling ideal adalah 2 jam dengan 30 menit waktu istirahat. Jangan pernah menghidupkan XBOX 360 kalau sedang tidak dimainkan dan ditinggal lama dalam kondisi masih menyala.



5. Vertikal lebih baik
Letakkan XBOX 360 secara vertikal. Karena lubang ventilasi lebih banyak. Sehingga hawa panas akan lebih mudah dikeluarkan. Sumber panas terletak pada bawah drive DVD yaitu pada GPU. Jangan kawatir karena jika kita meletakkannya vertikal akan menutup ventilasi bagian bawah, karena pada sisi itu adalah sumber panas dari CPU yang pada umumnya bukan penyebab RRoD.

Jika anda menginginkan semua lubang ventilasi tidak tertutup, anda bisa meletakkan XBOX 360 secara terbalik, yaitu posisi HDD di bawah.



6. Beli model baru
Jika anda belum memiliki XBOX 360, atau berniat membeli baru, maka usahakan untuk membeli model XBOX 360 yang type terbaru. Xbox 360 model baru saat ini adalah model 60GB. Perhatikan tanggal SKU yang terdapat pada sticker di balik mesin XBOX 360. Semakin baru semakin baik. Kunjungi beberapa toko game untuk membandingkan tanggal SKU ini sebelum memutuskan untuk membeli.

Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian kata pepatah. Sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat. Wassalam ...

Comments

  1. sorry gan mau nanya kisaran harga update dashboar terbaru berapa ya? terimakasih

    ReplyDelete

Post a Comment