Skip to main content

5 langkah mencapai kualitas gambar max PS3


Ketika jaman PS2 kita terbiasa langsung colok ke TV dan sudah bisa menikmati kualitas gambarnya, tetapi dengan PS3 yang merupakan console HD ternyata diperlukan beberapa aspek lain untuk mencapai kualitas gambar terbaik. HDTV dan Monitor komputer biasanya memiliki kemampuan menampikan resolusi HD, tetapi bagainana agar bisa mendapatkan kualitas gambar PS3 yang terbaik?

Intinya sih cukup dengan memperhatikan:

1. Tulisan HDCP.
Ketika akan membeli HDTV atau layar monitor silakan lihat kardus atau buku petunjuk yang disertakan untuk mengetahui dukungan HDCP (biasanya tertulis “HDCP Compatible”).


2. Pastikan Resolusi layar minimal 1280x720 (720p).
Kebanyakan game PS3 berjalan di resolusi 720p, maka gambar game akan baik bila ditampilkan dengan layar yang memiliki resolusi 720p. Keterangan ini biasanya juga tertera di kardus HDTV atau monitor.

Oh yah khusus bila ingin beli Monitor sebaiknya ambil yang tepat memiliki resolusi 1080p atau 720p. Jangan resolusi lain diantaranya. Nanti kualitas gambar bisa turun dan terkadang bisa mendapat sedikit lag.


3. Pilih layar dengan scaler yang baik.
Untuk kualitas gambar terbaik, kebanyakan game PS3 hanya dapat menyajikan di 720p. Memang game bisa di pilih untuk berjalan di 1080p, tetapi biasanya akan mendapat penurunan kualitas visual seperti frame-rate yang turun, dan efek bergerigi.

Sehingga bila membeli HDTV, sebaiknya cari yang dilengkapi scaler yang baik. Merek HDTV apa yang scalernya baik? Dari googling saya mendapatkan merek SAMSUNG memiliki scaler yang baik dan harga yang relatif sesuai.

Lalu bagaimana bila ingin beli LCD Monitor?
Pilihannya susah karena banyak LCD Monitor yang dilengkapi scaler yang buruk. Maka dari itu bila ingin membeli LCD Monitor silakan kembali lihat info nomor #2 di atas.


4. Gunakan kabel HDMI.
Kabel HDMI itu apa yah?
Gampangnya sih anggap kabel HDMI itu pengganti kabel Merah-Kuning-Putih bawaan paket PS3. Jadi nanti di pasang ke PS3 dan TV. Bentuknya seperti ini:



Di pasaran dapat ditemukan kabel HDMI murah dan mahal, tetapi tidak usah bingung beli yang mana. Karena Ternyata kabel HDMI murahan menghasilkan gambar sama denga kabel premium.


5. Atur resolusi PS3 secara manual.
Bila memakai LCD Monitor 720p atau memakai HDTV, silakan masuk ke pengaturan resolusi di XMB PS3. Setelah sampai di layar yang ada angka angka 480 720 1080. Hilangkan semua pilihan, hanya aktifkan 720p, dan di layar selanjutnya pilih 16:9.

settings -> Display Settings -> Video output settings






Nanti HDTV secara otomatis akan menggunakan teknologi scaler-nya untuk menaikkan resolusi sesuai kebutuhan HDTV.

Kalau memakai LCD Monitor 1080p, kita hilangkan pilihan di semua resolusi kecuali 1080p.

Sekarang secara umum kualitas gambar PS3 akan mencapai kualitas yang baik. Tetapi bila dirasakan warna kurang hidup atau warna hitam kurang hitam, silakan melakukan setting dari menu HDTV sesuai kebutuhan. Atau bisa dengan mengatur color range PS3.


Bonus Step, the refrence level.
Biasanya dengan mengaktifkan super white dan atur RGB ke FULL, kualitas warna akan meningkat untuk game dan video.

settings -> Video Settings -> Y Pb / Cb Pr / Cr Super-White (HDMI)
Atur ke ON

settings -> Display Settings -> RGB Full Range (HDMI)
Atur ke FULL

Tetapi ini bisa berbeda-beda sesuai dengan layar kamu, jadi silakan bereksperimen untuk menemukan settingan yang paling pas buat kamu.


Gambar menu XMB PS3 diambil dari :
PS3™ | Settings

Comments

  1. Raikkonen anjing mata gue pusing

    ReplyDelete
  2. Bang pas seting di ps gambar tv nya udah 1080p@60Hz tapi kok pas masuk gamenya tetep jadi 720p bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bang, kayanya dari tvnya soalny di tv lain bisa main di 1080

      Delete

Post a Comment